Skip links

Unimed Gelar Workshop Revitalisasi Pusat Studi Berorientasi Pada Isu Strategis Lokal, Nasional, Regional, dan Internasional.

Universitas Negeri Medan melaksanakan Workshop Revitalisasi Pusat Studi Berorientasi Pada Isu Strategis Lokal, Nasional, Regional, dan Internasional yang berlangsung pada 20-21 September 2024 di Grand Mercure Maha Cipta Medan Angkasa.

Kegiatan ini menghadirkan beberapa narasumberr dari beberapa bidang di antaranya Yosi Sukmono, S.T (Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Energi dan Sumber Daya Mineral Provinsi Sumatera Utara), Muliawaty (Direktur PT. Pelabuhan Indonesia), Baringin Simanjuntak (Direktur PT. Kawasan Industri Medan (KIM)), Johni Sitorus,ST, M.Pd (Kepala Bappeda Provinsi sumatera utara), Suhendri (Kepala Bidang Pembinaan SMK), Simon Masa Putera Siregar, S.Sos., M.Sos. (Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Sumatera Utara).

Kegiatan ini dibuka oleh Wakil Rektor II Dr. Winsyahputra Ritonga, S.Pd., M.Si. dan turut dihadiri oleh Staf Ahli Rektor Unimed, Sekretaris LPPPM dan LPPM Unimed, Kepala Pusat di lingkungan LPPM Unimed, dan Bapak Ibu Kaprodi Program Sarjana di Lingkungan Unimed.

Dalam sambutannya, Dr. Winsyahputra Ritonga menyampaikan Revitalisasi pusat studi di Unimed merupakan upaya strategis untuk mengoptimalkan fungsi dan peran universitas dalam menjawab tantangan yang ada di berbagai tingkatan, mulai dari lokal hingga internasional. Menjawab kebutuhan stakeholder untuk memenuhi kebutuhan pemerintah, industri, masyarakat, dan komunitas akademik yang memerlukan riset berbasis bukti untuk mendukung pengambilan keputusan yang efektif dan tepat. Menghasilkan riset yang berdampak untuk mendorong penelitian yang tidak hanya bernilai akademis, tetapi juga memiliki implikasi nyata bagi kebijakan publik dan praktik-praktik di masyarakat dan beradptasi dengan dinamika perubahan mampu merespon perkembangan isu-isu terkini sehingga penelitian yang dilakukan tetap relevan dan up to date.

Lanjut Dr. Winsyahputra Ritonga menjelaskan tujuan revitalisai untuk peningkatan kapasitas riset, mengembangkan kompetensi dan kapasitas peneliti serta mahasiswa dengan menggali isu strategis, penguatan jejaring membangun kemitraan strategis dengan lembaga riset, pemerintah, industry dan organisasi internasional untuk memperluas dampak penelitian, kolaborasi multidisiplin memfasilitasi kerjasama antarbidang ilmu dalam universitas sehingga pendekata penelitian menjadi lebih holistic dan integrative dan pemberdayaan masyarakat memasikan hasil penelitian dapat diimplementasikan di masyarakat serta memberikan manfaat langsung dalam bentuk solusi atau kebijakan.

Selaku ketua pelaksana kegiatan Dr. Wahyu Tri Atmojo, M.Hum. mengatakan kegiatan ini dikuti oleh semua Program Studi Sarjana sebanyak 56 peserta dan 6 Kepala Pusat Studi di lingkungan Unimed, Mitra Pemerintah 6 instansi dan 4 mitra dari Dunia Usaha dan Dunia Industri. Dalam kegiatan ini akan dibagi menjadi empat kelompok (Kelompok bidang ilmu Kependidikan, Saintek, SosHum, dan keolahragaan).


Masing-masing kelompok akan didampingi oleh Mitra dan kepala Pusat studi Kepala Pusat Studi dan Ketua Prodi juga saling bersinergi untuk menindaklanjuti program-program yang ada untuk meningkatkan kinerja dan sekaligus untuk meningkatkan mutu lulusan di Universitas Negeri Medan

Dalam kegiatan ini juga telah menyiapkan instrumen rangkaian kegiatan yang bertujuan untuk, Rencana Pengembangan Pusat Studi, Dokumen identifikasi permasalahan daerah, Dokumen identidfikasi riset potensial untuk dikolaborasikan oleh pusat studi/program studi, Proposal riset kolaborasi pusat studi oleh mitra, dan Kontrak kerjasama riset kolaboratif.(Humas Unimed)

https://qhnbld.com/

https://securityinmanchester.com/

https://visitnaantalifinland.com/

https://chicharones.com/

https://mastasoft.com/

https://richfieldretirement.com/

https://newingtonforest.com/

https://mygreekislandsgrill.com/

https://lottiesadventure.com/

https://kimonokinbeckley.com/

https://gutterhelmetflorida.com/

https://cosmeticsurgeryinformation.com/

https://midwestselectinns.com/

https://bikramcharleston.com/

https://mysticeyetattoo.com/

https://bellevueautohouse.com/

https://cyberbesttech.com/

https://joshrigsbyphotography.com/

https://fermentmanagement.com/

https://proteamcalendars.com/

https://busybibles.com/

https://zerotensionmouse.com/

https://sockatyes.com/