Skip links

Teknologi Terpadu Pengolahan Limbah Pertanian-Peternakan Di Desa Kutarakyat Untuk Menunjang Perencanaan Eduwisata Sains-Techno Dan Sentra Organic Farming

Dosen dan mahasiswa Universitas Negeri Medan (UNIMED) telah mengadakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di Desa Kutarakyat pada hari Rabu, 22 Mei 2024 dan Rabu, 19 Juni 2024. Kegiatan ini merupakan bagian dari Skema Pengabdian Kemitraan Wilayah, yang melibatkan tim dosen Dr. Lisnawaty Simatupang, M.Si (Ketua), Dr. Marham Sitorus, M.Si, Nora Susanti, S.Si., M.Sc., Apt, Dr. Muhammad Bukhori Dalimunthe, S.Pd, dan Binsar Maruli Tua Pakpahan, S.T., M.Eng, serta mahasiswa Predy Fernandes Sihaloho, Mikael S. Depari, Winri Imanuela Sihombing, Therecia Fricillia Ginting, dan Natal Toga Hot Tua Pakpahan.

Dr. Lisnawaty Simatupang, Ketua PKM, menyatakan bahwa kegiatan ini merupakan wujud nyata dari tri dharma perguruan tinggi. Sivitas akademika UNIMED hadir langsung di tengah masyarakat untuk merumuskan masalah dan memberikan solusi yang sesuai.

Kegiatan PKM ini dilaksanakan dalam dua tahap. Pada 22 Mei 2024, tim mengunjungi lokasi PKW (Pengabdian Kemitraan Wilayah) di Desa Kutarakyat untuk melakukan peninjauan lapangan dan berdiskusi dengan mitra PKW. Peninjauan ini bertujuan memahami kondisi lapangan dan merencanakan implementasi teknologi pengolahan limbah yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat setempat.

Pada 19 Juni 2024, tim kembali ke Desa Kutarakyat untuk melaksanakan penyerahan dan percobaan alat pengolahan limbah pertanian-peternakan. Kegiatan ini dihadiri oleh beberapa petani lokal, Kepala Desa Satar Ginting, dan Ketua Gapoktan Anwar Sembiring. Suasana hangat menyambut kedatangan tim, menandakan dukungan kuat dari masyarakat desa.

Tidak hanya penyerahan alat, tim UNIMED juga memberikan pelatihan terkait penggunaan dan pengembangan website desa serta aplikasi untuk keperluan surat-menyurat. Website ini diharapkan dapat menjadi sarana efektif untuk meningkatkan promosi desa serta memperluas akses informasi terkait potensi eduwisata dan sentra organic farming di Desa Kutarakyat.

Kepala Desa Kutarakyat, Satar Ginting, menyambut positif pelaksanaan kegiatan ini. Beliau menyatakan bahwa kegiatan PKM ini memberikan wawasan dan keterampilan baru bagi warga desa dalam memanfaatkan teknologi untuk pengolahan limbah dan promosi desa. Kegiatan ini membantu masyarakat beradaptasi dengan perubahan dan tantangan di era digital. Pihak desa sangat mengapresiasi dukungan dari Universitas Negeri Medan dan berharap kemitraan ini dapat terus berlanjut di masa mendatang.

Kegiatan PKM ini diakhiri dengan ucapan terima kasih dari Kepala Desa Kutarakyat kepada Universitas Negeri Medan. Beliau menyatakan rasa syukur dan apresiasinya atas kontribusi yang diberikan oleh tim UNIMED dalam meningkatkan kualitas hidup dan wawasan masyarakat Desa Kutarakyat.(Humas Unimed)

https://qhnbld.com/

https://securityinmanchester.com/

https://visitnaantalifinland.com/

https://chicharones.com/

https://mastasoft.com/

https://richfieldretirement.com/

https://newingtonforest.com/

https://mygreekislandsgrill.com/

https://lottiesadventure.com/

https://kimonokinbeckley.com/

https://gutterhelmetflorida.com/

https://cosmeticsurgeryinformation.com/

https://midwestselectinns.com/

https://bikramcharleston.com/

https://mysticeyetattoo.com/

https://bellevueautohouse.com/

https://cyberbesttech.com/

https://joshrigsbyphotography.com/

https://fermentmanagement.com/

https://proteamcalendars.com/

https://busybibles.com/

https://zerotensionmouse.com/

https://sockatyes.com/