Skip links

Tim Dosen Unimed Berikan Alat Inovasi Proses dan Pendampingan Pemasaran Online Kelompok Usaha Ikan Asap Tradisional

Tim dosen PKM Universitas Negeri Medan yang diketuai oleh Joko Suharianto, S.Pd., M.Si., dengan anggota tim PKM yaitu Prof. Dr. Sumano, M.Pd., Prof. Dr. Thamrin, M.Si., dan Ali Fikri Hasibuan, SE., M.Si., dan seorang narasumber Choms Gary G.T. Sibarani, SE., M.Si., Ak., CA, serta lima orang mahasiswa (Azzahra Thaahirah, Puji Chairu Fadhilah, Yola Fransiska, Tiara Fildzah Riska, dan Nia Natanesa Damanik), telah melaksanakan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) di Desa Bintang Meriah Kecamatan Batang Kuis Kabupaten Deli Serdang pada tanggal 1 Agustus 2024. Program Kemitraan Masyarakat ini bertemakan “Pelatihan dan Pendampingan Inovasi Proses dan Optimalisasi Pemasaran Digital Kelompok Usaha Ikan Asap Tradisional Desa Bintang Meriah Kecamatan Batang Kuis Kabupaten Deli Serdang”. Kegiatan ini mendapat sambutan meriah dan antusias dari mitra dan kelompok usaha ikan asap lele desa setempat.

Joko Suharianto, M.Si. sebagai ketua tim dosen UNIMED, dalam sambutannya, menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk membantu mitra dalam menginovasi proses produksi ikan lele asap yang sebelumnya tradisional menjadi lebih efektif dan efisien dengan menggunakan lemari besi pembakaran. Lemari besi ini lebih efektif karena dapat mendistribusikan panas secara lebih merata dan maksimal didalam ruang. Oleh karena sifat besi efektif sebagai penghantar panas, maka tidak perlu menggunakan kayu yang lebih banyak. Sehingga penggunaan lemari besi pembakaran ini lebih efisien dari sisi waktu dan penggunaan kayu bakar. Selain itu, tim dosen Unimed juga memberikan pendampingan desain kemasan produk yang lebih menarik, higienis dan tahan lama dengan menggunakan mesin vacuum sealer. Tak sampai disitu, desain merk dagang dan juga pendampingan pengelolaan akun toko online juga diberikan kepada mitra. Harapannya mitra mampu meningkatkan produksi dan volume penjualan ikan lele asap baik pemasaran konvensional dan juga melalui pemasaran online yang pada akhirnya sejalan dengan meningkatnya kesejahteraan mitra.

Ibu Ridha Rizkika Lubis sebagai mitra dalam testimoninya menuturkan rasa terimakasih yang tak terhingga kepada pihak Unimed, yang telah peduli dan tulus memberikan bantuan serta pendampingan secara cuma-cuma kepada mitra. Mitra merasa sangat terharu dan beruntung, karena alat lemari besi pembakaran ikan lele asap benar-benar sangat berguna bagi mitra. Semua kebaikan dari pihak Unimed ini menjadi semangat untuk bekerja lebih produktif lagi. Semoga kedepannya penjualan produk lele asap mitra lebih meningkat lagi.(Humas Unimed)

https://qhnbld.com/

https://securityinmanchester.com/

https://visitnaantalifinland.com/

https://chicharones.com/

https://mastasoft.com/

https://richfieldretirement.com/

https://newingtonforest.com/

https://mygreekislandsgrill.com/

https://lottiesadventure.com/

https://kimonokinbeckley.com/

https://gutterhelmetflorida.com/

https://cosmeticsurgeryinformation.com/

https://midwestselectinns.com/

https://bikramcharleston.com/

https://mysticeyetattoo.com/

https://bellevueautohouse.com/

https://cyberbesttech.com/

https://joshrigsbyphotography.com/

https://fermentmanagement.com/

https://proteamcalendars.com/

https://busybibles.com/

https://zerotensionmouse.com/

https://sockatyes.com/