Prof. Dr. I Wayan Dirgeyasa, M.Hum.
Prof. Dr. I Wayan Dirgeyasa, M.Hum . merupakan guru besar Bahasa Inggris FBS Unimed. Dia Lahir di Rama Murti pada 22 April 1964. Latar belakang pendidikannya, Sarjana Pendidikan Bahasa Inggris Universitas di Lampung tahun 1985-1990. Kemudian melanjutkan Program Magister (S2) Kajian Amerika di Universitas Gaja Mada 1994-1997,dan pada tahun 2008-2011 Ia melanjutkan studi Program Doktor (S3) Pendidikan Bahasa Inggris di Universitas Negeri Jakarta. Pengalaman Pengabdian Kepada Masyarakat dalam 5 Tahun Terakhir .Tahun 2013 yaitu Instruktur PLPG Pendidikan Bahasa Inggris, Verifikasi calon mahasiswa Bidikmisi Unimed. Tahun 2014 Instruktur PLPG Pendidikan Bahasa Inggris, Verifikasi calon mahasiswa Bidikmisi Unimed, Pelatihan Kurikulum 2013 bagi narasumber Nasional Sumatera Utara.
Sejumlah penelitian juga telah dirampungkan beliau. Beberapa diantaranya adalah Pengembanan bahan ajar menulis Bahasa Inggris berbasis genre pada Jurusan Bahasa Inggris di perguruan tinggi (tahap I) (ketua), 2013 (Sumber Pendanaan Dikti), Pengembanan bahan ajar menulis Bahasa Inggris berbasis genre pada Jurusan Bahasa Inggris di perguruan tinggi (tahap II) (ketua), 2014 (Sumber Pendanaan Dikti ), Model Jawaban Atas Pertanyaan Yes No Question Mahasiswa dari Perspektif Gender, 2015 (Sumber Pendanaan Mandiri), Pengembangan Bahan Ajaar Bahasa Inggris Maritime Berorientasi STCW 2010 dan Intercultural Communication, 2018 (Sumber Pendanaan Dikti), Pengembangan Instrumen Penilaian Menulis berbasis genre 2019 (Sumber Pendanaan Unimed).
Publikasi Artikel Ilmiah Dalam Jurnal dalam 5 Tahun Terakhir yaitu Survey of English Teaching and Learning Process In Maritime Education and Training in Indonesia: A Case Study in Private MET (Nama Jurnal English Language Teaching Canada), Reviewing The British English (BRE) and American English (AME) Dialects ( Language Circle Journal of Language and Literature), Berbeda Dunia, Berbeda Budaya, dan Beragam Bahasa ( BAHAS ), The Study of Needs Analysis of Tourism Topics and English Linguistic Features through Local-based Needs at the Golden Triangle Tourism Destination in North Sumatra Province Indonesia (Asian EFL Journal Professional Teaching Article ), The Unique Different Features of Vocabulary of the British English (BrE) and American English (AmE): A Review ( Lembar Ilmu Kependidikan ). The Improvement of Students’ writing skill through error analysis method ( International Journal of Language Teaching (IJELT)), The Effort to Increase the Students Achievment in Poetry Mastery through Semiotic Method ( Advanced in Language and Literary Studies (ALLS) Australia ), Model Answers for Yes/No Questions from EFL Students in Public Senior High Schools ( Studies In English Language And Education), The Effect of Task Based Language Teaching on Tertiary TESOL Learners’ Academic Writing Achievement (Journal of Education and Learning (EduLearn) ), The Need Analysis of Maritime English Learning Materials for Nautical Students of Maritime Academy in Indonesia Based on STCW’2010 Curriculum ( English Language Teaching), Exploring the Maritime Words: An Introduction (English Language Teaching Research UNP).
Beliau juga aktif dalam menulis adapun karya bukunya dalam 5 Tahun Terakhir diantaranya Maritime English Writing: A Genre Based Approach (2012), Empat Pilar Kehidupan Berbangsa (artikel dalam buku) ( 2012), College Academic Writing (2016), How to Write Academic Paragraph: A process Based Approach (2017), Effective Academic Writing (2018 ), The Art of Scientific Writing: A Comprehensive and Practical Guide (2019), Medan Beranda Nusantara ( 2019).