Skip links

Tingkatkan Produktivitas Alen-Alen JKR, Dosen Unimed Latih Mitra Menggunakan Mesin Pengering.

Alen-alen JKR menjadi salah satu mitra PKM terpilih oleh Universitas Negeri Medan (UNIMED) untuk memperoleh pendampingan dan bantuan IPTEKS dalam pengembangan usaha. Permasalahan proses pengeringan bahan baku alen-alen menjadi penghambat produksi khususnya pada kondisi cuaca tidak cerah. Ibu Hasianna Nopina Situmorang, S.T., M.Sc. beserta tim dari berbagai macam bidang keahlian yang beranggotakan Safri Gunawan, S.T., M.T., Dr. Agung Setia Batu Bara, S.Pi., Sapitri Januariyansah, S.Pd., M.Pd., dan Nila Reswari Haryana, S.Gz., M.Si, serta beberapa mahasiswa ditugaskan untuk menyelesaikan permasalahan tersebut sebagai komitmen UNIMED dalam pemberdayaan masyarakat dan juga sebagai bentuk tridharma perguruan tinggi.

Bentuk IPTEKS yang diberikan berupa mesin pengering bertenaga kompor gas yang mencakup pelatihan penggunaan dan pemasaran produk alen-alen dengan bantuan e-commerce. Ibu Hasianna Nopina Situmorang, S.T., M.Sc. menuturkan bahwa “kegiatan ini bertujuan untuk menyelesaikan permasalahan rill masyarakat produktif melalui diseminasi hasil riset tim pelaksana agar usaha mitra dapat berkembang lebih baik”. Mitra UMKM alen-alen JKR menerima baik kegiatan ini, serta berharap kegiatan-kegiatan ini dapat terus berlanjut sehingga bisa membantu UMKM-UMKM yang lain.

Kegiatan ini terbagi dalam 2 poin penting yaitu pelatihan penggunaan mesin pengering melalui demonstrasi tim pelaksana dan unjuk kerja dari mitra. Kemudian, kegiatan dilanjutkan dengan pelatihan pemasaran produk menggunakan platform e-commerce Facebook Marketplace dan Intagram. Kegiatan ini berjalan dengan baik dimana mitra mengikuti kegiatan dengan antusias yang dibuktikan dengan intensitas komunikasi dua arah antara tim pelaksana dengan mitra. Kegiatan ini juga memberikan pengalaman bagi mahasiswa yang terlibat sebagai bentuk stimulasi implementasi IKU perguruan tinggi.(Humas Unimed)