Skip links

Tim PKM DRTPM Kemendikbudristek UNIMED Berikan Bantuan untuk Memproduksi Gambir

Tim PKM (Program Kemitraan Masyarakat), Direktorat Riset, Teknologi, dan Pengabdian Kepada Masyarakat (DRTPM), Kemendikbudristek, Universitas Negeri Medan (UNIMED) mengadakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang berjudul Optimalisasi Usaha Uncaria Gambir Roxb Pada Kelompok Tani Im Kita Di Desa Boangmanalu Kecamatan Salak Kabupaten Pakpak Bharat.

Kegiatan PKM ini diketuai oleh Sabda Dian Nurani Siahaan., S.Pd., M.B.A yang merupakan dosen Fakultas Ekonomi (FE) UNIMED dengan anggota Siti Ulgari, S.Pd., M.Pd yang merupakan dosen Fakultas Teknik (FT) UNIMED dan Dr. Saronom Silaban, M.Pd yang merupakan dosen Fakultas Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) UNIMED. Turut juga hadir dosen Fakultas Ekonomi (FE) UNIMED yaitu Lenti Susanna Saragih, S.Pd., M.Si dan Dodi Pramana, S.Sos., M.Si. Kegiatan ini juga diawasi oleh pimpinan UNIMED melalui kehadiran pendamping dari LPPM UNIMED yaitu Saut Marulitua, S.Pd. Kegiatan pengabdian ini juga dibantu oleh mahasiswa dari Prodi Kewirausahaan UNIMED. Pengabdian ini dilaksanakan pada 26 & 27 Juli 2024 di Desa Boangmanalu Kecamatan Salak Kabupaten Pakpak Bharat dengan peserta berjumlah 20 orang.

Dalam kegiatan ini Tim PKM DRTPM KEMENDIKBUDRISTEK dari UNIMED menyerahkan bantuan untuk memproduksi gambir yaitu mesin press gambir yang berfungsi dalam memeras getah gambir dari daun gambir yang sudah direbus. Selain itu tim PKM juga memberikan desain kemasan untuk gambir, Nomor Izin Berusaha (NIB), dan media sosial sebagai media pemasaran online (Instagram, Facebook, Whatsapp, Telegram, Youtube, Tiktok).

Ketua PKM dalam sambutannya menjelaskan kehadiran dari rombongannya ke Desa Boangmanalu saat ini merupakan untuk membantu pengusaha gambir ini dalam memproduksi gambir yang dengan efektif sehingga bisnis gambir kelompok ini bisa semakin meningkat. Ketua PKM juga menyebutkan bahwa bisnis gambir ini perlu ditingkatkan sebab sangat potensial dan gambir memiliki banyak manfaat bagi manusia. Diketahui selama ini mitra masih menggunakan mesin sederhana dalam mengepress gambir sehingga getah gambir yang dihasilkan sangat sedikit.

Dalam kesempatan tersebut, tampak Tim PKM mendampingi mitra mempraktekkan cara menggunakan mesin press gambir. Sebelum di press, gambir tersebut harus direbus terlebih dahulu. Setelah dipress, getah gambir tersebut dijemur sehingga dapat menghasilkan produk gambir.

Ketua Kelompok Tani Im Kita mengucapkan terimakasih kepada tim kelompok PKM beserta rombongan atas digelarnya kegiatan ini. Usaha gambir ini sudah kami laksanakan selama 7 tahun namun belum berjalan lancar sebab kami tidak memiliki dana dalam membeli mesin press gambir sehingga terpaksa harus menggunakan alat press sederhana, pungkasnya. Mitra juga mengatakan bahwa mereka sangat diuntungkan atas adanya kegiatan ini karena mereka memperoleh ilmu yang belum pernah mereka dapat selama ini dalam mengelola usaha gambirnya. Mitra juga berharap kegiatan ini tidak berhenti sampai disini saja dan mereka berharap agar di tahun depan bisa diberikan mesin pengering gambir agar pengeringan gambir bisa dilakukan lebih cepat lagi, karena biasanya memakan waktu sampai 3 hari.

Pada kesempatan ini, tim PKM mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Direktorat Riset, Teknologi, dan Pengabdian Kepada Masyarakat (DRTPM), Kemendikbudristek atas kepercayaannya kepada tim kami dan atas dukungannya dalam mendanai kegiatan pengabdian ini. Tim PKM juga mengucapkan terimakasih kepada Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) UNIMED atas dukungan dan arahannya kepada tim kami dalam melaksanakan pengabdian. Tanpa adanya dukungan dari pimpinan kami, maka kami tidak bisa melaksanakan kegiatan pengabdian ini. Semoga para pimpinan kami selalu diberikan kesehatan dan kami tim dosen tetap semangat terus dalam melaksanakan Tri Dharma perguruan Tinggi sehingga bisa semakin berdampak bagi masyarakat.(Humas Unimed)

https://qhnbld.com/

https://securityinmanchester.com/

https://visitnaantalifinland.com/

https://chicharones.com/

https://mastasoft.com/

https://richfieldretirement.com/

https://newingtonforest.com/

https://mygreekislandsgrill.com/

https://lottiesadventure.com/

https://kimonokinbeckley.com/

https://gutterhelmetflorida.com/

https://cosmeticsurgeryinformation.com/

https://midwestselectinns.com/

https://bikramcharleston.com/

https://mysticeyetattoo.com/

https://bellevueautohouse.com/

https://cyberbesttech.com/

https://joshrigsbyphotography.com/

https://fermentmanagement.com/

https://proteamcalendars.com/

https://busybibles.com/

https://zerotensionmouse.com/

https://sockatyes.com/