Skip links

Pererat Kerjasama, UNIMED dan UNAND Tandatangani MoU

Pada tanggal 05 Agustus 2024, bertempat di Ruang Rapat Senat, Rektorat Universitas Andalas, Padang, Sumatra Barat, Universitas Negeri Medan dan Universitas Andalas pererat kerjasama melalui penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dalam peningkatan bidang tridharma, pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Penandatanganan dilakukan langsung oleh kedua rektor, Prof. Dr. Baharuddin, Rektor Universitas Negeri Medan dan Dr. Efa Yonnedi, Rektor Universitas Andalas.

Dalam sambutannya, Rektor Universitas Negeri Medan, Prof. Baharuddin menyampaikan maksud dan tujuan penandatangan MoU adalah “saling belajar, saling mendukung dan saling bertukar informasi” dalam pencapaian kualitas perguruan tinggi negeri yang pararel dengan Indikator Kinerja Utama (IKU) Perguruan Tinggi maupun pendidikan berkualitas dunia sesuai batasan yang ditetapkan lembaga pengindeks kenamaan terutama World University Rank (WUR). Universitas Negeri Medan, lanjut Prof. Baharuddin, siap bekerjasama dengan Universitas Andalas dalam bidang tridharma terutama untuk sharing teaching, visiting professor, joint research, joint publication, maupun student exchange termasuk pelaksanaan even ilmiah. Apalagi, Universitas Andalas telah menjadi Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTNBH) dan beberapa program studinya telah terakreditasi internasional. “Persaingan perguruan tinggi yang ketat hari ini, terutama oleh hadirnya lembaga-lembaga pengindeks dan perangking perguruan tinggi independen, bukan saja dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas lulusan dalam negeri, tetapi juga lulusan berskala internasional. Ini dimaksudkan untuk menyetarakan level lulusan yang sebanding dengan acuan internasional terutama untuk mengisi dunia kerja dimanapun. Tentunya, Universitas Andalas menjadi kampus yang tepat untuk belajar dan bekerjasama dengan Universitas Negeri Medan, pungkas Prof. Baharudin.

Sementara itu, Rektor Universitas Andalas, Dr. Efa Yonnedi menyambut hangat dan mengapresiasi inisiatif kerjasama dengan Universitas Negeri Medan. Ia menyatakan bahwa Universitas Andalas, sebagai kampus negeri di Indonesia, selalu siap menerima tawaran bekerjasama dan saling bertukar informasi terutama untuk meningkatkan kualitas perguruan tinggi yang pada akhirnya bermuara pada peningkatan kualitas lulusan untuk siap menciptakan ataupun memasuki dunia kerja. Tantangan itu semakin terasa berat dimana lulusan dalam negeri harus mampu bersaing dengan lulusan internasional. Kerjasama antar perguruan tinggi terutama dengan kampus negeri, menjadi kunci pokok untuk saling bersinergi dan bukan bersaing. Dalam sambutannya itu, Rektor Efa turut mengapresiasi kehadiran delegasi Universitas Negeri Medan yang hadir di kampusnya.

Delegasi Universitas Negeri Medan yang hadir pada penandatanganan MoU tersebut adalah Rektor, Prof. Dr. Baharuddin, dan empat Wakil Rektor, Dr. Abil Mansyur, (WR1), Dr. Winsyahputra Ritonga, (WR2), Prof. Dr. Marice, (WR3), dan Prof. Dr. Erond L. Damanik, (WR4). Kemudian, Ketua Senat Universitas, Prof. Dr. Syawal Gultom dan Sekretaris Senat, Prof. Dr. Martina Restuati. Selanjutnya, Ketua LP2MP, Prof. Dr. Budi Valianto, dan Dekan Fakultas Ilmu Keolahragaan, Prof. Dr. Imran Akhmad, Wakil Direktur II Pascasarjana, Dr. Abdurahman Sahputra, Wakil Dekan II Fakultas Ilmu Sosial, Dr. Tappil Rambe, Wakil Dekan 3 Fakultas Teknik, Dr. Ernesto M. Silitonga, maupun Pusat Pengembangan Karir dan Kewirausahaan, Dr. Bessy Sitorus Pane. Kehadiran delegasi disambut hangat oleh Rektor Dr. Efa Yonnedi, seluruh wakil rektor, Prof. Dr. Syukri Arief, Dr. Hefrizal Handra, Prof. Dr.,Kurnia Warman, dan Dr. Henmaidi. Kemudian, Ketua senat akademik universitas, Prof. Dr. Syafrizal, dan sembilan direktur termasuk direktur kerjasama dan hilirisasi riset, Dr. Eng. Muhammad Makky.

https://qhnbld.com/

https://securityinmanchester.com/

https://visitnaantalifinland.com/

https://chicharones.com/

https://mastasoft.com/

https://richfieldretirement.com/

https://newingtonforest.com/

https://mygreekislandsgrill.com/

https://lottiesadventure.com/

https://kimonokinbeckley.com/

https://gutterhelmetflorida.com/

https://cosmeticsurgeryinformation.com/

https://midwestselectinns.com/

https://bikramcharleston.com/

https://mysticeyetattoo.com/

https://bellevueautohouse.com/

https://cyberbesttech.com/

https://joshrigsbyphotography.com/

https://fermentmanagement.com/

https://proteamcalendars.com/

https://busybibles.com/

https://zerotensionmouse.com/

https://sockatyes.com/