Skip links

Tim PKM Unimed Perkuat IGORNAS Kabupaten Deli dalam Pembuatan Modul Ajar Berdiferensiasi

Dosen Universitas Negeri Medan kembali melakukan pengabdian Masyarakat di Kabupaten Deli Serdang Sumatera Utara, yang diketuai oleh Bapak Dr. Samsuddin Siregar, S.Pd., M.Or beserta tim Bapak Prof. Dr. Albadi Sinulingga, M.Pd dan Bapak Drs. Nono Hardinoto, M.Pd, kegiatan ini juga melibatkan 5 orang mahasiswa. Kali ini yang menjadi mitra kegiatan ini adalah IGORNAS (Ikatan Guru Olahraga Nasional) Kabupaten Deli Serdang. Berawal dari diskusi kecil dengan para guru yang tergabung dalam IGORNAS, menyampaikan keluh kesah mereka kesulitan dalam mengembangkan modul ajar/RPP yang berdiferensiasi sesuai dengan lingkungan sekolah dan karaktersitik peserta didik masing-masing. Sehingga inilah yang menjadi alasan mendasar kegiatan ini dilakukan.

Kegiatan PKM ini dilaksanan pada tanggal 15 Juni 2024 di SMP Negeri 2 Lubuk Pakam dan jumlah peserta yang terlibat dalam kegiatan ini sebanyak 20 orang yang berasal dari berbagai kecamatan. Kegiatan dilakukan empat tahap yaitu (1) tahap orientasi materi, disini peserta dibekali pengetahuan konseptual rancangan pembelajaran (Modul/RPP) berdiferensiasi, (2) tahap pengembangan, secara terbimbing peserta membuat modul ajar, (3) tahap simulasi, tahap ini peserta mencoba menampilkan modul/RPP yang dibuat dan mensimulasikannya, (4) dan tahap akhir adalah tahap evaluasi dan refleksi. Di akhir kegiatan secara simbolis tim abdi menyerahkan buku panduan pengembangan modul ajar berdiferensiasi, diharapkan modul ini menjadi pedoman bagi peserta. Sambutan peserta terhadap kegiatan ini sangat antusias dan selama kegiatan berlangsung peserta aktif mengikutinya, hal ini dapat dilihat dari tingkat kehadiran peserta selama kegiatan mencapai 100%. Sehingga diyakini kegiatan ini bermanfaat bagi peserta salah satunya menambah khasanah pengetahuan dan keterampilan guru dalam mengembangan modul ajar berdiferensiasi.

Bapak Rinto Hendra, S.Pd selaku Ketua IGORNAS menyampaikan banyak terima kasih kepada tim abdimas Universitas Negeri Medan yang telah membuat kegiatan ini, kami merasa terbimbing dan telah memberikan sesuatu yang sangat kami butuhkan dan berharap tahun-tahun berikutnya kegiatan-kegiatan yang relevan dengan keguruan dapat kembali dilakukan agar guru-guru PJOK di Kabupaten Deli Serdang semakin berkualitas, kreatif, inovatif, semakin giat memberikan layanan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik dan bermakna sepanjang hayat. Ujar bapak Jarlinson.(Humas Unimed)