Unimed Gelar Workshop Penguatan Penyusunan Instrumen Asesmen Literasi Numerasi Responsif Tahun 2024
Sebagai tindak lanjut dari kegiatan transformasi pendidikan meningkatkan kualitas pembelajaran melalui integrasi literasi dan numerasi yang diselenggarakan pada senin lalu tanggal 16 Desember 2024, Universitas Negeri Medan (Unimed) menggelar Workshop Penguatan Penyusunan Instrumen Asesmen Literasi Numerasi Responsif Unimed Tahun 2024 pada hari Senin, 23 Desember 2024 di Grand Mercure Maha Cipta Medan Angkasa.
Kegiatan ini melibatkan sebanyak 200 peserta yang terdiri dari Pengarah, Ketua Pelaksana, Wakil Ketua, Divisi Akademik, Bagian Keuangan, Penjaminan Mutu, PPK, Admin IT, Humas, Ketua Prodi di Lingkungan Unimed dan Guru Pamong. Kegiatan dibuka langsung oleh Rektor Unimed Prof. Dr. Ir. Baharuddin, ST., M.Pd turut hadir Ketua Senat Unimed Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd, Sekretaris Senat, Wakil Rektor I, II, III Wakil Rektor IV dan Koordinator PPG Unimed.
Dalam workhsop ini mengundang 2 pemateri yang membahas tentang Transformasi Kualitas Pembelajaran: Tantangan Guru Menerapkan Konsep Dasar Literasi Numerasi dan Tantangan Transformasi Pembelajaran Literasi Numerasi oleh Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd, sementara itu pemateri yang ke dua Mangaratua Marianus Simanjorang, M.Pd., Ph.D memaparkan tentang PenguatanPenyusunan Instrumen Asesmen Literasi Numerasi Responsif.
Kegiatan diawali dengan laporan kegiatan oleh Koordinator PPG Prof. Dr. Fajar Apollo, A.Pt., M.Si selaku Ketua Pelaksana Kegiatan. Dalam laporannya, kegiatan ini diselenggarakan bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan Guru Pamong dalam menyusun instrumen asesmen literasi numerasi secara responsif dan sebagai strategi pembelajaran inovativ bagi guru-guru agar siswa-siswa dapat berpikir kreatif, kritis dan analitik untuk menghadapi perkembangan abad ke-21.
Rektor Unimed Prof. Dr. Ir Baharuddin membuka kegiatan ini secara resmi. Dalam sambutannya Rektor memberikan apresiasi kepada peserta dan panitia atas penyelenggaraan Kegiatan Workshop Penguatan Penyusunan Instrumen Asesmen Literasi Numerasi Responsif Unimed Tahun 2024.
“Sebagaimana yang dilaporkan oleh Ketua pelaksana bahwa Kegiatan workshop hari ini terlaksana sebagai tindak lanjut dari kegiatan transformasi pendidikan meningkatkan kualitas pembelajaran melalui integrasi literasi dan numerasi yang diselenggarakan pada senin lalu tertanggal 16 Desember 2024. Pada pertemuan sebelumnya, seluruh peserta telah memahami dan memiliki pengetahuan tentang integrasi literasi dan numerasi dalam pembelajaran, dan hari ini peserta melakukan workshop untuk mengembangkan kemampuan dan keterampilan penyusunan instrumen asesmen literasi numerasi responsif.
Penyusunan instrumen asesmen literasi numerasi relevan dengan keadaan siswa yang diukur dalam proses pembelajaran. Faktanya dalam penyusunan instrumen asesmen tidak mudah namun tanpa adanya asesmen yang baik maka pendidikan tidak akan mendapatkan informasi yang berkaitan dengan pengetahuan, sikap dan keterampilan. Oleh karena itu, Unimed berkomitmen untuk berperan aktif dan menjadi jembatan bagi seluruh guru di kota medan dalam pentransformasian pendidikan guna proses pembelajaran di sekolah dapat terlaksana dengan baik” ungkap Rektor.
Diharapkan kegiatan hari ini dapat berjalan dengan baik dan seluruh peserta mampu meningkatkan keterampilan dan kemampuan dalam penyusunan instrumen asesmen literasi numerasi secara responsif.(Humas Unimed/dv)