Skip links

FT Unimed dan UM Gelar Kuliah Umum International dan Kerjasama Bidang Teknologi

Universitas Negeri Medan (Unimed) dengan penuh kebanggaan menggelar kuliah tamu internasional (Visiting Lecture) yang berkolaborasi dengan Universiti Malaya, Malaysia. Acara ini menghadirkan topik yang sangat relevan dengan perkembangan teknologi mutakhir, yaitu “Utilization of Nanomaterials in Fibre Optic Sensors, Development and Application of Fibre Bragg Grating (FBG) in Transducers”.

Acara yang yang dilaksanakan pada tanggal 18 September 2024 di Aula Digital Library Unimed oleh Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Fakultas Teknik Unimed ini dihadiri oleh mahasiswa dan dosen dari berbagai program studi. Kegiatan ini menghadirkan Prof. Ir. Dr. Sulaiman Wadi Harun dari Departemen Teknik Elektro, Universiti Malaya sebagai pembicara utama dalam kuliah ini. Dalam pemaparannya, Prof. Sulaiman memberikan penjelasan mendalam mengenai perkembangan terbaru dalam pemanfaatan nanomaterial pada sensor serat optik. Sesi ini dimoderatori oleh Bakti Dwi Waluyo, S.Pd., M.T., yang merupakan dosen di Jurusan Pendidikan Teknik Elektro Unimed.

Rektor Unimed, Prof. Dr. Baharuddin, S.T., M.Pd., dalam sambutannya menekankan bahwa Indonesia memiliki sumber daya alam yang melimpah dibandingkan dengan negara lain, yang dapat menjadi modal penting dalam pengembangan teknologi di masa depan khususnya melalui teknologi nano. Rektor Unimed berpesan bahwa Fakultas Teknik harus menjadi pionir dalam inovasi teknologi serta mendukung penuh peningkatan kualitas pembelajaran dan penelitian melalui kerjasama internasional.

Sambutan awal disampaikan oleh Dr. Adi Sutopo, M.Pd., M.T. Ketua Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, yang menyoroti pentingnya sinergi internasional dalam memajukan inovasi teknologi serat optik. Selanjutnya acara dibuka oleh Dekan Fakultas Teknik, Prof. Dr. Dina Ampera, M.Si., yang dilanjutkan penandatanganan Dokumen Implementing Arrangement (IA) dengan Universiti Malaya yang diwakili oleh Prof. Sulaiman. Fakultas Teknik Unimed sebelumnya telah memiliki beberapa Kerjasama dalam bentuk penelitian dan publikasi ilmiah bersama Fakultas Teknik Universiti Malaya. Kegiatan ini menandai komitmen untuk mempererat kerjasama di bidang penelitian dan pengembangan teknologi antara kedua institusi.

Kegiatan ini diinisiasi oleh Dosen Jurusan Pendidikan Teknik Elektro Ir. Denny Haryanto Sinaga, S.Pd., M.Eng. sebagai Ketua Pelaksana dan Erita Astrid, S.T., M.S. yang juga merupakan Faculty Ambassador FT bersama Ketua Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Dr. Adi Sutopo, M.Pd., M.T., Ketua Program Studi Teknik Elektro, Dr. Agus Junaidi, S.T., M.T. dan Ketua Program Studi Pendidikan Teknik Elektro, Drs. Dadang Mulyana, M.Pd. dan disupport oleh dosen – dosen di lingkungan JPTE unimed.

Kegiatan ini terselenggara atas dukungan oleh Komunitas Mahasiswa Sistem Tenaga Listrik (MATRIKS) yang membantu secara teknis pelaksanaan kuliah tamu internasional. Acara ini diharapkan memberikan wawasan baru dan bermanfaat, terutama dalam pengembangan dan aplikasi sensor berbasis nanomaterial di bidang serat optik, yang dapat mendukung kemajuan teknologi di Indonesia. (Humas Unimed)

https://qhnbld.com/

https://securityinmanchester.com/

https://visitnaantalifinland.com/

https://chicharones.com/

https://mastasoft.com/

https://richfieldretirement.com/

https://newingtonforest.com/

https://mygreekislandsgrill.com/

https://lottiesadventure.com/

https://kimonokinbeckley.com/

https://gutterhelmetflorida.com/

https://cosmeticsurgeryinformation.com/

https://midwestselectinns.com/

https://bikramcharleston.com/

https://mysticeyetattoo.com/

https://bellevueautohouse.com/

https://cyberbesttech.com/

https://joshrigsbyphotography.com/

https://fermentmanagement.com/

https://proteamcalendars.com/

https://busybibles.com/

https://zerotensionmouse.com/

https://sockatyes.com/