PENDIDIKAN TARI
Ketua Prodi : Sitti Rahmah, S.Pd., M.Si.
Visi ;
“Menjadi Program Studi Pendidikan Tari yang Terbaik di bidang Pendidikan, pengkajian, dan pengembangan Tari berbasis budaya lokal Sumatera Utara, yang berdaya saing ditingkat Nasional dan Interna- sional pada tahun 2025”
Misi ;
- Menciptakan atmosfir akademik yang kondusif melalui integrasi pendidikan karakter bagi civitas akademika untuk menghasilkan lulusan yang bermutu di bidang pendidikan tari
- Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran seni tari yang bermutu dan berkarakter berbasis budaya lokal SumateraUtara, serta berorientasi kepada perubahan paradigma pendidikan dan revolusi industri 4.0 yang menuntut sistem digitalisasi pembelajaran.
- Melaksanakan penelitian terkait bidang pendidikan dan seni budaya guna pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sebagai refer- ensi dalam pembelajaran Pendidikan Tari.
- Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat melalui revitalisasi, inovasi, dan preservasi pengajaran dan seni tari berbasis budaya lokal 8 etnis Sumatera Utara
- Menciptakan lulusan yang profesional di bidang kepenarian ber- basis budaya lokal Sumatera Utara, pengelolaan sanggar seni, penyedi- aan jasa terkait dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI).
- Menyelenggarakan kerjasama dan berperan aktif dengan sekolah mitra, lembaga seni dan DUDI di tingkat regional, nasional, dan internasional di bidang pendidikan dan seni tari.
Tujuan ;
- Terciptanya atmosfir akademik yang kondusif melalui integrasi pendidikan karakter bagi civitas akademika untuk menghasilkan lulusan yang bermutu di bidang pendidikan tari.
- Menghasilkan tenaga professional di bidang pengajaran seni tari yang bermutu dan berkarakter berbasis budaya lokal Sumatera Utara, serta berorientasi kepada perubahan paradigma pendidikan dan revolusi industri 4.0 yang menuntut sistem digitalisasi pembelajaran.
- Menghasilkan penelitian yang inovatif untuk pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam pembelajaran dan pengembangan seni tari.
- Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat melalui hasil penelitian berupa revitalisasi, inovasi, dan preservasi, pengajaran dan seni tradisi (8 etnis) Sumatera Utara.
- Menghasilkan lulusan yang profe- sional di bidang kepenarian ber- basis budaya lokal Sumatera Utara, pengelolaan sanggar seni, penyediaan jasa terkait dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI).
- Menghasilkan kerjasama dan berperan aktif dengan lembaga terkait di tingkat lokal, nasional, dan internasional di bidang seni tari.
Profil Lulusan ;
- Guru seni tari;
- Praktisi dalam bidang seni tari;
- Peneliti
Semester 1
No | Mata Kuliah | SKS |
1 | Filsafat Pendidikan (Education Philosophy) | 2 |
2 | Perkembangan Peserta Didik (Students Development) | 2 |
3 | Kepemimpinan (Leadership) | 2 |
4 | Wawasan dan Kritik Seni (Arts Insight and Criticism) | 3 |
5 | Bahasa Inggris (English) | 2 |
6 | Anatomi Plastis (Plastic Anatomy) | 3 |
7 | Sketsa (Sketch) | 3 |
8 | Nirmana Dwimatra (Nirmana Dwimatra) | 3 |
9 | Gambar Bentuk (Shape Drawings) | 4 |
Jumlah SKS | 24 |
Semester 2
No | Mata Kuliah | SKS |
1 | Psikologi Pendidikan | 3 |
2 | Profesi Pendidikan | 3 |
3 | Pengantar Manajemen Pendidikan | 2 |
4 | Teknik Tari Melayu | 2 |
5 | Teknik Tari Toba | 2 |
6 | Tari Nusantara Sulawesi dan Kalimantan | 3 |
7 | Pengolahan Tubuh | 2 |
8 | Estetika dan Filsafat Tari | 3 |
9 | Telaah Kurikulum | 2 |
10 | Konsep Pendidikan Seni | 2 |
Jumlah SKS | 24 |
Semester 3
No | Mata Kuliah | SKS |
1 | Pendidikan Agama | 3* |
2 | Pendidikan Kewarganegaraan | 2 |
3 | Ilmu Alamiah Dasar | 2 |
4 | Perencanaan Pembelajaran dan Rancangan Media Pembela- jaranS.Tari | 2 |
5 | Strategi Belajar Mengajar S.Tari | 2 |
6 | Analisa Tari dan Notasi Tari | 3 |
7 | Teknik Tari Angkola Mandailing | 2 |
8 | Teknik Tari Simalungun | 2 |
9 | Tari Nusantara Jawa dan Bali | 3 |
10 | Pilihan 1 (Pendukung Profesional):
-Tata Rias dan Busana (Tradisi)* |
3 |
Jumlah SKS | 24 |
Semester 4
No | Mata Kuliah | SKS |
1 | Bahasa Indonesia | 2 |
2 | Pancasila | 2 |
3 | Semiotika | 2 |
4 | Teknik Tari Dairi | 2 |
5 | Teknik Tari Nias | 2 |
6 | Tari Internasional | 2 |
7 | PLP I | 1 |
8 | Pilihan 2 (Seni Budaya): -Musik Iringan Tari* -Teater Tradisi Sumut* -Desain Komunikasi Visual* |
2 |
9 | Evaluasi Hasil Belajar Seni Tari | 2 |
10 | Manajemen Pertunjukan Seni | 3 |
11 | Apresiasi Seni Musik, Rupa, Teater | 3 |
Jumlah SKS | 23 |
Semester 5
No | Mata Kuliah | SKS |
1 | Metode Penelitian dan Penulisan KaryaIlmiah | 4 |
2 | Statistik | 2 |
3 | Bahasa Inggris | 2 |
4 | Sosiologi dan Antropologi Tari | 3 |
5 | Tari Pendidikan TK dan SD | 3 |
6 | Komposisi Tari | 3 |
7 | Pilihan 3 (Tari Pendidikan Inklusi): Untuk Anak Berkebutuhan Khusus* Untuk anak gangguan perilaku social* Untuk anak korban Bencana Alam* |
2 |
Jumlah SKS | 19 |
Semester 6
No | Mata Kuliah | SKS |
1 | Seminar | 3 |
2 | Apresiasi dan Kritik Seni Tari | 3 |
3 | Industri Kreatif Seni Tari | 2 |
4 | Pilihan 4 (Kewirausahaan Seni): Pemasaran Seni Pertunjukan Wisata* Pengemasan Seni Pertunjukan Wisata* |
2 |
5 | Tari Pendidikan Untuk SMP dan SMA | 3 |
Jumlah SKS | 19 |
Semester 7
No | Mata Kuliah | SKS |
1 | PLP II (School Observation II) | 3 |
2 | KKN (Real Work Lecture) | 3 |
Jumlah SKS | 6 |
Semester 8
No | Mata Kuliah | SKS |
1 | Skripsi / Tugas Akhir (Thesis) | 8 |
2 | Kajian Mandiri (Independent Study) | 8 |
Jumlah SKS | 16 | |
Total SKS Keseluruhan | 150 |
NO | NAMA | GELAR |
1 | Rr. Ruth Hertami Dyah Nugrahaning- sih | Dra., M.Si., PhD. |
2 | Inggit Prastiawan | Drs., M.Sn |
3 | Dilinar Adlin | Dra., M.Pd. Dr. |
4 | Yusnizar Heniwaty | S.St., M.Hum., Ph.D |
5 | Nurwani | S.St., M.Hum., Dr. |
6 | Tuti Rahayu | M.Si., Dr. |
7 | Irwansyah | S.Sn., M.Sn |
8 | Sitti Rahmah | S.Pd., M.Si |
9 | Iskandar Muda | S.Sn., M.Sn |
10 | Martozet | S.St., MA |