Skip links

Tim PKM LPPM UNIMED Optimalisasi Pembelajaran Diferensiasi Berbasis Projek untuk Mengakselerasi Kurikulum Merdeka di SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan

Tim Program Kemitraan Masyarakat (PKM) dari Universitas Negeri Medan (UNIMED) melaksanakan kegiatan Optimalisasi Pembelajaran Diferensiasi Berbasis Projek untuk Mengakselerasi Kurikulum Merdeka di SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan.

Kegiatan pelaksanaan diketua Dr. Rita Juliani, M. Si. bersama anggota tim Dr. Rahmatsyah, M. Si, Dr. Agung Setia Batu Bara, S. Pi, Budiman Nasution, S.Pd., M. Si, Rajo Hasim Lubis, S. Pd., M. Pd , mahasiswa dan Dr. Ridwan A. Sani, M. Si. sebagai narasumber serta guru-guru dari MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran) Fisika, Biologi, Kimia dan Matematika SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan sebagai peserta.

Ketua tim pengabdian Dr. Rita Juliani, M. Si. dalam sambutannya menyampaikan bahwa pentingnya pemberdayaan guru sebagai kunci sukses implementasi Kurikulum Merdeka. Kreativitas dan kebebasan guru menjadi poin sentral dalam menyesuaikan media, bahan ajar, model pembelajaran sesuai dengan minat siswa (berdiferensiasi).Pembelajaran diferensiasi memberikan beragam cara memahami informasi baru untuk semua siswa dalam komunitas ruang kelasnya yang beraneka ragam, termasuk cara untuk mendapatkan konten; mengolah, membangun, atau menalar gagasan; dan mengembangkan produk pembelajaran dan ukuran penilaian sehingga semua siswa di dalam suatu ruang kelas yang memiliki latar belakang kemampuan beragam bisa belajar dengan  efektif.

Kepala sekolah SMAN 1 Percut Sei Tuan, Bapak Drs. Awaluddin, M.S., menyambut baik kegiatan pengabdian ini. Beliau menyatakan: “sebagai kepala sekolah saya merasa bangga dan bersyukur atas terselenggaranya kegiatan optimalisasi pembelajaran diferensiasi berbasis projek ini. Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk komitmen Unimed dalam meningkatkan kualitas pendidikan dengan adanya media ini dapat mengoptimalisasi dan meningkatkan kualitas pendidikan dalam proses pembelajaran di sekolah SMAN 1 Percut Sei Tuan”

Kegiatan yang dilakukan oleh Tim PKM melalui tahapan sosialisasi, pelatihan, dan pendampingan serta akan dilaksanakan monitoring. Tahapan sosialisasi dilakukan penyampaian materi tentang pembelajaran berdiferensiasi dan bagaimana pembelajaran diferensiasi berbasis projek untuk mengakselerasi kurikulum merdeka. Kegiatan dilanjutkan dengan tahapan pelatihan yang meliputi pembuatan media pembelajaran berdiferensiasi berbasis projek. Tahapan pendampingan, tim PKM Unimed mendampingi peserta dalam proses pembuatan media pembelajaran berdiferensiasi.

Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan dampak positif dalam meningkatkan kompetensi guru-guru Fisika, Biologi, Kimia dan Matematika di SMAN 1 Percut Sei Tuan, sehingga mampu menerapkan pembelajaran diferensiasi berbasis projek dan mendukung implementasi kurikulum merdeka dengan lebih efektif. Sebagai penutup Tim PKM Unimed mengucapkan terimakasih kepada LPPM Unimed atas dukungan dan fasilitas yang diberikan sehingga kegiatan dapat terlaksana dengan baik. (Humas Unimed)