UNIMED Melantik 159 Mahasiswa PPG Pasca SM3T Menjadi Guru Profesional Bersertifikat

Medan, 19 Februari 2014

Universitas Negeri Medan  pada tanggal 11 februari 2014 melantik 159 peserta Program Profesi Guru yang telah menyelesaikan perkuliahan selama satu tahun, dengan dibagi dua sistem perkuliahan yakni satu semester kajian teori di kelas dengan sistem diskusi terbuka dan pada semester duanya ful praktek di sekolah mitra Unimed. Kemudian mereka di tes secara nasional berkaitan dengan kompetensi yang mereka dapatkan selama perkuliahan di program PPG.

Sejumlah 159 peserta PPG yang dilantik tersebut berasal dari berbagai program studi yang ada di Unimed, diantaranya adalah Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Luar Biasa, Pendidikan Kewarganegaraan, Pendidikan Bahasa Indonesia, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Matematika, Pendidikan Fisika, Pendidikan Kimia, Pendidikan Biologi, Pendidikan IPA, Pendidikan IPS, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Geografi, Pendidikan Seni, Pendidikan Ekonomi, Bimbingan Konseling dan Pendidikan Jasmani.

Para peserta yang telah dilantik tesebut sebelumnya telah mengabdi mencerdaskan anak bangsa di wilayah kabupaten di Provinsi Aceh, Kepulauan Riau, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Nusa Tenggara Timur, Papua Barat, Sumatera Utara dan Papua. Selama mengabdi, setiap bulan mereka mendapatkan uang biaya hidup dan asuransi kesehatan. Setelah setahun mengabdi, mereka baru mengikuti Pendidikan Profesi Guru (PPG) dengan beasiswa penuh dari pemerintah.

Dalam sambutannya, rektor Unimed Prof. Dr. Ibnu Hajar, M.Si. menyampaikan pesan agar seluruh peserta yang dilantik dapat menjaga nama baik almamater Unimed, karena saudara telah dididik dan dilatih selama satu tahun, baik di ruang perkuliahan, tempat PPL di sekolah mitra terbaik dan di asrama juga terkontrol oleh dosen pamong. Dalam pelantikan ini saudara diberikan sertifikat progam profesi guru yang menegaskan bahwa saudara sudah dikatakan sebagai guru professional menurut bidang ilmu saudara masing-masing. Dilapangan tempat anda bertugas nantinya, tunjukkanlah secara baik bahwa saudara memang benar-benar guru professional, tidak hanya sebatas selembar sertifikat. Guru professional itu harus terlihat dalam implemetasi proses nantinya yakni memiliki kompetensi keilmuan yang cakap, kompetensi sosial yang unggul dan kompetensi pedagogik yang mumpuni.

Kami seluruh civitas akademika Unimed berdoa semoga ke 159 peserta PPG Unimed yang dilantik hari ini (11/2/2014) akan diberikan kemudahan-kemudahan dilapangan dalam melaksanakan tugas mulia guru, sehingga akan muncul generasi emas untuk membangun Indonesia cemerlang di masa depan.
BERITA LAINNYA

MEDIA



KONTAK

Jalan Willem Iskandar, Pasar V Medan Estate
Kotak Pos 1589 Medan 20221 Sumatera Utara
Telp. (061) 6613365 Fax. (061) 6614002 / 6613319 E-mail : admin[at]unimed.ac.id