Skip links

Tim PKM-PM Unimed Lakukan Pendampingan dan Pelatihan Memanfaatkan Limbah Ranting Teh Menjadi Seni Kaligrafi

Mahasiswa Universitas Negeri Medan yang tergabung dalam kelompok Program Kreativitas Mahasiswa Pengabdian Masyarajat (PKM-PM) melakukan pendampingan dan pelatihan bersama Remaja Masjis Al-Huda Sidamanik dalam memanfaatkan limbah ranting teh menjadi seni kaligrafi. Kegiatan PKM-PM dilaksanakan di Desa Mekar Sidamanik, Kecamatan Sidamanik, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara.

Adapun Tim PKM-PM (Program Kreativitas Mahasiswa Pengabdian Kepada Masyarakat dengan judul “Distraksi Limbah Ranting Teh Hasta Karya Kaligrafi Remaja Masjis Al-Huda Sidamanik” diketuai oleh Fadillah Rahmadana (Fisika) dan beranggotakan Cika Faradila (Pendidikan Pancasilan dan Kewarganegaraan), Putri Kurnia (Pendidikan Fisika) dengan dosen pendamping Dr. Rita Juliani, M.Si

Hasta Karya kaligrafi merupakan pengalihan limbah ranting teh menjadi souvenir kaligrafi guna mengurangi limbah ranting teh. Hasta karya kaligrafi ranting teh dibuat dengan memanfaatkan limbah ranting teh menjadi souvenir kaligrafi dengan nilai seni tinggi berupa lafadzh Allah, Muhammad, Bismillah, Laila Ha Illallah, dan Asmaul Husna. Kegiatan ini dilaksanakan dimulai dari sosialisasi, dilanjutkan dengan pelatihan berupa pengumpulan alat dan bahan, pembuatan sketsa kaligrafi, pemotongan ranting, pengeringan ranting, pengamplasan ranting, pemberian melamin pada ranting, penempelan ranting serta pewarnaan kaligrafi. Diakhir pelaksanaan kegiatan, hasil karya kaligrafi dipameran di masjid Al-Huda Sidamanik dan Masjid Raya Sidamanik.

Kegaiatan ini sangat bermanfaat bagi generasi muda dan sekaligus menjadi solusi dalam percepatan pencapaian serta merealisasikan Visi Misi remaja masjid Al-Huda Sidamanik untuk membentuk generasi kreatif, ujar ketua remaja masjid Al huda.(Humas Unimed)

https://qhnbld.com/

https://securityinmanchester.com/

https://visitnaantalifinland.com/

https://chicharones.com/

https://mastasoft.com/

https://richfieldretirement.com/

https://newingtonforest.com/

https://mygreekislandsgrill.com/

https://lottiesadventure.com/

https://kimonokinbeckley.com/

https://gutterhelmetflorida.com/

https://cosmeticsurgeryinformation.com/

https://midwestselectinns.com/

https://bikramcharleston.com/

https://mysticeyetattoo.com/

https://bellevueautohouse.com/

https://cyberbesttech.com/

https://joshrigsbyphotography.com/

https://fermentmanagement.com/

https://proteamcalendars.com/

https://busybibles.com/

https://zerotensionmouse.com/

https://sockatyes.com/