Skip links

LPPM UNIMED Lakukan Penelitian Pengaruh Penggunaan Buku Ilustrasi Kimia Berbasis Teknologi Flip dengan Penerapan Model Project Based Learning

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Negeri Medan (UNIMED) mengadakan kegiatan penelitian pengaruh penggunaan buku ilustrasi kimia berbasis teknologi flip dengan penerapan model project based learning sebagai sumber belajar kimia analitik pada Senin, 20 Mei 2024 di Gedung Jurusan Kimia, UNIMED. Kegiatan Penelitian yang didanai oleh dana PNBP UNIMED Tahun 2024 yang diketuai oleh Prof. Dr. Sri Adelila Sari, S.Pd., M.Si., yang juga selaku dosen UNIMED yang mengampu mata kuliah kimia analitik.

Dikatakan ketua kegiatan penelitian, Prof. Dr. Sri Adelila Sari, S.Pd., M.Si bahwa permasalahan utama mahasiswa saat ini adalah masih terbatasnya buku ajar kimia analitik yang disertai dengan ilustrasi/gambar yang membantu mahasiswa dalam memahami lebih jauh mengenai materi kimia analitik. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh mahasiswa program studi Pendidikan Kimia Tahun Ajaran 2023-2024. “Mahasiswa dapat menggunakan buku ilustrasi kimia berbasis teknologi flip dengan mudah melalui internet, caranya dengan mengakses tautan yang dibagikan. Luaran penelitian ini adalah buku ilustrasi kimia analitik ber-ISBN” ujarnya pada Senin, 20/05/2024.

“Kegiatan Penelitian ini beranggotakan tiga orang dosen dari berbagai bidang, yaitu Dr. Ratna Sari Dewi, S.Si., M.Si (Kimia), Kana Saputra S, S.Pd., M.Kom (Ilmu Komputer), dan Agus Kembaren, M.Si (Kimia). Sebagai wujud dari implemetasi merdeka belajar, maka kegiatan ini juga melibatkan enam orang mahasiswa pada Jurusan Kimia, Fakultas Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) UNIMED, yaitu Hanisah Hasibuan, Kezia May Kristy Br Damanik, Ferdinan Saragih, Jovita Tia Br Pakpahan, Anggun Cahyati, dan Rika Safira.

Ketua Penelitian, Prof. Dr. Sri Adelila Sari menambahkan bahwa tujuan dari kegiatan ini yaitu mengetahui pengaruh penggunaan buku ilustrasi kimia berbasis teknologi flip dengan penerapan model project based learning sebagai sumber belajar kimia analitik, serta menghasilkan produk luaran berupa buku ilustrasi kimia analitik. “Penerapan pembelajaran berbasis proyek menekankan pemecahan permasalahan yang berkaitan dengan proyek serta tugas-tugas lainnya sebagai sarana pembelajaran untuk mencapai kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan. Pelaksanaan pembelajaran memberikan mahasiswa peluang untuk mengkontruksikan tugas yang telah diberikan dosen dengan hasil akhirnya berupa produk”, tambahnya.

Kegiatan diawali dengan melakukan kegiatan pre-test untuk mengetahui kemampuan awal mahasiswa tentang materi kimia analitik dalam kegiatan ini mengambil topik gravimetri. Setelah pre-test, mahasiwa dikenalkan tentang penggunaan buku ilustrasi kimia berbasis teknologi flip. “Buku ini dikembangkan dengan menyertakan berbagai ilustrasi/gambar yang tentunya berkaitan dengan materi kimia analitik untuk memudahkan para mahasiswa memahami dengan jelas metode analisis dalam kimia,” jelasnya.

Selanjutnya Prof. Dr. Sri Adelila Sari menyampaikan materi kimia analitik tentang metode gravimetri kepada mahasiswa. Mahasiswa sangat antusias mendengarkan materi tersebut terlihat dari keaktifan mahasiswa dalam sesi tanya jawab. Mahasiswa juga diberikan kesempatan untuk mengakses buku ilustrasi kimia berbasis teknologi flip menggunakan gawai mereka. Antusias mahasiswa sangat terlihat ketika pembentukan kelompok untuk mengerjakan proyek sebagai implementasi model project based learning.

Setelah mendengarkan penjelasan materi, mahasiswa mengisi angket yang diakses melalui Google Formulir dengan menuangkan anggapannya akan pengaruh buku ilustrasi kimia berbasis flip dengan penerapan model project based learning sebagai sumber belajar kimia analitik. Terakhir, mahasiswa diminta mengisi soal post-test untuk mengukur kemampuan akhir setelah diterapkannya buku ilustrasi kimia berbasis flip dengan penerapan model project based learning sebagai sumber belajar kimia analitik di dalam perkuliahan.

Prof. Dr. Sri Adelila Sari berharap kegiatan ini dapat memberikan dampak yang positif bagi proses perkuliahan dan mahasiswa di bidang kimia analitik maupun bidang lainnya di Unimed.(Humas Unimed)

https://qhnbld.com/

https://securityinmanchester.com/

https://visitnaantalifinland.com/

https://chicharones.com/

https://mastasoft.com/

https://richfieldretirement.com/

https://newingtonforest.com/

https://mygreekislandsgrill.com/

https://lottiesadventure.com/

https://kimonokinbeckley.com/

https://gutterhelmetflorida.com/

https://cosmeticsurgeryinformation.com/

https://midwestselectinns.com/

https://bikramcharleston.com/

https://mysticeyetattoo.com/

https://bellevueautohouse.com/

https://cyberbesttech.com/

https://joshrigsbyphotography.com/

https://fermentmanagement.com/

https://proteamcalendars.com/

https://busybibles.com/

https://zerotensionmouse.com/

https://sockatyes.com/