Skip links

Tim PKM LPPM Unimed Lakukan Sosialisasi dan Pendampingan Penerapan Fitur Chatbot Telegram Sebagai Akses Informasi di YPBS

Universitas Negeri Medan (UNIMED) melalui Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat berupa sosialisasi dan pendampingan penerapan fitur chatbot sebagai akses informasi di Yayasan Pendidikan Bina Bersaudara (YPBS) yang beralamat di Jl. Tritura No.10, Titi Kuning, Kec Medan Johor, Kota Medan.(Medan, 14 Juni 2024 ).Kegiatan ini dihadiri oleh 20 siswa-siswi terpilih dari SMA dan SMK yang memiliki bakat digital.

Acara sosialisasi dan pendampingan ini bertujuan untuk mengembangkan fitur chatbot sebagai alat informasi dan promosi sekolah dilaksanakan di aula YPBS. Acara tersebut dihadiri oleh kepala sekolah SMA dan SMK YPBS, Ketua Tim Peneliti UNIMED, serta anggota dosen dan mahasiswa yang tergabung dalam tim PKM. Tim PKM tersebut diketuai oleh Ibu Rita Hartati, S.S., M. Hum, dengan anggota dosen Dr. Meisuri, M.A., Prof. Dr. Siti Aisah Ginting, M.Pd, Ariatna, S.S., M.A., Ph.D., serta anggota tim mahasiswa Kholilah Yuniar Nasution, Rani Amelia Sihite, dan Sabrina Wandani Hutabarat. Selain itu, tim IT alumni dari Universitas Triguna Dharma sebagai mitra juga turut hadir untuk memberikan dukungan teknis.

Ketua Tim PKM UNIMED, Rita Hartati dalam sambutannya menyampaikan kegiatan ini bertujuan untuk menjawab tantangan zaman pentingnya penguasaan teknologi digital khususnya fitur chatbot Telegram untuk meningkatkan akses informasi yang lebih cepat, efisien, dan tepat sasaran serta menjadi solusi inovatif yang mempermudah komunikasi antara yayasan, guru, siswa, dan orang tua. “Penerapan fitur chatbot Telegram ini tidak hanya akan membantu sekolah dalam penyebaran akses informasi, tetapi juga mengasah kemampuan digital para siswa sehingga mereka siap menghadapi tantangan di Era Society 5.0”, ujar ketua PKM.

Kegiatan ini mendapat liputan dari salah satu wartawan media  lokal MISTAR.ID yang hadir mengapresiasi upaya UNIMED dalam memberikan pendidikan yang aplikatif dan bermanfaat langsung bagi masyarakat.

Selama kegiatan, para siswa-siswi mendapatkan pelatihan intensif dari tim dosen dan mahasiswa sebagai pelaksana tim PKM UNIMED serta dukungan teknis dari tim IT alumni Universitas Triguna Dharma sebagai mitra.

Kegiatan ini telah dimulai sejak akhir bulan Mei 2024 dengan diskusi terkait pelaksanaan program, dilanjutkan dengan acara seremonial serta sosialisasi pada hari Senin, 10 Juni 2024. Pendampingan akan terus berlanjut hingga bulan September untuk menghasilkan penerapan akses informasi melalui fitur chatbot di Telegram.

Pelatihan ini meliputi pemahaman dasar tentang chatbot, cara membuat dan mengimplementasikan chatbot, serta cara memanfaatkan chatbot untuk keperluan informasi dan promosi sekolah. Pendampingan berkelanjutan nantinya akan menghasilkan penerapan fitur chatbot berupa: informasi umum sekolah, jadwal dan kalender akademik, prosedur dan pendaftaran administrasi, pertanyaan umum, kegiatan dan acara sekolah, serta konseling dan dukungan.

Kepala sekolah SMA YPBS, Ibu Iis Safari menyatakan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat bagi para siswa. Kepala sekolah SMK YPBS juga turut berpendapat, “Kami berharap setelah pelatihan ini, siswa-siswi kami dapat menghasilkan produk digital yang dapat diimplementasikan untuk memajukan sekolah dan menjadi bekal berharga bagi masa depan mereka,” ujar Bapak Muhammad Nahlan Lubis, S.kom.

Kegiatan ini merupakan bagian dari komitmen UNIMED dalam mendukung pengembangan kompetensi digital di kalangan pelajar dan diharapkan dapat menjadi contoh bagi institusi pendidikan lain untuk mengintegrasikan teknologi dalam proses pembelajaran dan manajemen informasi.(Humas Unimed)

Redmiqq Bandarpkv Bagiqq Lonteqq Abangqq 788Bola Ligadunia365 Resmibet 66Mega
https://www.sna.org.ar/pilgub/pkvgames/ https://www.sna.org.ar/pilgub/bandarqq/ https://www.itinova.org/ftps/pkvgames/ https://www.itinova.org/ftps/bandarqq/ https://hmja-febuns.id/storebook/pkv/ https://hmja-febuns.id/storebook/bandarqq/ https://access.hmja-febuns.id/log/rejekibet/ https://access.hmja-febuns.id/log/77rabbit/ https://ebcbisnis.com/apps/pkvgames/ https://ebcbisnis.com/apps/bandarqq/ https://www.wesleyan.edu.ph/journals/pkvgames/ https://www.wesleyan.edu.ph/journals/bandarqq/ https://pkkmb.himampunj.org/ppbd/bandarqq/ https://pkkmb.himampunj.org/ppbd/dominoqq/ https://pkkmb.himampunj.org/ppbd/pkvgames/ https://pkkmb.himampunj.org/course/shitam/ https://pkkmb.himampunj.org/course/rp77/ https://pkkmb.himampunj.org/course/slot-5000/
https://smpislamsidoarjo.sch.id/apps/slot-zeus/ https://smpislamsidoarjo.sch.id/apps/pg-soft/
bandarqq pkvgames dominoqq bandarqq pkvgames dominoqq pokerqq mix-parlay slot-depo-5k/