Solfeggio Choir, Taklukkan Kompetisi Internasional

Medan, 13 November 2013

“Untuk Tuhan, Bangsa dan Almamater”, komitmen bersama yang dijunjung oleh segenap anggota, conduct dan pengurus Solfeggio Choir telah mengantarkan grup paduan suara Universitas Negeri Medan ini ke tangga internasional.

                Berdiri sejak tahun 1990 di lingkungan IKIP Medan, dalam prakarsa Lamhot Sihombing, M.Pd., bersama beberapa rekan, Solfeggio dalam pergerakannya tetap menunjukkan konsistensi berkarya. Perjalanan panjang yang kemudian dikuatkan kembali pada tahun 2005 hingga saat ini akhirnya membawa grup paduan suara yang mulanya beranggotakan mahasiswa jurusan seni musik Universitas Negeri Medan itu menempati rating yang baik di kancah nasional dan internasional.

              Beberapa prestasi yang telah diraih Solfeggio Choir seperti,             mengikuti PESPARAWI mahasiswa tingkat nasional ke X di Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga – Jawa Tengah 2008, meraih Gold, Kategori Gospel/Musica Sacra, Gold, kategori Folklore, Silver, Kategori Musica Sacra. Tahun 2009, mengikuti A Voyage Of Songs International Choir Festival di Penang – Malaysia, meraih : Gold, Kategori Mixed Choir, Gold, Kategori Foklore, Silver, Kategori Chamber Choir. Selain itu, di tahun yang sama mengikuti Lomba Paduan Suara Antar Mahasiswa Se-Indonesia di Institut Teknologi Bandung 2009, meraih: Peringkat ke V dari lima puluh kontingen Se-Indonesia.

 

Tahun 2010, mengikuti Festival Paduan Suara ITB Ke-XXII di Institut teknologi Bandung 2010, meraih: Gold, Kategori Foklore. Mengikuti The 1st ITB Insternational Choir Competition di Institut Teknologi bandung 2010, meraih: Gold, Kategori Foklore, Silver, Kategori Mixed Young Adult Choir dan Silver, Kategori Female. Mengikuti PESPARAWI Mahasiswa Tingkat Nasional Ke- XI di Universitas Negeri Palangka Raya – Kalimantan Tengah 2010, meraih: Gold, Ketegori Gospel, Musica Sacra, Gold, Kategori Foklore dan Gold, Kategori Musica Sacra.

                Tidak hanya itu, Solfeggio yang saat ini beranggotakan 30 mahasiswa Universitas Negeri Medan, pada tahun 2012 kembali mencetak prestasi besar. Yaitu mengikuti The 1st  Bandung International Choir Competition di Grha Mekar Sari 2012, dan berhasil meraih: Champion, Kategori Gospel dan Negro Spiritual, Gold, Kategori Foklore dan Gold, Kategori Musica Sacra. Kompetisi itu berlanjut pada kegiatan  The 1st Bali International Choir Competition di Taman Budaya Denpasar – Bali 2012 dan untuk ke sekian kali, Solfeggio berhasil meraih: Champion, Kategori Female, Gold, Kategori Foklore, Gold, Kategori Gospel dan Negro Spiritual. Di tahun yang sama, PESPARAWI Mahasiswa Tingkat Nasional ke XII di Universitas Pattimura – Ambon 2012, juga menjadi saksi karya gemilang grup musik Universitas Negeri Medan itu. Solfeggio berhasil meraih Gold, Kategori Gospel/Musica Sacra, Gold, Kategori Foklore, dan Gold, Kategori Musica Sacra.

                Dalam upaya pencapaian tujuan Universitas Negeri Medan untuk menghasilkan, mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi dan/atau seni, serta menghasilkan dan mengembangkan karya-karya inovatif dan produktif dari segenap warga Unimed, prestasi Solfeggio adalah salah satu bentuk keberhasilan dari kerja keras dan keseriusan yang mesti diapresiasi secara positif.

                Dalam waktu dekat, Solfeggio akan mengikuti The 6th  Grand Prix Pattaya International Choir Festival, 22-30 July 2013 di Ambassador Jomtien Hotel, Pattaya – Thailand. Semoga kembali benderang!

BERITA LAINNYA

MEDIA



KONTAK

Jalan Willem Iskandar, Pasar V Medan Estate
Kotak Pos 1589 Medan 20221 Sumatera Utara
Telp. (061) 6613365 Fax. (061) 6614002 / 6613319 E-mail : admin[at]unimed.ac.id