Skip links

Tim PKM-RE Unimed Mengembangkan Nanofertilizer Silika Fluoresens dari Geomaterial Sinabung untuk Peningkatan Laju Fotosintesis

Tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Penelitian Eksakta (RE) dari Universitas Negeri Medan telah berhasil mengembangkan nanofertilizer inovatif yang berbasis silika fluoresens dari geomaterial Sinabung yang termodifikasi dengan amina. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan laju fotosintesis pada tanaman, sehingga diharapkan dapat memberikan kontribusi signifikan terhadap peningkatan produktivitas pertanian.

Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Lisnawaty Simatupang, M.Si, dan terdiri dari anggota-anggota berikut: Fransiskus Hottua Malau (Ketua), Carlos Rewandesno Sitorus (Anggota), Winri Imanuela Sihombing (Anggota),Pebry Asarona Sianipar (Anggota),Nurul Pratiwi Santoso (Anggota).

Nanofertilizer ini dihasilkan melalui pemanfaatan geomaterial Sinabung, yang merupakan salah satu sumber daya alam yang melimpah di Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Dengan modifikasi menggunakan amina, nanofertilizer ini diharapkan mampu meningkatkan efisiensi fotosintesis tanaman, yang pada akhirnya dapat meningkatkan hasil panen.

Dr. Lisnawaty Simatupang M.Si, selaku pembimbing penelitian, menyampaikan bahwa penelitian ini tidak hanya memiliki potensi  untuk meningkatkan produktivitas pertanian, tetapi juga menunjukkan bahwa pemanfaatan sumber daya alam lokal dengan teknologi canggih dapat memberikan solusi berkelanjutan bagi pertanian di Indonesia.

Fransiskus Hottua Malau ketua tim, menambahkan bahwa kolaborasi tim hasil penelitian ini dapat diaplikasikan secara luas dan memberikan manfaat nyata bagi masyarakat.

Universitas Negeri Medan mengapresiasi upaya dan dedikasi tim peneliti ini dalam mengembangkan inovasi yang berpotensi besar bagi kemajuan pertanian di indonesia.(Humas Unimed)

https://qhnbld.com/

https://securityinmanchester.com/

https://visitnaantalifinland.com/

https://chicharones.com/

https://mastasoft.com/

https://richfieldretirement.com/

https://newingtonforest.com/

https://mygreekislandsgrill.com/

https://lottiesadventure.com/

https://kimonokinbeckley.com/

https://gutterhelmetflorida.com/

https://cosmeticsurgeryinformation.com/

https://midwestselectinns.com/

https://bikramcharleston.com/

https://mysticeyetattoo.com/

https://bellevueautohouse.com/

https://cyberbesttech.com/

https://joshrigsbyphotography.com/

https://fermentmanagement.com/

https://proteamcalendars.com/

https://busybibles.com/

https://zerotensionmouse.com/

https://sockatyes.com/