Skip links

Tim Dosen Unimed Tingkatkan Kualitas Kesehatan Produk Makanan UMKM di Desa Sidomulyo, Kabupaten Langkat

Produk makanan yang dihasilkan oleh kelompok usaha masyarakat mendapatkan perhatian dari seorang Guru Besar Unimed yang mendalami ilmunya pada bidang kesehatan masyarakat. Salah satu kelompok tersebut adalah Dapur Bunda B & B yang diketuai oleh Ibu Novi Budiani yang berada di Desa Sidomulyo, Kec. Binjai, Kabupaten Langkat. Bapak Prof. Dr. Syamsul Gultom, SKM.,M.Kes bersama dengan timnya Ibu Dewi Endriani, S.Pd., Dr. Abil Mansyur, M.Si dan Winsyahputra Ritonga, M.Si, memberikan perhatian terhadap peningkatan kualitas dari segi Kesehatan maupun kuantitas produknya. Perlunya perhatian ini disebabkan oleh konsumsi masyarakat yang terus setiap harinya akan produk yang dihasilkan oleh kelompok ini, sehingga dibutuhkan pendampingan dan pembinaan bagi kelompok usaha agar hasilnya baik bagi Masyarakat maupun bagi kelompok usahnya.

Diskusi yang dilakukan oleh tim pengabdian Universitas Negeri Medan dengan mitra mendapatkan kesepakatan program yang akan dilakukan secara bersama secara berkelanjutan. Kegiatan pembinaan dilakukan melalui transfer ilmu pengetahuan bagi kelompok usaha agar apa yang mereka lakukan selama proses produksi dapat terjamin kesehatannya. Setelah transfer ilmu juga dilakukan pendampingan dan pengawasan untuk melihat praktik baik dari ilmu yang sudah disampaikan. Dengan demikian diharapkan produk yang dihasilkan dapat terjamin kesehatannya. Program berikutnya yang dilakukan oleh tim adalah peningkatan kuantitas produk melalui pemberian oven dan peratan yang mendukung dan sesuai dengan standar kesehatan. Dengan pemberian peralatan yang dimaksud, maka hasil produksi dari kelompok ini dapat meningkat.

Ketua kelompok usaha Dapur Bunda Ibu Novi menuturkan bahwa seluruh rangkaian kegiatan pengabdian yang dilakukan oleh tim Unimed sangat berkesan dan menambah ilmu serta wawasannya untuk mengembangkan usahanya. Ibu Novi mengucapkan terima kasih yang tak terhingga karena ia juga tidak menyangka bahwa tim pengabdi Unimed memberikan semua dengan penuh perhatian, keikhlasan dan motivasi yang sangat menggugah untuk kemajuan kelompok usahanya. Ia juga menuturkan pendapatan mereka bertambah secara ekonomi dengan adanya kegiatan pengabdian ini. Ia berharap Unimed akan terus memberikan yang terbaik ditengah masyarakat khususnya Sumatera Utara dimasa yang akan datang seperti yang ia rasakan.(Humas Unimed)

https://qhnbld.com/

https://securityinmanchester.com/

https://visitnaantalifinland.com/

https://chicharones.com/

https://mastasoft.com/

https://richfieldretirement.com/

https://newingtonforest.com/

https://mygreekislandsgrill.com/

https://lottiesadventure.com/

https://kimonokinbeckley.com/

https://gutterhelmetflorida.com/

https://cosmeticsurgeryinformation.com/

https://midwestselectinns.com/

https://bikramcharleston.com/

https://mysticeyetattoo.com/

https://bellevueautohouse.com/

https://cyberbesttech.com/

https://joshrigsbyphotography.com/

https://fermentmanagement.com/

https://proteamcalendars.com/

https://busybibles.com/

https://zerotensionmouse.com/

https://sockatyes.com/