Skip links

LPPM Unimed Dorong Dosen untuk Riset dan Publikasi ke Jurnal Bereputasi Internasional

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Negeri Medan melakukan pembinaan kepada dosen Unimed dalam menyusun artikel berskala internasional bereputasi di Ruang VIP Serbaguna Unimed, Selasa (01/10). Pembinaan dosen dalam mempublikasikan hasil penelitian ke jurnal bereputasi nasional dan internasional dengan mengundang narasumber Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd. (Ketua Senat Unimed) dan Prof. Saharman Gea, Ph.D. (Ketua PUI, USU). Acara dihadiri, Sekretaris Senat, Wakil Rektor, Dekan, Direktur PPs, Ketua Lembaga, Kepala Biro dan Ratusan Dosen di lingkungan Unimed.

Dalam sambutannya, Wakil Rektor I Dr. Abil Mansyur, S.Si., M.Si. menyampaikam apresiasi kepada LPPM Unimed yang telah menginisiasi dan menyelenggarakan kegiatan ini, guna mendorong dosen-dosen untuk menyusun artikel berskala internasional bereputasi. Kegiatan ini sangat penting kita laksanakan sebagai langkah dan penguatan komitmen Universitas Negeri Medan dalam menyelaraskan hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat bagi para dosen dengan kehidupan nyata bagi masyarakat. Kita sebagai Perguruan Tinggi harus terus menyesuaikan diri dengan semua permasalahan semua sektor kehidupan manusia. Hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan dosen Unimed harus mampu memberikan solusi alternatif terbaik dalam menjawab semua permasalahan yang rasakan masyarakat.

Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd. mengatakan penelitian yang dihasilkan hendaknya diaplikasikan dan digunakan untuk kemajuan kampus dan negara. Perlu kebijakan dan dukungan dari elemen pemerintah, stakeholder, industri dan masyarakat dalam menerapkan hasil penelitian, sehingga terasa kebermanfaatannya.

Prof. Saharman Gea, Ph.D. juga menyampaikan bahwa penelitian jangan dijadikan beban dan persyaratan administrasi saja, melainkan menjadi budaya akademis sebagai bentuk pengaplikasian ilmu yang diampu. Sehingga diharapkan dosen-dosen Unimed memiliki spesifikasi kompetensi atau keahlian khusus. Ia juga membagikan tips dan dorongan kepada dosen-dosen untuk tembus untuk publikasi ke jurnal bereputasi nasional dan internasional. (Humas Unimed/eo)