Skip links

Tim PKM-PM Unimed Tingkatkan Kemampuan Siswa dalam Operasi Hitung Dasar Melalui Penerapan Teknologi Augmented Reality (AR).

Tim PKM-PM Universitas Negeri Medan (UNIMED) yang diketuai oleh Qamaruddin Fadhilah Harahap, dengan anggota Elisabeth Romauli Purba, Muhammad Munawwar, Muhammad Zaki Ulwi, dan Asisi Febrina Simatupang yang didampingi langsung oleh bapak Tri Andri Hutapea S.Si., M.Sc. (Dosen UNIMED) telah melaksanakan pengabdian kepada mitra yaitu SD Subsidi Budi Rahayu yang berlokasi di Jalan Sempurna Dusun III Melur, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang 20 April – 18 Agustus 2024. Kegiatan ini bertajuk “KALIBATAKU: Math Learning Media Melalui Pop-Up Book Berbasis Augmented Reality Dalam Upaya Enhancing Numeracy Skills di SDS Budi Rahayu”.

Program ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam operasi hitung dasar melalui penerapan teknologi Augmented Reality (AR). Teknologi ini memberikan suasana baru dalam pembelajaran operasi hitung dasar, sehingga dapat meningkatkan pemahaman dan kemampuan siswa dalam operasi hitung dasar. Sasaran dalam program ini adalah guru SD Subsidi Budi Rahayu yang belum memanfaatkan teknologi dalam proses pembelajaran.

Dalam kegiatan ini, tim PKM-PM UNIMED menghadirkan solusi berupa aplikasi KALIBATAKU melalui Pop-Up Book berbasis Augmented Reality (AR). Dengan adanya aplikasi ini diharapkan dapat membantu mitra SD Subsidi Budi Rahayu dalam meningkatkan pemahaman dan kemampuan berhitung siswa melalui pemanfaatan teknologi.

Tri Andri Hutapea, S.Si., M.Sc., dosen pendamping PKM-PM, mengungkapkan harapannya bahwa teknologi AR ini dapat menjadi solusi alternatif yang efektif bagi para guru dalam proses pembelajaran operasi hitung dasar. “Kami berharap teknologi ini dapat memberikan dampak positif yang signifikan bagi para guru, sehingga dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi yang disampaikan,” ujarnya.

Kegiatan ini mendapatkan sambutan positif dari para guru dan siswa. Sunarsih, S.Pd., kepala sekolah SD Subsidi Budi Rahayu, menyampaikan rasa terima kasihnya atas bantuan dan pendampingan yang diberikan oleh tim PKM-PM UNIMED. “Aplikasi ini sangat membantu kami dalam meningkatkan efisiensi dan hasil belajar siswa terhadap proses pembelajaran. Kami berharap program seperti ini dapat terus berlanjut dan memberikan manfaat bagi lebih banyak sekolah,” ujarnya.

Dengan adanya program kreativitas mahasiswa ini, diharapkan kemampuan berhitung siswa di Desa Sambirejo Timur dan sekitarnya dapat berkembang lebih pesat dan berkelanjutan, serta memberikan kontribusi positif bagi pendidikan setempat.(Humas Unimed)