Skip links

FIS Unimed Gelar Revitalisasi Penyusunan Dokumen Kurikulum Outcome Based Education (OBE)

Fakultas Ilmu Sosial melakukan revitalisasi penyusunan dokumen kurikulum Outcome Based Education (OBE) berbasis 4 literasi yang meliputi SDM, Digital Resource, Big Data dan Literasi Bahasa pada seluruh Jurusan di lingkungan FIS Unimed yang berlangsung di Ruang VIP Serbaguna Universitas Negeri Medan, pada Selasa, 30 Juli 2024. Dengan mengundang narasumber Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd. (Ketua Senat Unimed) dan Prof. Dr. Abna Hidayati, M.Pd (Kepala Badan Penjaminan Mutu Internal UNP).

Acara penguatan kurikulum OBE ini dibuka oleh Rektor Unimed Prof. Dr. Baharuddin, M.Pd. dan diikuti oleh Wakil Rektor, Dekan, Wakil Dekan, Ketua Jurusan, Dosen, Ka. Lab dan Fungsionaris se-lingkungan FIS Unimed.

Dalam sambutannya, Dekan FIS Dr. Ratih Baiduri, M.Si. melaporkan Kegiatan Revitalisasi Dokumen Kurikulum OBE FIS Unimed. Kegiatan ini dilaksanakan dalam bentuk workshop dengan koordinator kegiatan oleh 3 ketua Jurusan dan 2 prodi di FIS. Kegiatan pengembangan kurikulum dilaksanakan dalam 2 tahap kegiatan. Target luaran kegiatan adalah Kurikulum dan RPS berbasis OBE oleh Jurusan/Prodi dan Pedoman penjaminan mutu pelaksanaan kurikulumnya. Kegiatan workshop pengembangan kurikulum ini diikuti oleh seluruh dosen (PNS, CPNS, P3K) dan Tendik di FIS sejumlah sekitar 124 orang dari 3 Jurusan yaitu Jurusan Pendidikan Geografi, Pendikan Sejarah, Pendidikan PPKn dan 2 Prodi yaitu Prodi Pendidikan Antropologi dan Magister Antropologi Sosial Unimed.

 

Rektor Unimed Prof. Dr. Baharuddin, M.Pd. menyampaikan Dalam rangka menyiapkan mahasiswa menghadapi perubahan sosial, budaya, dunia kerja dan kemajuan teknologi yang pesat, kompetensi dan skill mahasiswa harus terus kita persiapkan secara terencana dan maksimal. Menyikapi kecepatan pemanfaatan teknologi dan produksi inovasi berkembang sangat pesat, sehingga memunculkan kesenjangan antara dunia pendidikan dengan kebutuhan SDM di dunia kerja dan masyarakat. Tantangan pendidikan abad 21 adalah peran dan strategi dalam menjembatani kesenjangan antara proses pendidikan di perguruan tinggi dengan dunia kerja dan kebutuhan inovasi.

Lanjut Rektor, Kita di Unimed sudah selesai menyusun Kurikulum OBE di tingkat universitas dan semua program studi, bahkan sudah kita terapkan dalam proses perkuliahan. Hari ini FIS dan beberapa fakultas telah melaksanakan kegiatan penguatan dalam Implementasi dan Inovasi Kurikulum OBE. Dan saya juga mengucapkan terima kasih kepada Ibu Dekan, Wakil Dekan, seluruh fungsionaris dan dosen di lingkungan Fakultas FIS Unimed yang sudah merancang dan hadir dalam kegiatan kita ini. Semoga kegiatan ini dapat bermanfaat bagi kita semua, dan akan berdampak positif bagi kita dalam melahirkan lulusan yang unggul, inovatif, dan siap kerja sesuai tuntutan pengguna.

Sebagai Keynote Speaker, Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd. menyampaikan tahapan integrasi literasi dalam implementasi kurikulum berbasis OBE Unimed yaitu menganalisis 4 literasi untuk menemukan indikator, konteks penerapan dan strategi evaluasinya. Mengintegrasikan 4 literasi pada CPL, mengembangkan rancangan pembelajaran yang menghasilkan 4 literasi dan melaksanakan pembelajaran dan evaluasi yang otentik.(Humas Unimed/dv)

https://qhnbld.com/

https://securityinmanchester.com/

https://visitnaantalifinland.com/

https://chicharones.com/

https://mastasoft.com/

https://richfieldretirement.com/

https://newingtonforest.com/

https://mygreekislandsgrill.com/

https://lottiesadventure.com/

https://kimonokinbeckley.com/

https://gutterhelmetflorida.com/

https://cosmeticsurgeryinformation.com/

https://midwestselectinns.com/

https://bikramcharleston.com/

https://mysticeyetattoo.com/

https://bellevueautohouse.com/

https://cyberbesttech.com/

https://joshrigsbyphotography.com/

https://fermentmanagement.com/

https://proteamcalendars.com/

https://busybibles.com/

https://zerotensionmouse.com/

https://sockatyes.com/