Skip links

Tim PKM LPPM Unimed Lakukan Pendampingan Siswa SMA untuk Pencegahan Bullying Melalui Aplikasi ANDUNG.

Tim Pengabdian dari Universitas Negeri Medan (UNIMED) yang terdiri dari dosen dan mahasiswa telah melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat dengan judul “Pendampingan Siswa SMA untuk Pencegahan Bullying Melalui Aplikasi ANDUNG (Aplikasi Anti Perundungan)” di SMA Negeri 1 Lumban Julu, Kabupaten Toba. Kegiatan ini dilaksanakan pada bulan April-Juli 2024. Bullying di sekolah merupakan masalah yang serius dan meluas yang dapat memberikan dampak negatif jangka panjang bagi korban, baik dari segi fisik maupun psikologis. Berdasarkan data dari berbagai studi dan laporan, bullying masih menjadi permasalahan utama di banyak sekolah di Indonesia dan di seluruh dunia. Korban bullying sering kali mengalami penurunan prestasi akademik, masalah kesehatan mental seperti depresi dan kecemasan, serta berbagai masalah sosial lainnya. Di SMA Negeri 1 Lumban Julu, Kabupaten Toba, permasalahan bullying telah menjadi perhatian utama pihak sekolah dan masyarakat sekitar. Berdasarkan data dan laporan yang diterima, kasus bullying di sekolah ini terjadi, dan pihak sekolah mengalami kesulitan dalam menangani dan mencegah terjadinya kasus-kasus tersebut secara efektif. Melihat permasalahan ini, Tim Pengabdian UNIMED hadir untuk memberikan solusi yang inovatif melalui Program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM). Tim merancang sebuah aplikasi bernama ANDUNG (Aplikasi Anti Perundungan) yang bertujuan untuk memfasilitasi pelaporan dan penanganan kasus bullying di sekolah. Aplikasi ANDUNG ini dirancang agar dapat digunakan oleh pihak sekolah, guru, dan siswa dengan mudah, sehingga mereka dapat melaporkan dan menangani kasus bullying secara lebih cepat dan efektif.

Projek pengabdian ini merupakan hasil kerja sama antara Tim Pengabdian UNIMED dengan Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Kabupaten Toba serta SMP Negeri 1 Lumban Julu sebagai mitra pengabdian. Tujuan utama dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kesadaran dan pengetahuan siswa, guru, dan pihak sekolah tentang pentingnya pencegahan bullying melalui pemanfaatan teknologi digital. Atas dasar kondisi tersebut maka Tim Pengabdian Kepada Masyarakat yang terdiri dari Dr. Rosramadhana, S.Pd.,M.Si (Pendidikan Antropologi FIS Unimed), Dr. Sudirman,SE.,M.Pd (Pendidikan Masyarakat FIP Unimed), Muhammad Iqbal, S.Sos.,M.Si (Pendidikan Antropologi FIS Unimed), Daud, S.Pd.,M.Si (Pendidikan Antropologi FIS Unimed) dan Purnama Sari, S.Pd.,M.Pd (Pendidikan Antropologi FIS Unimed) serta dibantu Mahasiswa Dhevany, Luthfia Wulandari, Arimbi Aulia Nanta, Esrawati Satriana Simanulang, Umar Haddad Siregar melakukan pendampingan langsung di SMA Negeri 1 Lumban Julu untuk penggunaan aplikasi ANDUNG. Aplikasi ini dirancang untuk memfasilitasi pelaporan dan penanganan kasus bullying di sekolah yaitu pihak sekolah sebagai administrator, guru, dan siswa.

Proses pendampingan dimulai dengan demonstrasi cara penggunaan aplikasi ANDUNG serta langkah-langkah registrasi dan pembuatan akun. Skema penggunaan Aplikasi ANDUNG juga tersedia di dalam Buku pedoman penggunaan Aplikasi ANDUNG. Pada pendampingan penggunaan aplikasi diarahkan langsung oleh salah satu anggota tim PKM, Daud S.Pd.,M.Si.

Setelah itu, Tim Pengabdian melaksanakan serangkaian pretest dan posttest yang dipandu langsung oleh Anggota Tim PKM Purnama Sari, S.Pd.,M.Pd serta 2 (Dua) Mahasiswa Arimbi Aulia Nanta dan Luthfia Wulandari, melalui Google Form yang dibagikan langsung kepada siswa dan guru. Tujuan dari pretest dan posttest ini untuk mengukur efektivitas pelatihan dan pemahaman peserta tentang penggunaan aplikasi ANDUNG.

Selain itu, Tim Pengabdian juga mengumpulkan testimoni dari kepala sekolah, perwakilan FKDM Kabupaten Toba, perwakilan guru, dan siswa untuk mengevaluasi dampak dan penerimaan aplikasi ANDUNG di lingkungan sekolah. Kegiatan ini juga dipandu langsung oleh Dr. Rosramadhana S.Pd.,M.Si selaku ketua Tim PKM serta 2 (dua) mahasiswa Esrawati Satriana Simanulang dan Arimbi Aulia Nanta. Testimoni berlangsung dengan beberapa sesi wawancara terkait kepuasan mitra setelah menggoprasikan Aplikasi ANDUNG.

Pada acara tersebut, juga diadakan sesi penandatanganan Memorandum of Agreement (MOA) dan Implementation Agreement (IA) antara pihak UNIMED dan SMA Negeri 1 Lumban Julu juga dengan Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat Toba. Sesi ini bertujuan untuk memperkuat kerja sama antara kedua belah pihak dalam upaya pencegahan bullying di lingkungan sekolah. Kegiatan diakhiri dengan penyerahan plakat oleh Dr. Rosramadhana,M.Si (Ketua Tim PKM Unimed) kepada Ronal Sinaga M.Si (Kepala Sekolah SMAN 1 Lumban Julu) sebagai tanda simbolis penyerahan aplikasi ANDUNG kepada pihak sekolah. Penyerahan plakat ini dilakukan oleh perwakilan Tim Pengabdian UNIMED kepada kepala sekolah SMA Negeri 1 Lumban Julu.

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan dapat tercipta lingkungan sekolah yang lebih aman dan kondusif bagi siswa, serta mengurangi kasus bullying di SMA Negeri 1 Lumban Julu dan sekitarnya. Tim Pengabdian UNIMED berkomitmen untuk terus mendukung upaya pencegahan bullying melalui inovasi teknologi dan pendidikan yang berkelanjutan.(Humas Unimed)

https://qhnbld.com/

https://securityinmanchester.com/

https://visitnaantalifinland.com/

https://chicharones.com/

https://mastasoft.com/

https://richfieldretirement.com/

https://newingtonforest.com/

https://mygreekislandsgrill.com/

https://lottiesadventure.com/

https://kimonokinbeckley.com/

https://gutterhelmetflorida.com/

https://cosmeticsurgeryinformation.com/

https://midwestselectinns.com/

https://bikramcharleston.com/

https://mysticeyetattoo.com/

https://bellevueautohouse.com/

https://cyberbesttech.com/

https://joshrigsbyphotography.com/

https://fermentmanagement.com/

https://proteamcalendars.com/

https://busybibles.com/

https://zerotensionmouse.com/

https://sockatyes.com/