Skip links

5629 Mahasiswa Bersama 279 DPL Siap Sukseskan KKN Unimed Tahun 2024

Univeristas Negeri Medan gelar acara Pelepasan Mahsiswa Unimed Peserta KKN 2024 secara online dengan menggunakan aplikasi Zoom Meeting dan Live Youtube yang dilaksanakan pada Jumat 05 Juli 2024. KKN tahun 2024 ini bertemakan “Optimalisasi Potensi Desa Menuju Desa Sejahtera”.

Kegiatan ini buka oleh Wakil Rektor I Dr. Abil Mansyur, M.Si, mewakili Rektor Unimed yang sedang tugas. Ikut hadir dalam acara: Ketua Senat Unimed Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd, Sekertaris Senat, para Wakil Rektor Unimed, Dekan, Direktur Pascasarjana, Ketua Lembaga, Wakil Dekan, Ketua Jurusan, Ketua Prodi, dan dosen di lingkungan Unimed. Juga hadir para Bapak/Ibu Lurah/Kepala Desa Mitra Pelaksanaan KKN Mahasiswa Unimed dan seluruh mahasiswa Unimed yang akan melaksanakan KKN pada tahun 2024.

KKN merupakan mata kuliah wajib yang menjadi kegiatan intrakurikuler dengan bobot 3 SKS, sejak diberlakukannya kurikulum KKNI di Universitas Negeri Medan bagi mahasiswa S1 Prodi Pendidikan dan Non Kependidikan dengan jumlah mahasiswa Unimed yang mengikuti KKN tahun 2024 sebanyak 5629 orang dari 7 Fakultas yang tersebar pada 54 Program Studi, yang dibimbing oleh 279 DPL. Wilayah KKN tersebar pada 5 kabupaten yang ada di Sumatera Utara.

Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd dalam paparannya memberi penguatan, Kuliah Kerja Nyata (KKN) ini merupakan salah satu bentuk pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa melalui kemitraan perguruan tinggi dengan pemerintah Desa/Kelurahan. Yang nantinya mahasiswa akan dapat memperoleh pengembangan pengetahuan keterampilan dan sikap dalam mengaplikasikan ilmu pengetahuan dan teknologi di desa, melatih kemampuan berpikir dalam melakukan observasi, penelaahan, perumusan, dan pendampingan untuk memberdayakan potensi masyarakat desa, membangun kolaborasi multidisiplin dalam berpikir dan bekerja saat mendampingi masyarakat untuk mewujudkan pembangunan desa. Dan menumbuhkan rasa solidaritas yang tinggi dalam meninggkatkan budaya literasi.

Dr. Abil Mansyur, S.Si., M.Si. dalam pembukaan mengatakan mahasiswa yang akan mengikuti KKN tahun ini segera bisa berkordinasi dengan DPL dan bersinergi dengan kepala desa, lurah di tempat masing-masing. Susunlah program kerja yang dapat menyahuti ketercapaian tema dari KKN tahun ini. Harapan kita tentunya terus memberikan manfaat dalam membantu pemerintah dalam mewujudkan ketercapaian visi misi dari pemerintah daerah di lima Kabupaten sebagai tujuan pelaksanaan dari KKN ini. Laksanakanlah kegiatan-kegiatan yang produktif dan kreatif dalam membangun karakter dan keterampilan generasi muda menjadi pelopor tujuan daerah dan ikut meningkatkan kesejahteraan masyarakat.(Humas Unimed/dv)