Green Living, Universitas Negeri Medan

Medan, 13 November 2013

Mengusung tema “Go Green”, kegiatan yang berawal dari kompetisi pembuatan konsep event yang diadakan oleh Kompas dan Tupperware bagi seluruh mahasiswa di Indonesia ini,  berhasil digelar pada 15-16 Mei 2013 oleh Biologreen Community (kelompok mahasiswa biologi) di bawah bimbingan Bapak Amrizal, S.Si dan binaan oleh Bapak Ir. Herkules Abdullah, M.Si..

Kegiatan yang terdiri dari entertainment, lomba, workshop, talkshow, exhibition dan CSR dikemas semenarik mungkin dengan susunan waktu yang dibuat bertahap dimulai dari pra-event, saat event dan pasca-event. Sementara green exhibition-nya bertema “bazaar bergaya hidup hijau” mengundang beberapa komunitas seperti  Komunitas Ilmuwan Muda Biologi (KIMBI), Parintal FP-USU, PERSMA KREATIF UNIMED, Medan Berkebun, Fakultas Biologi UMA.

Kegiatan awal pra-event dilaksanakan berupa program CSR yang menjadi unggulan yaitu, “One People, One Plant And Biopori In Action”. Merupakan kegiatan penanaman pohon dan pembuatan lubang biopori pada titik-titik rawan tergenang air di kawasan kampus Unimed. Kegiatan ini didokumentasikan untuk ditayangkan pada saat pembukaan event.

Acara yang berlangsung selama dua hari ini diisi dengan berbagai kegiatan menarik, unik dan bermanfaat. Sejak rabu, 15 Mei 2013 grand opening ceremony, kemudian dilanjutkan dengan workshop bertema “Green living is started up!” bersama Ir. Rudi Aprilianto, MPd, Dirut Mitra Plus Consultant. Lalu pada siang harinya dilanjutkan dengan living talk show dari Tupperware Green mengundang Melanie Soebono sebagai moderator dan Inayah Wahid sebagai pembicara. Kegiatan saat event merupakan kegiatan puncak. Hari pertama event juga dikunjungi oleh ribuan pengunjung yang tertarik untuk mengikuti rangkaian event seperti lomba mewarnai (TK dan PAUD).

Pada hari kedua, kamis (16/5) acara dimulai pukul 07.00 dengan rentetan acara yakni kegiatan jalan sehat dengan peserta dari berbagai instansi dan kelompok, aksi menanam tanaman yang merupakan CSR Programme dari acara tersebut dengan mengangkat tema “One People One Plant And Biopori Action”, kemudian workshop photography bersama Raditya Helabumi, pewarta foto Kompas dan Green Living on Air sebagai acara penutup dari kegiatan tersebut dengan menghadirkan beberapa group band sebagian besar dari Fakultas Bahasa dan Seni Unimed dan group band luar kampus.

Hari kedua mampu menghadirkan lebih banyak pengunjung, karena ditambah performance oleh band dan beragam lomba menarik seperti lomba “I Am Number One” (ranking 1) untuk siswa SMA, lomba pembuatan prakarya daur ulang, dan jalan sehat (umum).

Kompetisi yang diadakan pun melibatkan berbagai kalangan, green colouring competition dikhususkan untuk taman kanak-kanak, I am a number one untuk kalangan SMA, prakarya daur ulang, foto aksi menanam tanaman, video maker competition dan jalan sehat terbuka untuk umum.

Selain itu, selama kegiatan tersebut berlangsung, pelataran auditorium dipenuhi oleh beberapa stand, mulai dari stand kuliner, pameran barang-barang daur ulang, stand komunitas pecinta alam, stand wirausaha kampus dan juga panel tuppperware yang akan memberikan gambaran kepada kita bagaimana perubahan bumi kita yang dulu, sekarang dan nanti.

BERITA LAINNYA

MEDIA



KONTAK

Jalan Willem Iskandar, Pasar V Medan Estate
Kotak Pos 1589 Medan 20221 Sumatera Utara
Telp. (061) 6613365 Fax. (061) 6614002 / 6613319 E-mail : admin[at]unimed.ac.id