Skip links

Unimed Adakan Kegiatan Pengimbasan Calon Penguji UKPPPG Tahun 2024

Uji Kompetensi Peserta Pendidikan Profesi Guru (UKPPPG) tahun 2024 akan dimulai pada tanggal 1 s/d 10 Juli 2024. Menindaklanjuti hal tersebut, Universitas Negeri Medan sebagai salah satu LPTK melaksanakan kegiatan pengimbasan calon penguji UKPPPG Tahun 2024, yang digelar selama dua hari, 19 – 20 Juni 2024 di Digital Library Unimed. Acara tersebut dihadiri oleh Rektor Unimed Prof. Dr. Baharuddin, M.Pd., Wakil Rektor, Dosen Pembimbing, Guru Pamong dan Sekolah Mitra.

Acara tersebut dibuka oleh Rektor Unimed, Prof. Dr. Baharuddin, M.Pd. menyampaikan Bimtek ini merupakan salah satu langkah penting dalam rangka mempersiapkan Uji Kompetensi (UKin) dan Uji Pengetahuan (UKP) Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Tahun 2024. Seperti yang kita ketahui, UKin dan UKPPPG merupakan salah satu syarat penting bagi GTK untuk mendapatkan sertifikat profesi. Oleh karena itu, peran para Penguji UKin dan UKPPPG sangatlah strategis dalam memastikan pelaksanaan Uji Kompetensi ini berjalan dengan baik, berkualitas, dan akuntabel. Acara ini dilaksanakan untuk memberikan pembekalan pengetahuan dan keterampilan kepada para Calon Penguji UKin dan UKPPPG, sehingga bapak/ibu dapat melaksanakan tugasnya dengan profesional dan berintegritas.

Dalam laporannya Koordinator PPG Unimed Prof. Dr. Fajar Apollo Sinaga, M.Si. mengatakan Kegiatan Training of Trainer (ToT) yang diselenggarakan Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) melalui Direktorat Pendidikan Guru (PPG) di Makasar pada tanggal 27 s.d. 29 Mei 2024 dan di Jakarta pada tanggal l 3l Mei s.d. 2 Juni 2024, yang diikuti 18 orang Dosen Unimed yang terdiri dari: Bimbingan dan Konseling (2); Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (3); PGSD (4); Seni Budaya (2); Pemasaran (1); Kuliner (1); Teknik Konstruksi dan Perumahan (1); Bahasa Indonesia (1); Sejarah (1); Matematika (1) Pendidikan Pancasila (1).

Sehubungan dengan itu, Universitas Negeri Medan melalui Program Studi PPG menyelenggarakan Bimbingan Teknis untuk calon penguji UKin UKPPPG. Peserta terdiri dari 69 orang Dosen meliputi Bahasa Indonesia (3); Bahasa Inggris (2); Bimbingan dan Konseling (2); Busana (2); Ekonomi (3); Kimia (1); Kuliner (1); Matematika (7); Pemasaran (2); PGSD (25); Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (7); Pendidikan Pancasila (3); Sejarah (4); Seni Budaya (5); Teknik Konstruksi dan Perumahan (2) dan 70 orang guru meliputi: Pemasaran (2); Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) (28); Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (7); Pendidikan Pancasila (3); Sejarah (3); Seni Budaya (4); Teknik Konstruksi dan Perumahan (2).

Dalam bimtek tersebut menjelaskan Kebijakan dan Penilaian UKPPPG; pembekalan penilaian perangkat pembelajaran, video praktik pembelajaran, dan wawancara; dan penjelasan aplikasi penilaian UKPPPG dan rekrutmen penguji UKPPPG. (Humas Unimed/eo)