Skip links

Pelatihan Pembuatan Herbal Probiotik Dalam Pakan Ternak Kambing di Desa Sambirejo Kecamatan Binjai

Pada pemeliharaan ternak kambing, pakan merupakan salah satu komponen input yang sangat menentukan keberhasilan usaha. Hewan ternak kambing mampu mengubah bahan pakan berserat tinggi (rumput, jerami, dll.) sebagai sumber utama energi dan mengubah senyawa nitrogen yang bukan protein (NBP) seperti urea menjadi protein bernilai biologis tinggi untuk kebutuhan produksinya. Kelebihan dalam kemampuan memanfaatkan bahan pakan berserat tinggi ini dimungkinkan oleh proses fermentasi secara anaerobik oleh mikroba yang berkembang di dalam lambung. Namun, fermentasi anaerobik ini memiliki konsekuensi bahwa efisiensi pemanfaatan pakan lebih rendah dibandingkan proses cerna pada ternak kambing. Salah satu cara untuk menurunkan kandungan serat kasar adalah dengan cara memanfaatkan aktivitas mikroba melalui proses biodegradasi, mikroba mampu mendegradasi komponen serat secara lebih ekonomis dan hasilnya dapat lebih bermanfaat.

Oleh sebab itu kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan untuk meningkatkan mutu pakan dan daya cerna dengan menerapkan teknologi bioproses bahan pakan lokal di Desa Sambirejo Kecamatan Binjai, Kabupaten Langkat. Pelaksanaan pengabdian ini di Ketuai oleh Hendro Pranoto, S.Pd., M.Si dengan anggota Dr. Idramsa, M.Si., Dr. Erlintan Sinaga M.Si., dan Drs. Lazuardi, M.Si. Kegiatan ini dilaksanakan di Desa Sambirejo Kecamatan Binjai, Kabupaten Langkat dengan Mitra Kelompok Tani Maju Dusun II-A Setia Utama dan Mitra Kelompok Tani Dewi Sri Dusun IV-A.

Menurut Ketua Pengabdian Kepada Masyarakat target khusus yang ingin dicapai dari kegiatan adalah masyarakat petani yang memelihara kambing dalam Kelompok Tani Maju  agar memiliki:  1). Pengetahuan jenis-jenis bahan pakan lokal yang berpotensi sebagai bahan pembuat probiotik 2). merancang formulasi probiotik dalam pakan ternak; dan 3) menerapkan teknologi bioproses bahan pakan lokal menjadi probiotik. Pelatihan pembuatan pakan ternak kambing kaya probiotik yang dilaksanakan pada pengabdian masyrakat ini menggunakan metode praktek langsung dengan tahap, memberikan pengetahuan tentang pakan ternak kambing, bahan dan alat yang diperlukan serta prosedur pembuatannya. Pada kesempatan turut pula diserahkan seperangkat peralatan yang digunakan untuk proses pembuatan pakan yang kaya akan probiotik. Penyerahan peralatan ini diterima oleh Ketua Kelompok Tani Maju Dusun II-A Setia Utama Bapak Suparji.(Humas Unimed)

https://qhnbld.com/

https://securityinmanchester.com/

https://visitnaantalifinland.com/

https://chicharones.com/

https://mastasoft.com/

https://richfieldretirement.com/

https://newingtonforest.com/

https://mygreekislandsgrill.com/

https://lottiesadventure.com/

https://kimonokinbeckley.com/

https://gutterhelmetflorida.com/

https://cosmeticsurgeryinformation.com/

https://midwestselectinns.com/

https://bikramcharleston.com/

https://mysticeyetattoo.com/

https://bellevueautohouse.com/

https://cyberbesttech.com/

https://joshrigsbyphotography.com/

https://fermentmanagement.com/

https://proteamcalendars.com/

https://busybibles.com/

https://zerotensionmouse.com/

https://sockatyes.com/