Skip links

UNIMED Optimalkan Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Peningkatan Mutu Pendidikan

Universitas Negeri Medan mengadakan kegiatan Optimalisasi Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Peningkatan Mutu Pendidikan Tahun 2024. Yang dilaksanakan di Grand Mercure Medan Angkasa pada Senin (04/11).

Kegiatan ini dibuka oleh Prof. Dr. Ir. Baharuddin, S.T., M.Pd., Dan mengundang narasumber yaitu: Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd. (Ketua Senat Unimed), Prof. Karmila Machmud, S.Pd., M.A., Ph.Dms., (Universitas Gorontalo). Turut hadir Sekretaris Senat Unimed Prof. Dr. Martina Restuati, Para Wakil Rektor Unimed, Dosen dan Divisi Akademik.

Dalam sambutannya, Rektor Unimed Prof. Dr. Ir. Baharuddin menyampaikan Pembelajaran berdiferensiasi bukan hanya tentang memfasilitasi keberagaman gaya belajar di dalam kelas, tetapi juga mengedepankan pemahaman mendalam terhadap kebutuhan, minat, dan potensi unik setiap mahasiswa. Pendekatan ini mendorong kita untuk menjadi pendidik yang tidak hanya mentransfer ilmu, tetapi juga menjadi fasilitator yang mampu menginspirasi dan mendukung perkembangan potensi mahasiswa secara optimal.

Universitas Negeri Medan sebagai institusi pendidikan tinggi harus terus mengembangkan strategi pembelajaran yang inklusif dan berorientasi pada hasil. Pembelajaran berdiferensiasi adalah salah satu cara kita untuk menghadapi tantangan dunia pendidikan saat ini, di mana perkembangan teknologi dan informasi menuntut kita untuk senantiasa beradaptasi dan kreatif dalam proses pengajaran.

Selanjutnya Prof. Baharuddin berharap agar setelah kegiatan ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi kita semua dan mendukung peningkatan mutu pendidikan diUniversitas Negeri Medan.Kita sama-sama berharap, melalui kegiatan ini, para dosen dapat semakin memahami konsep pembelajaran berdiferensiasi, menguasai teknik-teknik praktis yang dapat diterapkan dalam pengajaran sehari-hari, serta meningkatkan kualitas proses pembelajaran yang adaptif dan fleksibel, kita mampu bersama-sama mewujudkan generasi lulusan yang siap menghadapi tantangan global dan memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat.

Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd memaparkan tentang Pembelajaran Ber (Ter) Diferensiasi Kebutuhan, Kompetensi dan Pembelajaran Abad-21 yang meliputi Ciri abad 21, Kompetensi abad 21, Kompetensi spesifik abad 21, Pembelajaran abad 21 dan Kebutuhan masa depan yang mengarah pada subordinasi Tujuan Negara yang tercantum didalam Pembukaan Undang-Undang Dasar. sisanya belum memahami konsep pembelajaran berdiferensiasi.

Dalam laporannya Ketua Pelaksana Kegiatan Prof. Dr. Fajar Apollo Sinaga, A.Pt., M.Si., menyampaikan Tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah Meningkatkan Pemahaman mendalam tentang konsep dan pentingnya pembelajaran berdiferensiasi untuk memenuhi kebutuhan belajar siswa dan Menerapkan Pembelajaran Inklusif, meningkatkan kompetensi, Evaluasi dan Refleksi Pembelajaran Berdiferensiasi. Serta Meningkatkan pemahaman dan keterampilan dosen dalam merancang dan mengimplementasikan pembelajaran berdiferensiasi. (Humas Unimed/ms)