Skip links

Tingkatkan Usaha Pakan Ternak Pada Kelompok Tani ,TIM PKM Dosen UNIMED Berikan Pelatihan Menggunakan Mesin Pemipil Jagung

Tim PKM (Program Kemitraan Masyarakat) Dosen Universitas Negeri Medan (UNIMED) mengadakan kegiatan PKM dengan judul Optimalisasi Usaha Pakan Ternak Berbasis Biji dan Bonggol Jagung Pada Kelompok Tani Barisan Sada Orjok di Desa Salak II Kecamatan Salak Kabupaten Pakpak Bharat.

Kegiatan PKM ini diketuai oleh Sabda Dian Nurani Siahaan., S.Pd., M.B.A dosen Fakultas Ekonomi UNIMED, dengan anggota Dr Dede Ruslan, M.S dosen Fakultas Ekonomi UNIMED, Siti Ulgari, S.Pd, M.Pd dosen Fakultas Teknik UNIMED,  Lenti Susanna Saragih, S.Pd, M.Si dan Dodi Pramana., S.Sos., M.Si dosen Fakultas Ekonomi UNIMED. Kegiatan ini turut dibantu oleh tim dosen yaitu Dr Saronom Silaban, M.Pd dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) UNIMED dan mahasiswa Prodi Kewirausahaan Fakultas Ekonomi Unimed. Kegiatan ini dilaksanakan pada 25 Juli 2024 di Kecamatan Salak Kabupaten Pakpak Bharat. Kegiatan ini turut dihadiri oleh Pendamping dari LPPM UNIMED yaitu Saut Marulitua Hutapea, S.Pd.

Ketua Tim PKM, Sabda Dian Nurani Siahaan., S.Pd., M.B.A dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk membantu mitra dalam meningkatkan usaha pakan ternak yang sudah dilaksanakan selama ini. Usaha tersebut sangat potensial sehingga harus didukung terus. Dengan demikian jagung yang melimpah dapat lebih menghasilkan keuntungan bagi kelompok Barisan Sada Orjok.

Dalam kegiatan ini Tim PKM dari UNIMED menyerahkan bantuan untuk meningkatkan hasil produksi pakan berbasis jagung yaitu Mesin Pemipil Jagung. Mesin ini berfungsi untuk memipil jagung dengan cepat dan canggih. Kapasitas produksi mesin adalah 1200 sd 1500 kg/jam.

Dalam kegiatan ini, TIM PKM memberikan pelatihan bagaimana menggunakan mesin pemipil jagung tersebut. Pada kesempatan itu juga, tim PKM memberikan desain kemasan baru pakan sebab selama ini mitra kewalahan dalam mendesain kemasan karena keterbatasan kemampuan dan alat. Selain itu tim PKM juga membantu mitra dalam memperluas pemasaran produk yaitu dengan cara membuat video Endorsment produk pakan tersebut oleh Selebgram dan mempromosikannya di media sosial.

Ketua Kelompok Tani Barisan Sada Orjok, Bapak Herdi Cibro mengatakan sangat diuntungkan dengan adanya kegiatan ini. Dikatakannya selama ini untuk memipil 1 kilogram jagung butuh waktu sekitar 30 menit padahal jagung akan dipipil cukup banyak. Dengan adanya alat ini kami sangat terbantu karena dapat meningkatkan hasil produksi kami, pungkas beliau.

Terakhir, mitra mengucapkan terimakasih kepada tim PKM atas terselenggarannya kegiatan ini. Mereka juga berharap tahun depan dapat diberikan mesin pemipil dengan kapasitas produksi yang lebih besar lagi.

Pada kesempatan ini, tim PKM juga mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) UNIMED beserta seluruh pimpinan atas dukungannya kepada tim PKM sehingga kegiatan pengabdian ini dapat berjalan dengan lancar dan sukses.(Humas Unimed)

https://qhnbld.com/

https://securityinmanchester.com/

https://visitnaantalifinland.com/

https://chicharones.com/

https://mastasoft.com/

https://richfieldretirement.com/

https://newingtonforest.com/

https://mygreekislandsgrill.com/

https://lottiesadventure.com/

https://kimonokinbeckley.com/

https://gutterhelmetflorida.com/

https://cosmeticsurgeryinformation.com/

https://midwestselectinns.com/

https://bikramcharleston.com/

https://mysticeyetattoo.com/

https://bellevueautohouse.com/

https://cyberbesttech.com/

https://joshrigsbyphotography.com/

https://fermentmanagement.com/

https://proteamcalendars.com/

https://busybibles.com/

https://zerotensionmouse.com/

https://sockatyes.com/