Skip links

Penerapan Inovasi Pengolahan Pasca Panen Padi oleh Tim PKM Unimed

Program Kemitraan Masyarakat (PKM) dilakasanakan pada tanggal 15 September 2024 oleh Tim Dosen UNIMED melibatkan mahasiswa dalam menyerahkan alat, pelatihan singkat pengoperasian dan perawatan Mesin Penggiling Padi Portable kapasitas 150 kg/jam Multi Proses dan pendampingan pengembangan usaha mandiri penggilingan padi antar desa. Kegiatan PKM dengan penyerahan alat TTG kepada Ibu Damaria Sinaga selaku mitra di Dusun I Desa Pagagan Julu VII Kecamatan Sumbul Kabupaten Dairi oleh Tim Dosen UNIMED yang diketuai Prof. Dr. Ir. Eka Daryanto, M.T., IPM., ASEAN Eng. dengan anggota Eswanto, S.T., M.Eng., Dr. Ir. Syafiatun Siregar, M.T., IPU. ASEAN Eng., dan Dr. Ir. Batumahadi Siregar, S.T., M.T., IPM., ICRR.

Penerapan teknologi hasil desain produk dan rekayasa industri mahasiswa Pendidikan Teknik Mesin yang dilibatkan dalam kegiatan untuk pengembangan usaha mandiri pengolahan pasca panen padi, berupa Mesin Penggiling Padi yang dapat dipindah-pindahkan berdasarkan dimana tempat atau pemesanan dari masyarakat setempat maupun masyarakat dari desa-desa sekitar Desa Pagagan Julu VII yang ingin mengiling padi. Inovasi alat TTG yang di terapkan pada masyarakat tidak hanya menggiling padi tetapi juga dapat digunakan untuk menggiling sekan (limbah penggilingan padi) menjadi dedak, menggiling beras menjadi tepung beras, dan dapat juga digunakan untuk menggiling biji-bijian lain menjadi bubuk (tepung), sehingga alat TTG ini kami sebut sebagai Mesin Penggiling Padi Portable kapasitas 150 kg/jam Multi Proses sebagai mana yang disampaikan Prof. Dr. Ir. Eka Daryanto, M.T., IPM., ASEAN Eng. Sebagai ketua Tim Dosen PKM-UNIMED.

Prof. Eka Daryanto menyampaikan terimakasih atas penerimaan dan penyambutan masyarakat dan kelompok-kelompok tani lainnya yang antusias terhadap adanya kegiatan ini dan sekaligus mendapatkan informasi tentang kebutuhan faktual untuk pengembangan teknologi pengolahan pascapanen padi di desa tersebut dan berharap alat tersebut dapat digunakan semaksimal mungkin dan berdaya guna bagi kelompok tani lainnya. Pada kesempatan ini pula Ibu Damaria Sinaga selaku mitra dan mewakili kelompok tani yang hadir menyampaikan testimoni pertama mengucapkan terimakasih khususnya kepada Tim PKM-Dosen UNIMED termasuk mahasiswa dan kepada LPPM-UNIMED diwakilkan kepada pendamping yang ditugaskan, disampaikan pula bahwa Alat TTG dan pelatihan yang diberikan sangat bermanfaat dan sangat berguna bagi kelompok-kelompok tani maupun pengembangan usaha mandiri penggilingan padi sehingga kendala selama ini sudah terjawab dan dapat teratasi.

Pada akhirnya kami selaku Tim PKM-UNIMED di Dusun I Desa Pagagan Julu VII Kecamatan Sumbul Kabupaten Dairi megucapkan terimakasih kepada semua pihak yang mendukung sehingga terlaksananya kegiatan ini dan mohon maaf bila ada kekurangan dan kesalahan. Semoga kegiatan ini berdampak positif berdaya guna bagi masyarakat tani di Pagagan Julu VII dan kelompok-kelompok tani lainnya yang ada di Kabupaten Dairi pada umumnya.(Humas Unimed)

https://qhnbld.com/

https://securityinmanchester.com/

https://visitnaantalifinland.com/

https://chicharones.com/

https://mastasoft.com/

https://richfieldretirement.com/

https://newingtonforest.com/

https://mygreekislandsgrill.com/

https://lottiesadventure.com/

https://kimonokinbeckley.com/

https://gutterhelmetflorida.com/

https://cosmeticsurgeryinformation.com/

https://midwestselectinns.com/

https://bikramcharleston.com/

https://mysticeyetattoo.com/

https://bellevueautohouse.com/

https://cyberbesttech.com/

https://joshrigsbyphotography.com/

https://fermentmanagement.com/

https://proteamcalendars.com/

https://busybibles.com/

https://zerotensionmouse.com/

https://sockatyes.com/