Skip links

Mahasiswa PPG Unimed Prajabatan Gelombang 1 Tahun 2024 Gelar Karya Proyek Kepemimpinan

Mahasiswa  Profesi Pendidikan Guru Universitas Negeri Medan (PPG UNIMED) melaksanakan Pergelaran Hasil Karya Mata Kuliah Proyek Kepemimpinan PPG Prajabatan Gelombang 1 Tahun 2024. Acara yang berlangsung di Ruangan Aula Digilib Unimed (20/9/2024).Acara tersebut dihadiri oleh Rektor Unimed Prof. Dr. Baharuddin, M.Pd., Wakil Rektor I, Wakil Rektor III, Wakil Rektor IV, Kaprodi,  Dosen, dan Mahasiswa PPG.

Rektor Unimed Prof. Dr. Baharuddin S.T., M.Pd., membuka kegiatan ini secara resmi, dalam sambutannya mengatakan  Pelaksanakan kegiatan pameran matakuliah proyek kepemimpinan bagi mahasiswa PPG yang kita ikuti ini memiliki tujuan agar para mahasiswa dapat menampilkan hasil kerja keras dalam mengembangkan proyek kepemimpinan yang inovatif dan aplikatif di bidang Pendidikan. Kita sangat berharap kegiatan pameran ini tidak hanya sekedar ajang unjuk karya saja, namun juga memberikan kesempatan bagi mahasiswa PPG Prajabatan Tahun 2024 untuk menunjukkan kemampuan kepemimpinan mereka dalam menciptakan Solusi inovatif bagi tantangan Pendidikan di masa depan.

Kegiatan pameran matakuliah proyek kepemimpinan bagi mahasiswa PPG Prajabatan ini bisa kita jadikan salah satu bentuk eveluasi menyeluruh terhadap kemampuan mahasiswa dalam menerapkan konsep kepemimpinan yang telah dipelajari selama mengikuti program PPG ini. Proyek Kepemimpinan yang ditampilkan ini adalah refleksi dari pemahaman mahasiswa PPG terhadap teori dan praktik kepemimpinan yang relevan dengan kebutuhan dunia pendidikan era saat ini. Kami pimpinan sangat berharap agar kegiatan kita ini dapat mendorong para mahasiswa PPG Prajabatan Unimed agar dapat terus mendorong inovasi, kreativitas, kolaboratif, dan dampak positif yang dihasilkan dari proyek matakuliah kepemimpinan dalam mempersiapkan guru-guru profesional yang siap menghadapi berbagai tantangan dan hambatan di dunia nyata lingkungan pendidikan

Lanjut Rektor. Jika kita amati, pameran ini telah menampilkan berbagai produk dan inovasi yang dihasilkan oleh mahasiswa PPG Prajabatan kita, seperti media pembelajaran yang inovatif, Ecoprint, Budidaya tamanan untuk produk inovatif, Games Inovatif dan karya lainnya. Setiap karya yang dihasilkan ini telah mencerminkan pemikiran kreatif dan dedikasi mahasiswa dalam menghadirkan solusi konkret untuk tantangan yang dihadapi di dunia pendidikan. Kegiatan kita ini tentu tidak hanya menjadi ajang evaluasi, tetapi juga menjadi sumber inspirasi bagi mahasiswa lainnya untuk terus mengembangkan kemampuan kepemimpinan mereka dan berkontribusi lebih lanjut dalam dunia pendidikan. Terutama dalam peningkatan kualitas dan mutu pendidikan di Indonesia untuk semakin maju.

Dalam laporannya Koordinator PPG Prof. Fajar Apolo Sinaga. Menyampaikan Proyek kepemimpinan adalah mata kuliah inti PPG Prajabatan. Mata kuliah ini mencakup berbagai materi pelatihan, studi kasus, dan pengalaman praktis yang dirancang khusus untuk mempersiapkan calon-calon pemimpin di bidang pendidikan. Proyek Kepemimpinan bertujuan untuk meningkatkan kemampuan memimpin (leadership) dan mengasah kemampuan pemecahan masalah (problem solving) mahasiswa melalui pembelajaran berbasis pelayanan komunitas.

Melalui Proyek Kepemimpinan, mahasiswa juga diharapkan dapat memiliki kompetensi yang komprehensif sehingga bisa berkontribusi dalam memecahkan permasalahan yang ada di masyarakat.

Jumlah mahasiswa yang terlibat pada kegiatan berjumlah 313 orang yang terdiri dari 5 Prodi yaitu: PGSD, PJOK, BK, Seni Budaya, Tata Busana. 313 mahasiswa dibagi menjadi 25 kelompok. Masing-masing kelompok memamerkan karyanya berupa: Media Pembelajaran, Produk jadi berupa Batik Jumputan, Gantungan kunci, kipas dan bingkai foto dan lain-lain yang dikerjakan oleh mahasiswa selama satu semester. Masing-masing karya mahasiswa akan dinilai oleh stakeholder yang diundang dan dosen penguji dan merupakan nilai akhir matakuliah Proyek kepemimpinan-2 (3 SKS).,” ujar Prof. Fajar.

Leave a comment

https://qhnbld.com/

https://securityinmanchester.com/

https://visitnaantalifinland.com/

https://chicharones.com/

https://mastasoft.com/

https://richfieldretirement.com/

https://newingtonforest.com/

https://mygreekislandsgrill.com/

https://lottiesadventure.com/

https://kimonokinbeckley.com/

https://gutterhelmetflorida.com/

https://cosmeticsurgeryinformation.com/

https://midwestselectinns.com/

https://bikramcharleston.com/

https://mysticeyetattoo.com/

https://bellevueautohouse.com/

https://cyberbesttech.com/

https://joshrigsbyphotography.com/

https://fermentmanagement.com/

https://proteamcalendars.com/

https://busybibles.com/

https://zerotensionmouse.com/

https://sockatyes.com/