Skip links

Dosen Unimed Beri Pendampingan Pembuatan Serbuk Minuman Tradisional dari Tanaman Rempah

Tim Program Kemitraan Kepada Masyarakat LPPM Unimed melakukan kegiatan Pendampingan Ibu Rumah Tangga Dalam Mengolah Tanaman Rempah Menjadi Serbuk Minuman Tradisional di Desa Sei Buluh Kabupaten Serdang Bedagai. Potensi unggul yang di miliki oleh Desa Sei Buluh adalah pertanian. Berdasarkan analisis situasi tersebut ditemukan permasalahan di Desa Sei Buluh Kabupaten Serdang Bedagai khususnya dalam pemanfaatan hasil pertanian dan perkebunan mereka, khususnya tanaman rempah. Adapun tujuan untuk memberikan solusi dari permasalahan mitra yang ditemukan di Desa Sei Buluh khususnya memberdayakan ibu rumah tangga yang tergabung dalam PKK, antara lain akan menghidupkan industri rumah tangga dengan pengolahan tanaman rempah juga dapat menjadi penambahan income keluarga agar kemiskinan dapat diatasi guna menyambut era pembangunan yang merata. Upaya ini dilakukan untuk sebuah pewarisan dan peningkatan ekonomi dengan melakukan pendampingan kepada perempuan khususnya ibu rumah tangga yang tergabung di PKK, program ini juga untuk melanjutkan kesetaraan pembangunan yang menjunjung tinggi harkat dan martabat bangsa yang berkeadilan.

Ibu rumah tangga menjadi sasaran dalam kegiatan ini adalah kelompok perempuan di Desa Sei Buluh Kecamatan Teluk Mengkudu Kabupaten Serdang Bedagai. Selain menghasilkan tanaman pertanian dari lahan pertanian, beberapa masyarakat di Desa Sei Buluh juga mulai memanfaatkan pekarangan sebagai lahan bercocok tanam khususnya tanaman jenis rempah. Tanaman rempah ini umumnya di manfaatkan hanya sekedar bumbu masak bagi ibu rumah tangga di desa tersebut. Kegiatan ini atas kerjasama dengan Tim Dosen dari 3 (tiga) Program Studi Universitas Negeri Medan bersama mahasiswa dan dari Ketua HAPSARI Ibu Sri Rahayu dan Anggota.. Narasumber Ibu Zulaini,S.K.M,M.Kes dan Ibu Khodijah Tussolihin Dalimunthe,S.K.M.,M.Kes memberikan pendampingan dan penempatan fasilitator untuk pendalaman inovasi tanaman rempah dan meatih pembuatan packaging dan pemasaran.Metode yang digunakan melalui diagram alur dalam melaksanakan program kegiatan dalam empat tahap utama yaitu perencanaan, organisasi, aktualisasi, serta pengawasan.

Atas dasar kondisi tersebut maka tim Pengabdian Kepada Masyarakat yang  terdiri dari Dr.Sudirman,SE,M.Pd (Pendidikan Masyarakat FIP Unimed) sebagai Ketua Pelaksana, dan sebagai Anggota Dr.Rosramadhana,S.Pd,M.Si (Pendidikan Antropologi FIS Unimed), Anifah,S.Sos.,M.Pd  (Pendidikan Masyarakat FIP Unimed), Khodijah Tussolihin Dalimunthe,S.K.M.,M.Kes (Pendidikan Masyarakat FIP Unimed) dan Zulaini,S.K.M,M.Kes (Ilmu Keolahragaan) serta dibantu mahasiswa Nurlailly Syahputri, Marisa Almarind, Serasi Zendrato,Fira Aprilia dan Arya Divana melakukan kegiatan pendampingan kepad Ibu PKK. Kegiatan ini dilaksanakan mulai bulan Mei- Juli 2024 dengan metode kegiatan untuk mencari solusi dari permasalahan dalam melakukan pendampingan dalam mengolah minuman tradisional dari rempah yang berasal dari lingkungan tempat tinggal Ibu PKK Sei Buluh.

Kegiatan ini disambut baik oleh Bapak Subandi sebagai Kepala Desa Sei Buluh dan Ketua Penggerak PKK Ibu Sartini dalam hal ini sebagai mitra serta Ketua HAPSARI Ibu Sri Rahayu, sangat berterima kasih kepada tim dosen pengabdi UNIMED yang memperoleh pendanan dari LPPM Unimed yang telah membantu permasalahan yang dihadapi.Dr.Sudirman,SE.,MPd selaku ketua tim dalam sambutannya menyatakan bahwa kegiatan pengabdian ini dilakukan karena bertujuan mengatasi permasalahan yang dihadapi oleh mitra dan kepedulian terhadap desa Sei Buluh yang berpotensi memiliki tanaman rempah dan membantu perempuan dalam meningkatkan ekonomi keluarga.Selanjutnya pada akhir kegiatan tim PKM Unimed menyerahkan peralatan untuk mengolah tanaman menjadi serbuk kepada  Ibu Ketua HAPSARI sebagai perwakilan ketua dan penggerak PKK di desa tersebut, pada saat penyerahan alat, turut hadir pendamping dari LPPM Unimed Ibu Ester Marisa Fitriani Sihombing, S.Pd dan anggota HAPSARI dari desa Denai Kuala. Selanjutnya kepala desa dan kelompok ibu PKK dan Ketua HAPSARI berharap agar kegiatan ini akan melakukan kerjasama  berkelanjutan kedepannya.(Humas Unimed)

https://qhnbld.com/

https://securityinmanchester.com/

https://visitnaantalifinland.com/

https://chicharones.com/

https://mastasoft.com/

https://richfieldretirement.com/

https://newingtonforest.com/

https://mygreekislandsgrill.com/

https://lottiesadventure.com/

https://kimonokinbeckley.com/

https://gutterhelmetflorida.com/

https://cosmeticsurgeryinformation.com/

https://midwestselectinns.com/

https://bikramcharleston.com/

https://mysticeyetattoo.com/

https://bellevueautohouse.com/

https://cyberbesttech.com/

https://joshrigsbyphotography.com/

https://fermentmanagement.com/

https://proteamcalendars.com/

https://busybibles.com/

https://zerotensionmouse.com/

https://sockatyes.com/