PROGRAM STUDI DOKTOR TEKNOLOGI PENDIDIKAN
Ketua Prodi : Prof. Dr. Abd. Hasan Saragih, M.Pd
Visi :
Program Studi Teknologi Pendidikan yang unggul dalam pendi- dikan, pembelajaran dan pengem- bangan pengkajian keilmuan yang berdaya saing secara nasional dan internasional
Misi :
- Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran berbasis IPTEK yang efektif dan bermutu untuk menumbuhkan pengetahuan teoretis dan keahlian praktis yang unggul, berdaya saing tinggi, mandiri, dan berkepribadian.
- Melaksanakan penelitian dan pengembangan Pendidikan dan pembelajaran guna menghasilkan karya aplikasi konseptual (conceptual applicable invention) dan perilaku berorientasi produk (product oriented behavior) pembelajaran berbasis Teknologi Pendidikan.
- Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dalam rangka penerapan praksis pengetahuan dan keahlian berkarya di Teknologi Pendidikan
- Melaksanakan kegiatan ilmiah dalam skala Nasional maupun Internasional dalam upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia dalam bidang Teknologi Pendidikan.
- Membina suasana budaya akademik dan iklim organisasi yang kondusif dengan memperdayakan seluruh potensi yang dimiliki secara sehat pada Teknologi Pendidikan dalam civitas akademik .
Tujuan :
- Menghasilkan lulusan yang unggul, profesional dan berkarakter.
- Menghasilkan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu peng etahuan, teknologi, dan/atau seni.
- Menghasilkan dan mengembangkan karya-karya inovatif dan produktif
Profil Lulusan :
- Guru, Pengawas dan Kepala Sekolah pada Pendidikan Menengah (SMA/ SMK) berkualifikasi Doktor
- Dosen di berbagai perguruan tinggi dengan disiplin ilmu yang beragam
- Tenaga Kependidikan di berbagai Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota dan di Perguruan Tinggi
- Tenaga Perencanaan Pendidikan di Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota
- Tenaga Pelatih dan Widyaiswara di berbagai Lembaga Pendidikan dan Pelatihanan Tenaga Kependidikan di berbagai Departemen (seperti LPMP dan P4TK)
- Tenaga Peneliti di berbagai Depar- temen dan Dinas Kabupaten/Kota.
Semester 1 | ||||||
No | Mata Kuliah | SKS | ||||
1 | Filsafat Ilmu | 2 | ||||
2 | Metodologi Penelitian Lanjut | 3 | ||||
3 | Statistika Lanjut | 2 | ||||
4 | Teknologi Informasi dan Komunika- si dalam Pendidikan Dasar | 3 | ||||
5 | Problematik Pembelajaran di Pen-
didikan Dasar |
3 | ||||
TOTAL SKS | 13 | |||||
Semester 2 | ||||||
No | Mata Kuliah | SKS | ||||
1 | Kepemimpinan | 2 | ||||
2 | Difusi Inovasi Pendidikan Dasar | 2 | ||||
3 | Pengembangan Sistem Pembelaja- ran: Teori, Praktik, Trend dan Isu di Pendidikan Dasar | 3 | ||||
4 | Filsafat Pendidikan | 2 | ||||
Semester 3 | ||||||
No | Mata Kuliah | SKS | ||||
1 | Pengembangan dan Pengelolaan Sumber Belajar Pendidikan Dasar | 2 |
Semester 4 | |
Mata Kuliah | SKS |
Disertasi | 12 |
Total SKS | 12 |