Skip links

Tim PKM Unimed Berkolaborasi dengan MGMP Sejarah Kota Medan dalam Mengembangkan Aplikasi Interactive History Map

Tim Dosen Program Kemitraan Masyarakat (PKM) membangun kolaborasi dengan MGMP Sejarah kota Medan dalam mengembangkan Aplikasi Interactive History Map. Program kemitraan tersebut dilaksanakan guna menghasilkan sebuah aplikasi media pembelajaran interaktif yang dapat meningkatkan aktifitas dan kreatifitas guru dan siswa SMA dalam pembelajaran Sejarah di era modern, khususnya pada materi-materi bermuatan local. Oleh karena itu, Kolaborasi dengan MGMP Sejarah kota Medan diharapkan dapat mengoptimalkan fungsi produk aplikasi media pembelajaran sejarah tersebut agar relevan dan sesuai dengan kebutuhan guru dan siswa dalam pembelajaran Sejarah.

Kegiatan yang digawangi oleh Dr. Tappil Rambe, M.Si, Dr. Darwin Parlaungan Lubis, M.Si beserta tim tersebut dilaksanakan di Laboratorium Komputer Jurusan Pendidikan Sejarah FIS Unimed pada tanggal 26 Juli 2024. Dihadiri pula oleh Rismal, S.Pd selaku ketua MGMP Sejarah Kota Medan, Pristi Suhendro, M.Si selaku Ketua Jurusan Pendidikan Sejarah, Arfan Diansyah, M.Pd Sekretaris Jurusan Pendidikan Sejarah  dan 20 orang guru anggota MGMP Sejarah Kota Medan.

Program kemitraan diawali dengan penandatanganan dokumen Kerjasama antara Jurusan Pendidikan Sejarah dengan MGMP Sejarah Kota Medan perihal pengembangan dan pelatihan penggunaan aplikasi Interactive History Map dengan Dr. Tappil Rambe sebagai Koresponden. Lalu dilanjutkan tim dengan pemaparan tentang spesifikasi, karakteristik, teknik pengembangan serta pelatihan penggunaan aplikasi tersebut dalam pembelajaran Sejarah. Antusiasme ditunjukkan oleh peserta selama kegiatan berlangsung hingga diakhiri dengan sharing session dan pemberian cenderamata oleh tim PKM Kepada Mitra kolaborasi.

Dalam laporannya, Dr. Tappil Rambe menguraikan bahwa kolaborasi ini merupakan aksi nyata akademisi Fakultas Ilmu Sosial dan MGMP Sejarah dalam menghadapi tantangan pembelajaran modern di Era digital khususnya dalam kurikulum Merdeka. Sejalan dengan itu, dalam sambutannya Ketua Jurusan Pendidikan Sejarah Pristi Suhendro, M.Si menguraikan komitmen Jurusan Pendidikan Sejarah untuk terus mengembangkan potensi yang ada guna menjadi kiblat inovasi pembelajaran Sejarah khususnya di Sumatera Utara. Ketua MGMP Sejarah Rismal, S.Pd memberikan apresiasi tinggi kepada Jurusan Pendidikan Sejarah dan Tim PKM yang telah menginisiasi dan membangun kolaborasi nyata melalui kegiatan tersebut.(Humas Unimed)

https://qhnbld.com/

https://securityinmanchester.com/

https://visitnaantalifinland.com/

https://chicharones.com/

https://mastasoft.com/

https://richfieldretirement.com/

https://newingtonforest.com/

https://mygreekislandsgrill.com/

https://lottiesadventure.com/

https://kimonokinbeckley.com/

https://gutterhelmetflorida.com/

https://cosmeticsurgeryinformation.com/

https://midwestselectinns.com/

https://bikramcharleston.com/

https://mysticeyetattoo.com/

https://bellevueautohouse.com/

https://cyberbesttech.com/

https://joshrigsbyphotography.com/

https://fermentmanagement.com/

https://proteamcalendars.com/

https://busybibles.com/

https://zerotensionmouse.com/

https://sockatyes.com/