Skip links

Mahasiswa UNIMED Raih Penghargaan PKM AWARD 2024: Tim Terkreatif dalam Riset Eksakta

Prestasi gemilang kembali ditorehkan oleh mahasiswa FMIPA Universitas Negeri Medan (UNIMED). Tim mahasiswa yang dipimpin oleh Fransiskus Hottua Malau, jurusan Kimia, berhasil meraih penghargaan bergengsi sebagai Tim Ter-kreatif klaster II pada ajang Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) bidang Riset Eksakta 2024. Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek) yang berlangsung secara daring pada Senin, 19 Agustus 2024.

Riset inovatif yang mengantarkan mereka pada penghargaan ini berjudul “Nanofertilizer Silika Fluoresens dari Geomaterial Sinabung Termodifikasi Amina Untuk Peningkatan Laju Fotosintesis.” Dengan memanfaatkan abu Gunung Sinabung, tim ini berhasil menciptakan nanofertilizer yang mampu meningkatkan laju fotosintesis tanaman secara signifikan. Hasil penelitian ini dinilai sebagai terobosan dalam bidang pertanian, menawarkan solusi praktis untuk meningkatkan produktivitas tanaman dengan teknologi ramah lingkungan.

Fransiskus Hottua Malau tidak bekerja sendiri. Ia didukung oleh tim solid yang terdiri dari berbagai program studi, Carlos Rewandesno Sitorus (Kimia), Winri Imanuela Sihombing (Kimia), Pebry Asarona Sianipar (Biologi), dan Nurul Pratiwi Santoso (Fisika). Di bawah bimbingan Dr. Lisnawaty Simatupang, M.Si., tim ini menunjukkan bahwa sinergi antara disiplin ilmu yang berbeda bisa menghasilkan inovasi luar biasa. “Kami ingin memanfaatkan potensi alam Indonesia secara optimal. Abu Gunung Sinabung, yang selama ini dianggap sebagai limbah, bisa kami ubah menjadi sesuatu yang bernilai tinggi bagi dunia pertanian,” kata Fransiskus dengan penuh semangat.

Rektor Unimed Prof. Dr. Baharuddin, ST., M.Pd., mengucapkan selamat kepada tim PKM mahasiswa atas prestasi yang membanggakan ini. “Keberhasilan ini menunjukkan bahwa mahasiswa UNIMED terus mampu bersaing di tingkat nasional dan internasional dengan ide-ide yang inovatif dan kreatif yang relevan dengan permasalahan masyarakat. Fransiskus dan timnya telah berhasil mengangkat nama baik Unimed ditingkat nasional, dan saya berharap ini menjadi inspirasi bagi seluruh mahasiswa UNIMED untuk terus berinovasi dan berprestasi. Kami pimpinan mengucapkan selamat kepada tim, dan semoga dapat lebih berprestasi kedepannya lagi, serta menjadi motivasi bagi seluruh mahasiswa Unimed untuk lebih terampil dan inovatif agar berani bersaing dan kolaborasi dengan semua mahasiswa secara nasional dan internasional,”

Lanjutnya Prof. Baharuddin menyampaikan Penghargaan ini menjadi batu loncatan bagi Fransiskus dan timnya untuk terus mengembangkan riset mereka. Semoga penghargaan ini memberikan inspirasi kepada mahasiswa unimed lainya untuk terus berinovasi dan memberikan kontribusi yang berarti bagi masyarakat dan bangsa.(Humas Unimed/ms)

https://qhnbld.com/

https://securityinmanchester.com/

https://visitnaantalifinland.com/

https://chicharones.com/

https://mastasoft.com/

https://richfieldretirement.com/

https://newingtonforest.com/

https://mygreekislandsgrill.com/

https://lottiesadventure.com/

https://kimonokinbeckley.com/

https://gutterhelmetflorida.com/

https://cosmeticsurgeryinformation.com/

https://midwestselectinns.com/

https://bikramcharleston.com/

https://mysticeyetattoo.com/

https://bellevueautohouse.com/

https://cyberbesttech.com/

https://joshrigsbyphotography.com/

https://fermentmanagement.com/

https://proteamcalendars.com/

https://busybibles.com/

https://zerotensionmouse.com/

https://sockatyes.com/