Skip links

Tim PKM Unimed Berikan Pendampingan Sistem  Pengering Ikan Bersikulasi Udara di Kelurahan Pangkalan Dodek.

Dosen Unimed mengadakan pendampingan PKM (Program Kemitraan Masyarakat) di Kelurahan Pangkalan Dodek Kecamatan Medang Deras Kabupaten Batubara. Kegiatan diawali dari permasalahan mitra dengan rendahnya kualitas produksi ikan asin (teri nasi, teri pekto, teri yukang, udang kecepai, dan cumi kecil) pada saat musim hujan atau cuaca kurang cerah serta keterbatasan lahan pengeringan.  Mitra sangat bergantung kepada kecerahan sinar matahari dalam proses pengeringan untuk mendapatkan ikan asin berkualitas dengan nilai jual tinggi sesuai dengan permintaan pangsa pasar.

TIM PKM Unimed yang diketuai oleh Dr. Rita Juliani, M.Si yang beranggotakan Dr. Rahmatsyah, M.Si dan Drs. Syarifuddin, M.Sc., Ph.D telah melakukan penyelesaian masalah dengan pembuatan pengering ikan asin bersirkulasi udara yang dapat membantu proses pengeringan ikan dengan kualitas baik.

Sistem  pengeringan bersirkulasi udara dibuat dengan sistem rak bersusun untuk mendapatkan kapasitas penjemuran yang lebih banyak dan setiap rak yang berisi ikan akan mengalami proses pengeringan secara sempurna dan hasil yang didapat lebih higienis ujar ketua pelaksana.

Tim dalam kesempatan ini juga melakukan kegiatan pelatihan pengemasan dengan sistem vakum agar ikan asin lebih tahan lama dan pemasaran produk dengan menggunakan marketplace. Diharapkan dengan adanya kegiatan PKM, mitra  yang selama ini hanya menjual produk dalam jumlah besar dengan harga lebih murah akan memberikan penambahan variasi sistem pengemasan dan penjualan nantinya dapat menambah income mitra.

Mitra Muklis Siregar menyatakan terima kasih kepada Tim pelaksana melalui kegiatan PKM yang diselenggarakan dari Lembaga Penelitan dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Unimed. Beliau mengatakan sangat terbantu dengan adanya pengering bersirkulasi udara sehingga permasalahan yang kami hadapi dapat teratasi pada saat musim penghujan bahkan untuk musim panaspun pengering bersirkulasi dapat mengurangi keterbatasan lahan yang tersedia sehingga kualitas ikan yang dihasilkan lebih higienis dan terpenuhi sesuai permintaan pangsa pasar.(Humas Unimed)

https://qhnbld.com/

https://securityinmanchester.com/

https://visitnaantalifinland.com/

https://chicharones.com/

https://mastasoft.com/

https://richfieldretirement.com/

https://newingtonforest.com/

https://mygreekislandsgrill.com/

https://lottiesadventure.com/

https://kimonokinbeckley.com/

https://gutterhelmetflorida.com/

https://cosmeticsurgeryinformation.com/

https://midwestselectinns.com/

https://bikramcharleston.com/

https://mysticeyetattoo.com/

https://bellevueautohouse.com/

https://cyberbesttech.com/

https://joshrigsbyphotography.com/

https://fermentmanagement.com/

https://proteamcalendars.com/

https://busybibles.com/

https://zerotensionmouse.com/

https://sockatyes.com/