Skip links

FT UNIMED Siap Implementasikan Kurikulum OBE untuk Lahirkan Lulusan yang Siap Bermanfaat bagi Masyarakat

Fakultas Teknik (FT) Universitas Negeri Medan mengadakan “Workshop Implementsi Kurikulum OBE (outcome Based Education)”di Ruang Aula Lantai IV Digital Library Unimed, pada Rabu (24/07). 

Dengan mengundang narasumber Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd. (Ketua Senat Unimed) dan Ir. Rustam Asnawi. ST., MT., Ph.D  (Dosen Universitas Negeri Yogyakarta).

Acara penguatan kurikulum OBE ini dibuka oleh Rektor Unimed Prof. Dr. Baharuddin, ST., M.Pd. Ikut hadir Sekretaris Senat, Para Wakil Rektor, Dekan FT, Wakil Dekan, Ketua Jurusan, Sekteraris Jurusan, Ketua Prodi, Ka. Lab dan seluruh Fungsionaris di lingkungan FT Unimed.

Dalam sambutannya, Rektor Unimed Prof. Dr. Baharuddin, M.Pd. mengatakan  terima kasih atas diselenggarakannya acara yang baik ini, kita harus terus merancang dan mempersiapkan agar sukses dalam Implementasi dan Inovasi Kurikulum Outcome Base Education (OBE) Berbasis 4 Literasi (SDM, Digital, Big Data dan Bahasa) di lingkungan FT Unimed, agar kita bisa menyiapkan lulusan yang siap bermanfaat bagi masyarakat, dunia industri dan dunia usaha. Kurikulum ini berusaha untuk mengembangkan kemampuan mahasiswa dalam berpikir kritis, komunikatif, bekerja sama, dan memecahkan masalah. Selain itu, kurikulum OBE juga menekankan pada pengembangan sikap, nilai, dan etika yang positif.

Lanjut Rektor, Dalam rangka menyiapkan mahasiswa menghadapi perubahan sosial, budaya, dunia kerja dan kemajuan teknologi yang pesat, kompetensi dan skill mahasiswa harus terus kita persiapkan secara terencana dan maksimal, agar sesuai dengan kebutuhan zaman. Menyikapi kecepatan pemanfaatan teknologi dan produksi inovasi berkembang sangat pesat, sehingga memunculkan kesenjangan antara dunia pendidikan dengan kebutuhan SDM di dunia kerja dan masyarakat. Tantangan pendidikan abad 21 adalah peran dan strategi dalam menjembatani kesenjangan antara proses pendidikan di perguruan tinggi dengan dunia kerja dan kebutuhan inovasi. Kita di Unimed sudah selesai menyusun Kurikulum OBE di tingkat universitas dan semua program studi, bahkan sudah kita terapkan dalam proses perkuliahan. Hari ini FT dan beberapa fakultas telah melaksanakan kegiatan penguatan dalam Implementasi dan Inovasi Kurikulum OBE Berbasis 4 Literasi (SDM, Digital, Big Data dan Bahasa).

Dalam laporannya Dekan FT Prof. Dr. Dina Ampera mengatakan “Kegiatan workshop implementasi OBE dihadiri 150 dosen FT dari 4 jurusan, kegiatan ini dibagi atas 2 tahapan pertama mengundang narasumber untuk memberi pengetahuan lebih dalam mengenai OBE kepada kita semua yang kedua kaprodi merancang kurikulum OBE sampai menjadi RPS yang bermakna OBE dimana OBE kita tahu semua keluaran produk kuliah dapat digunakan di masyarakat. Jadi mari kita dengar narasumber yang hadir sekarang sehingga kita dapat membuat kurikulum OBE di fakultas kita sesuai dengan yang diharapkan,”.

Dalam paparannya Ketua Senat sekaligus narasumber Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd. menyampaikan Pelaksanaan Pembelajaran Berbasis 4 Literasi dapat terlaksana dengan baik jika didukung dengan Kebijakan Fakultas dan Prodi, Panduan Operasional Implementasi, Panduan Monev dan QA, Panduan RTL.

Lanjut dalam paparannya Prof. Syawal memaparkan “Ada 5 Indikator keberhasilan yang harus dilakukan agar Pengembangan OBE di FT Unimed dapat terwujud 1. Dikembangkan dengan prinsip “backward Curiculum Design”(dengan 3 kemungkinan: continued, modified, cancelled) 2. Memiliki derajat kesesuaian , kecukupan , kedalaman dan keluasan dalam minimal 4 aspek kurikulum : Profil/CP, Content, Proses dan Asasment. 3 .Memperoleh legitimasi dari berbagai asosiasi , PT, Dudi, dan lembaga Independent lainya. 4. Memiliki derajat kelayakan Implementasi. 5 . Memiliki system penjaminan mutu holistik,”.(Humas Unimed/zr,ms)