Skip links

Tim PKM-PM Mahasiswa UNIMED Melakukan Kegiatan Kuantum Hypnotherapy Berbasis Mannequin Massage untuk Meningkatkan Keterampilan Massage di SLB-A Yapentra

Mahasiswa Universitas Negeri Medan peraih pendanaan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Kemendikbudristekdikti tahun 2024 melakukan kegiatan kuantum hypnotherapy berbasis mannequin massage di SLB-A Yapentra. Kegiatan dimulai dengan melakukan sosialisasi hypnotherapy berbasis mannequin massage, kemudian dilanjutkan dengan demonstrasi, pelatihan dan pendampingan untuk mitra. Mahasiswa Unimed yang melaksanakan kegiatan tergabung dalam Tim Program Kreativitas Mahasiswa dalam bidang Pengabdian kepada Masyarakat yang diketuai oleh Emalia Soraya (Pendidikan Fisika), beserta anggota Putri Erisa Rizki Lubis (Biologi), Marselina Br Barus (Ilmu Keolahragaan), Fitri Khairani (Pendidikan Bimbingan dan Konseling) dengan dosen pendamping ibu Dr. Rita Juliani, S.Si., M.Si.

Emalia Soraya selaku ketua pelaksana mengatakan bahwa kegiatan PKM-PM kuantum hypnotherapy berbasis mannequin massage bertujuan mitra mampu meningkatkan keterampilan massage pada siswa penyandang tunanetra yang diharapkan dapat mewujudkan visi sekolah menjadikan siswa mandiri secara holistic. Hypnotherapy memberikan sugesti pada siswa untuk menumbuhkan minat dalam mempelajari massage. Media mannequin massage yang dilengkapi dengan sensor sentuh dan audio dapat menarik perhatian siswa untuk mempelajari massage.

Dr. Rita Juliani, S.Si., M.Si selaku dosen pendamping mengatakan bahwa kegiatan kuantum hypnotherapy berbasis mannequin massage merupakan wujud kepedulian mahasiswa terhadap siswa penyandang tunanetra untuk meningkatkan minat dan keterampilan massage di SLB-A Yapentra.

Dengan berlangsungnya kegiatan kuantum hypnotherapy berbasis mannequin massage bagi anak tunanetra, Bapak Arjuna Perangin-Angin selaku guru ekstrakurikuler massage di SLB-A Yapentra mengucapkan terimakasih kepada Tim PKM-PM yang sudah membantu dalam proses ekstrakurikuler massage sehingga dapat membangun semangat dan motivasi siswa dengan adanya media massage yang merupakan salah satu target inklunsif dan dapat digunakan sebagai ketermanfaatan untuk kedepannya.(Humas Unimed)