Skip links

Optimalisasi Penulisan Karya Ilmiah Mahasiswa PGSD UNIMED Melalui Kemitraan Join Supervisor dan Pemutakhiran Roadmap Penelitian 2024

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Negeri Medan melaksanakan upaya strategis untuk meningkatkan kualitas penulisan karya ilmiah mahasiswa melalui pengembangan kemitraan “Join Supervisor” dan pemutakhiran roadmap penelitian dan pengabdian. Langkah ini bertujuan untuk memberikan bimbingan yang lebih terstruktur dan meningkatkan produktivitas penelitian serta kualitas pengabdian kepada masyarakat oleh mahasiswa PGSD.

Dalam kegiatan yang digelar pada hari Senin, 11 November 2024, di Digital Labrary Universitas Negeri Medan, program studi PGSD mengundang dosen, mahasiswa, narasumber serta para pemangku kepentingan untuk berpartisipasi dalam workshop dan diskusi mendalam terkait pengembangan kerjasama antara dosen pembimbing (supervisor) dan mahasiswa. Melalui kemitraan ini, mahasiswa diharapkan mendapatkan dukungan yang lebih intensif dalam menyusun karya ilmiah yang berkualitas, baik dalam bentuk skripsi, jurnal, maupun proposal penelitian.

Salah satu inovasi utama yang diperkenalkan adalah konsep “Join Supervisor” yang memungkinkan mahasiswa untuk dibimbing oleh lebih dari satu dosen pembimbing. Sistem ini bertujuan untuk memperkaya perspektif mahasiswa dalam penelitian mereka, dengan memanfaatkan keahlian dosen-dosen yang memiliki latar belakang atau minat penelitian yang berbeda. Dengan demikian, mahasiswa dapat lebih leluasa mengeksplorasi berbagai topik dan mendapatkan arahan yang lebih beragam, sekaligus meningkatkan kualitas hasil penelitian mereka.

Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Medan, Dr. Zainuddin M, M.Si, dalam sambutannya mengungkapkan, “Pengembangan kemitraan Join Supervisor ini diharapkan dapat mempercepat proses penelitian dan meningkatkan keterampilan mahasiswa dalam menulis karya ilmiah. Dengan dukungan berbagai dosen yang memiliki kompetensi berbeda, mahasiswa akan mendapatkan bimbingan yang lebih komprehensif dan mendalam.”

Selain pengembangan sistem pembimbingan, program studi PGSD juga memperbarui roadmap penelitian dan pengabdian yang menjadi pedoman bagi mahasiswa dan dosen dalam melaksanakan riset dan pengabdian kepada masyarakat. Roadmap ini mencakup penyesuaian dengan tren dan kebutuhan pendidikan terkini, serta fokus pada isu-isu relevan yang berdampak langsung pada pengembangan kualitas pendidikan di sekolah dasar.

Pemutahiran roadmap ini melibatkan kolaborasi antara dosen, praktisi pendidikan, dan pihak-pihak terkait lainnya untuk merumuskan topik-topik penelitian yang tidak hanya bermanfaat secara akademik, tetapi juga aplikatif dalam konteks pendidikan di lapangan. Roadmap ini diharapkan menjadi pedoman yang jelas bagi mahasiswa dalam menentukan arah penelitian mereka, serta menjembatani kesenjangan antara dunia akademik dan praktisi di lapangan.

Dalam sesi workshop, para peserta diberikan pelatihan mengenai teknik penulisan karya ilmiah, mulai dari penyusunan proposal penelitian yang sistematis hingga tips dan trik dalam mempublikasikan hasil penelitian di jurnal ilmiah terakreditasi. Mahasiswa juga diberi kesempatan untuk berdiskusi langsung dengan dosen pembimbing dan pemateri dari berbagai bidang ilmu.
Dengan adanya kebijakan ini, diharapkan mahasiswa PGSD Universitas Negeri Medan dapat menghasilkan karya ilmiah yang berkualitas tinggi, yang tidak hanya berkontribusi pada pengembangan ilmu pengetahuan, tetapi juga memberikan dampak positif bagi peningkatan mutu pendidikan di sekolah dasar.

Mengakhiri acara, Ketua Program Studi PGSD, Elvi Mailani, S.Si., M.Pd, mengungkapkan harapannya agar seluruh elemen akademik di PGSD dapat terus berkolaborasi dan mendukung proses pengembangan kompetensi mahasiswa dalam bidang penelitian dan pengabdian. “Kami berkomitmen untuk terus berinovasi dalam mendukung mahasiswa kami agar tidak hanya berhasil dalam dunia akademik, tetapi juga siap menghadapi tantangan di dunia pendidikan yang sesungguhnya,” tuturnya.

Langkah-langkah yang diambil oleh Program Studi PGSD Universitas Negeri Medan ini diharapkan dapat menjadi model bagi pengembangan program studi lainnya dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan tinggi di Indonesia, khususnya dalam bidang pendidikan dasar.