Skip links

Tim PKM Unimed Lakukan Pendampingan Pengelolaan Objek Wisata Permandian Alam Namu Sira Sira

Sektor pariwisata menjadi salah satu sektor yang terus diperhatikan oleh pemerintah untuk mendorong perekonomian masyarakat sekitar objek wisata. Masyarakat yang terlibat memperoleh banyak keuntungan dari sektor ini. Di pemandian alam Namu Sira Sira masyarakat terlibat dalam pengelolaan objek wisata pemandian alam Namu Sira Sira, ada yang menjadi penyedia pondok, penjual makanan, jasa penyewaan ban untuk pelampung bagi wisatwan yang ingin merasakan sensasi mengarungi sungai dengan ban, dan sebagai pengelola parkir, serta pengelola MCK. Namun dalam perjalanan pengelolaan objek  wisata pemandian alam Namu Sira Sira banyak permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat, seperti pola pengelolaan kebersihan, pengelolaan keuangan, dan pemasaran secara media sosial.

 Berangkat dari permasalahan di atas tim pengabdi Fakultas Ilmu Keolahragaan Unimed, merasa terpanggil untuk melakukan pendampingan pengelolaan objek wisata pemandian alam Namu Sira Sira, yang mendapatkan dukungan dari Unimed. Kegiatan PKM ini di ketuai oleh Bapak Ade Ros Riza, S.Pd., M.Pd, dan  beranggotakan Bapak Prof.Dr.Budi Valianto, M.Pd, Deni Rahman Marpaung, S.Pd., M.Or, dan Hendra Saputra, SE, M.Si., serta dibantu oleh 5 orang mahasiswa. Kegiatan diawali dengan pertemuan dengan seluruh pengelola objek wisata Namu Sira Sira, baik penyedia jasa pondok, parkir, penyewaan ban, dan penjual makanan.

Kegiatan  dilaksanakan pada hari Minggu 16 Juni 2024, bertempat di Aula bendungan Namu Sira Sira. Saat menyapaikan kata sambutan Bapak Ade Ros Riza, S.Pd, M.Pd, menyampaikan bahwa kegiatan ini dilaksanakan untuk mendukung pengelola objek wisata dalam pengelolaan kebersihan, pemasaran dengan menggunakan akun media sosial. Beliau berharap dari kegiatan yang dilaksanakan tingkat kunjungan wisatawan yang berkunjung akan semakin meningkat, kebersihan, keamanan, yang dihadirkan oleh pengelola dapat memberikan kenyamanan bagi wisatawan.

Harapan beliau kepada seluruh pengelola bahwa penting sekali untuk memberikan keramah tamahan bagi setiap wisatawan yang hadir serta kepastian harga dari setiap jasa yang ditawarkan. Disampaikan  bahwa kegiatan ini didukung penuh oleh bapak Prof.Dr. Baharuddin, S.T., M.Pd sebagai Rektor Unimed, melalui program pengabdian  LPPM Unimed. Mewakili pihak pengelola Bapak Samudera Sinulingga, menyampaikan ucapan terimakasih kepada bapak Rektor Unimed dan LPPM Unimed terkhusus tim PKM yang telah memberikan perhatian kepada objek wisata Namu Sira Sira.

Beliau menyampaikan banyak masyarakat yang terbantu secara ekonomi dengan adanya objek wisata ini. Dan akhir akhir ini mereka merasa kunjungan wisatawan tidak seramai dulu, hal ini mungkin akibat kurangnya promosi yang mereka lakukan melalui media sosial, dan ada akses jalan menuju objek wisata yang belum di aspal. Beliau berharap dengan diadakannya kegiatan ini tingkat kunjungan wisatawan akan kembali seperti dulu.

Di akhir kegiatan pembukaan tim PKM menyerahkan bantuan peralatan kebersihan yang diserahkan langsung kepada pengelola objek wisata Namu Sira Sira yang diwakili oleh bapak Samudera Sinulingga.(Humas Unimed)