Skip links

Tim Dosen LPPM UNIMED Lakukan Kegiatan Pendampingan Pembelajaran Pembangkit Listrik Tenaga Surya di SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan

Tim dosen dari Universitas Negeri Medan (UNIMED) melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan melakukan pendampingan pembelajaran terkait Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang pada 17 Juli 2024. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan guru serta siswa dalam bidang energi terbarukan, khususnya tenaga surya, guna mempersiapkan mereka menghadapi tantangan dunia kerja di masa depan.

SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan merupakan salah satu sekolah kejuruan yang berfokus pada pendidikan teknik dan industri. Dengan perkembangan teknologi yang pesat, kebutuhan akan pengetahuan mengenai energi terbarukan, seperti tenaga surya, menjadi semakin penting. Indonesia memiliki potensi besar dalam pengembangan energi surya, sehingga penguasaan teknologi ini sangat relevan bagi para guru dan siswa SMK.

Melihat kebutuhan tersebut, tim dosen yang dipimpin oleh Ir. Denny Haryanto Sinaga, S.Pd., M.Eng. sebagai ketua dan anggota Ir. Muhammad Aulia Rahman Sembiring, S.T., M.T., Ir. Olnes Yosefa Hutajulu, S.Pd., M.Eng., serta Rudi Salman, S.T., M.T., yang dibantu oleh Komunitas Mahasiswa Sistem Tenaga Listrik (Matriks) JPTE Unimed melakukan pendampingan pembelajaran PLTS melalui pemahaman teoretis dan praktis kepada guru dan siswa mengenai prinsip kerja, instalasi, dan pemeliharaan pembangkit listrik tenaga surya.

Program pendampingan ini dilaksanakan dalam beberapa tahap meliputi Penyuluhan dan Sosialisasi dimana Tim dosen UNIMED memberikan pemahaman terkait energi terbarukan dan pengenalan dasar tentang PLTS kepada guru dan siswa. Setelah itu Guru-guru diberikan pelatihan intensif yang mencakup pemahaman teoritis dan praktis. Mereka dilatih menggunakan trainer PLTS sehingga memiliki kemampuan untuk mengajarkan materi ini kepada siswa. Pelatihan ini meliputi prinsip dasar kerja panel surya, komponen utama PLTS, serta teknik instalasi dan pemeliharaan.

Setelah itu, Tim melakukan Demonstrasi dan Praktikum dimana siswa diajarkan cara menggunakan trainer PLTS. Mereka terlibat langsung dalam instalasi dan pengoperasian sistem PLTS di lingkungan sekolah. Siswa mendapatkan pengalaman praktis dalam memahami cara kerja sistem PLTS serta tata cara Pemeliharaan dan Troubleshooting.

Kepala Sekolah yang diwakili oleh Bapak Hari Purwoko, M.Pd. selaku Waka Bidang Kurikulum dan Bapak Tukimin, M.Pd selaku Waka Bidang Sarana dan Prasarana sangat mengapresiasi upaya dari tim dosen UNIMED. Melalui sambutannya, Bapak Hari Purwoko menjelaskan bahwa program ini memberikan manfaat besar bagi guru dan siswa dalam memahami PLTS sekaligus memperlengkapi kompetensi siswa dalam menyambut dunia kerja.

Pada kegiatan ini, Tim Dosen menyerahkan bantuan seperangkat alat Trainer PLTS beserta Buku Modul Praktikum kepada pihak sekolah. Melalui kegiatan pengabdian ini diharapkan program serupa dapat dilanjutkan dan diperluas ke sekolah-sekolah lainnya, sehingga lebih banyak guru dan siswa yang dapat menguasai teknologi energi terbarukan dan siap bersaing di dunia kerja.(Humas Unimed)

https://qhnbld.com/

https://securityinmanchester.com/

https://visitnaantalifinland.com/

https://chicharones.com/

https://mastasoft.com/

https://richfieldretirement.com/

https://newingtonforest.com/

https://mygreekislandsgrill.com/

https://lottiesadventure.com/

https://kimonokinbeckley.com/

https://gutterhelmetflorida.com/

https://cosmeticsurgeryinformation.com/

https://midwestselectinns.com/

https://bikramcharleston.com/

https://mysticeyetattoo.com/

https://bellevueautohouse.com/

https://cyberbesttech.com/

https://joshrigsbyphotography.com/

https://fermentmanagement.com/

https://proteamcalendars.com/

https://busybibles.com/

https://zerotensionmouse.com/

https://sockatyes.com/