Skip links

UNIMED Tandatangan SPK untuk Persiapkan Pelaksanaan PPG Prajabatan Gelombang 2 Tahun 2024.

Universitas Negeri Medan melaksanakan Penandatangan Surat Perjanjian Kerjasama (SPK) Tahun 2024. Kegiatan ini berlangsung di Hotel Karibia Boutique pada 04 Oktober 2024.

Turut Hadir pada kegiatan tersebut Wakil Rektor I Dr. Abil Mansyur, M.Si., Kepala Dinas Pendidikan Sumatera Utara, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah I Provinsi Sumatera Utara, Kepala Dinas Pendidikan Kota Medan, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Deli Serdang, Kepala Sekolah. Koordinator PPG Unimed Prof. Dr. Fajar Apollo Sinaga, M.Si., Apt., Admin Kelas berjumlah 8 orang, Dosen berjumlah 103 orang, Guru Pamong berjumlah 64 orang dan Sekolah Mitra berjumlah 37 sekolah.

Dalam sambutannya Wakil Rektor I Dr. Abil Mansyur, M.Si menyampaikan bahwa saat ini UNIMED  menyelenggarakan PPG Calon Guru dan PPG Guru Tertentu yang sebelumnya dinamakan dengan PPG Prajabatan dan PPG Dalam Jabatan. Perubahan penamaan sesuai Permendikbud Nomor 19 Tahun 2024 meski pelaksanaan nya dengan konsep yang sama seperti :PPG Calon Guru : Belum Menjadi Guru, PPG Guru Tertentu : Telah Menjadi Guru dan tercantum di Dapodik tetapi belum sertifikasi.

Pelaksanaan Pendidikan Profesi Guru di UNIMED untuk Calon Guru masih konsisten dengan pembelajaran di dalam kelas sementara untuk Pendidikan Profesi Guru Guru Tertentu dilaksanakan secara mandiri melaui penggunakan jaringan dan LMS. Kegiatan hari ini merupakan penandatanganan surat perjanjian kerjasama (SPK) PPG Prajabatan Gelombang 2 meski sebenarnya kegiatan PPG Calon Guru telah terlaksana Mahasiswa sebagai peserta PPG Calon Guru akan belajar dikampus dan sekolah. Kami sangat membutuhkan sekolah dan guru pamong guna mendukung jalannya proses pembelajaran.

Lanjutnya, Terkait hal ini  kami membutuhkan izin dan kolaborasi dari Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara, Dinas Pendidikan Kota Medan dan Dinas Pendidikan Kabupaten Deli Serdang yang menjadi dasar dilaksanakannya penandatangan dan kerjasama PPG Prajabatan Gelombang 2  untuk kesuksesan dan kelancaran kegiatan. Nantinya, setelah Mahasiswa menjalani 2 semester dengan bobot sebesar 39 SKS, mahasiswa akan melakukan Uji Kompetensi untuk menentukan lulus atau tidaknya, jika lulus maka mahasiswa akan mendapatkan sertifikat sebagai guru profesional.

Dalam sambutannya Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara Ir. Abdul Haris Lubis., M.Si. Menyampaikan bahwa Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara memberikan dukungan penuh kepada Universitas Negeri Medan dalam melahirkan guru-guru profesional melalui PPG Calon Guru dan PPG Guru Tertentu. Hal ini sejalan dengan sasaran utama pembangunan tahun 2045 dalam lingkup pembangunan manusia Provinsi Sumatera Utara melalui peningkatan sumber daya manusia yang terus meningkat dan misi terkait transformasi sosial untuk membangun manusia yang sehat, cerdas, berkarakter, berkualitas dan sejahtera melaui pendidikan unggul dan merata serta masyarakat yang sejahtera dan terlindungi. Nantinya Guru Pamong atau pembimbing lapangan harus bekerja sesuai kompetensi yang diharapkan dan kami akan mengawal dengan serius untuk terciptanya guru-guru profesional dimasa yang akan datang

Dalam laporannya Koordinator PPG Unimed Prof. Dr. Fajar Apollo Sinaga, M.Si. mengatakan kegiatan Penandatangan Surat Perjanjian Kerjasama (SPK) Tahun 2024 turut dihadiri oleh Mitra PPL 1 Unimed yaitu: MAN 1, SD 14 ,SMA 5 SMK 7,SMP 9 dan TK 1. Jumlah total mitra yang berpartisipasi adalah 37 sekolah. Admin Kelas berjumlah 8 orang, Dosen berjumlah 103 orang dan Sekolah Mitra berjumlah 37 sekolah.(Humas Unimed/ms)

.

Leave a comment