Skip links

LPPM UNIMED Latih Dharma Wanita BPS Sergai Berwirausaha dengan Pemanfaatan Lahan Pekarangan

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Negeri Medan (UNIMED) menyelenggarakan Kegiatan Pengabdian Masyarakat (PKM) yang bertajuk “Pengembangan Kewirausahaan Dalam Rangka Peningkatan Income Generate Dengan Pembuatan Tanaman Hidroponik Melalui Pemanfaatan Lahan Pekarangan Di Dharma Wanita Badan Pusat Statistik Serdang Bedagai” pada hari Jumat, 21 Juni 2024 di Badan Pusat Statistik Serdang Bedagai, Sumatera Utara.

Pengabdian ini merupakan kegiatan yang bertujuan untuk mengembangkan kegiatan mengenai penanaman tanaman hidroponik dengan pemanfaatan lahan pekarangan yang dapat dilakukan oleh Dharma Wanita beserta mitra dari BPS Serdang Bedagai guna untuk meningkatkan Income Generate .

Dari adanya peluang pekarangan yang dapat dimanfaatkan, maka ibu-ibu dari Dharma Wanita dapat memanfaatkan halaman tersebut dengan membuat rutinitas kegiatan baru yang dapat diimplementasikan bagi ibu-ibu Dharma Wanita serta mitra. Melalui Program Pengabdian Kepada Masyarakat dalam bentuk Program Kemitraan Masyarakat (PKM), Tim Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Unimed, yang diketuai oleh Dr. techn. Marini Damanik, M.Si dan 4 anggota yaitu Prof. Dr. Ida Duma Riris, M.Si, Zuhairiah Nst, S.Pd., M.Si, Marnida Yusfiani, S.Pd., M.Pd dan Ahmad Shafwan S.Pulungan, S.Pd., M.Si. Dalam pelaksanaanya, kegiatan ini dipandu narasumber yaitu Muhammad Ridwan,SP dan dibantu oleh 4 mahasiswa lainnya yaitu Muhammad Sultan Safruddin, Rosa Nadya Evelyn Sitorus, Ardi Maulanna Saputra dan Meidy Citra Pratiwi.

“Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan bahwa pengetahuan yang didapat pada kegiatan ini dapat diimplementasikan ke dalam kehidupan sehari-hari sehingga kegiatan bercocok tanam dengan metode hidroponik akan terus berlanjut. Serta diharapkan untuk 3 bulan selanjutnya hasil tanaman yang diperoleh dalam keadaan baik hingga kegiatan terus berlanjut”, kata sambutan dari Marine Sohadi Angkat, M.Si selaku Ketua BPS Serdang Bedagai

Ketua kegiatan pengabdian, Dr. techn. Marini Damanik, M.Si mengatakan bahwa “ BPS Sergai memiliki dharma wanita dan mitra serta pekarangan BPS yang cukup mumpuni sehingga dapat dibuat pelatihan ini yang harapannya dapat membantu melancarkan kegiatan. Terima kasih kepada Dharma Wanita BPS Sergai  yang telah menerima ide mengenai pembuatan tanaman hidroponik ini”.

Kegiatan ini dihadiri juga oleh Zakiah Harahap, S.ST selaku perwakilan dari Ketua Dharma Wanita Serdang Bedagai yang mengatakan bahwa  “Kegiatan ini pertama kalinya diadakan di Dharma Wanita BPS Sergai, yang harapannya dapat menambah pengetahuan, keterampilan dan dapat dipraktikkan hingga menambah income generate”.

Selanjutnya, ibu Vera Yanti, S.Si selaku tim pendamping dari LPPM Unimed beserta Prof. Dr. Ida Duma Riris, M.Si menyerahkan alat dalam pengembangan tanaman hidroponik berupa Media Tanam yaitu Rockwool dan bahan yang dibutuhkan mitra dalam pembuatan tanaman hidroponik. Alat dan bahan yang diserahkan yaitu, Rockwool, Pipa Paralon, not pot, tirisan, talam  dan botol semprot serta  nutrisi tanaman stok A dan B kepada Zakiah Harahap, S.ST sebagai perwakilan ibu-ibu Dharma Wanita.

“Pada dasarnya kita harus mengetahui pengertian dari hidroponik terlebih dahulu. Hidroponik berasal dari kata Hidro yaitu air serta Ponos yaitu Mengerjakan/Daya. Jadi dapat disimpulkan bahwa hidroponik merupakan budidaya tanaman dengan media air. Dengan metode hidroponik ini, ibu-ibu Dharma Wanita dapat bercocok tanam dengan metode baru serta mengetahui tanaman apa saja yang bisa ditanam dengan metode ini seperti tanaman sayuran daun yaitu sawi, selada, pokcoy, bayam dan kangkung serta tanaman sayuran buah yaitu tomat, cabai dan yang lainnya”, ungkap Muhammad Ridwan, SP.

Narasumber memberikan materi tentang Budidaya Tanaman Secara Hidroponik pada ibu-ibu Dharma Wanita yang diterima dan didengarkan secara antusias oleh peserta dan tingkat keaktifan yang sangat tinggi dengan banyaknya respon dan sesi tanya jawab yang diberikan oleh peserta kepada narasumber. Narasumber memberikan demonstrasi mengenai cara untuk bercocok tanam secara hidroponik menggunakan media tanam rockwool. Dari demonstasi tersebut, dapat dilihat antusias partisipan mitra statistik yang ingin mencoba kegiatan budidaya ini. Partisipan mitra statistik juga diberikan kesempatan langsung untuk bercocok tanam secara hidroponik di pekarangan BPS yang telah dirancang oleh pihak terkait. Dapat dilihat bahwa partisipan berantusias dengan kesempatan yang diberikan dan saling bekerja sama dalam kegiatan ini.

Kegiatan juga diisi dengan dilaksanakannya sesi pretest dan postest guna mengetahui pengetahuan ibu-ibu mengenai budidaya tanaman secara hidroponik. Dari kegiatan ini dapat dilihat bahwa ibu-ibu cukup berminat untuk mengetahui budidaya tanaman secara hidroponik. Dimana dilihat dari hasil postest yang dilaksanakan setelah penyampaian materi dari narasumber, ibu-ibu dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan dengan jawaban yang sangat baik.

Sebagai penutup kegiatan, dilakukan penaburan atau penyebaran ikan lele ke saluran air di sekeliling kantor Badan Pusat Statistik Serdang Bedagai yang bertujuan untuk mengupayakan pemanfaatan lahan kosong atau wilayah yang berpotensi sehingga saluran air  menjadi salah satu pilihan untuk pemanfaatan budidaya ikan lele.

Redmiqq Bandarpkv Bagiqq Lonteqq Abangqq 788Bola Ligadunia365 Resmibet 66Mega
https://www.sna.org.ar/pilgub/pkvgames/ https://www.sna.org.ar/pilgub/bandarqq/ https://www.itinova.org/ftps/pkvgames/ https://www.itinova.org/ftps/bandarqq/ https://hmja-febuns.id/storebook/pkv/ https://hmja-febuns.id/storebook/bandarqq/ https://access.hmja-febuns.id/log/rejekibet/ https://access.hmja-febuns.id/log/77rabbit/ https://ebcbisnis.com/apps/pkvgames/ https://ebcbisnis.com/apps/bandarqq/ https://www.wesleyan.edu.ph/journals/pkvgames/ https://www.wesleyan.edu.ph/journals/bandarqq/ https://pkkmb.himampunj.org/ppbd/bandarqq/ https://pkkmb.himampunj.org/ppbd/dominoqq/ https://pkkmb.himampunj.org/ppbd/pkvgames/ https://pkkmb.himampunj.org/course/shitam/ https://pkkmb.himampunj.org/course/rp77/ https://pkkmb.himampunj.org/course/slot-5000/
https://smpislamsidoarjo.sch.id/apps/slot-zeus/ https://smpislamsidoarjo.sch.id/apps/pg-soft/
bandarqq pkvgames dominoqq bandarqq pkvgames dominoqq pokerqq mix-parlay slot-depo-5k/