Skip links

Tim PKM LPPM Unimed Berikan Pelatihan dan Pendampingan Pengelolaan Manajemen Laboratorium Kimia di SMAS Cerdas Murni

Tim Program Kemitraan Masyarakat (PKM) LPPM Universitas Negeri Medan melakukan kegiatan pengabdian masyarkat dengan memberi pelatihan dan pendampingan  Pengelolaan Manajemen Laboratorium Kimia Di SMA Swasta Cerdas Murni, beralamat di Jln Beringin Pasar VII No.33 Tembung. Kec. Percut Sei Tuan, Kab. Deli Serdang Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 13 Juni 2023 dengan ketua Dr.Ir.Nurfajriani, M.Si dan beranggotakan Dr. Ahmad Nasir Pulungan, M.Sc, Prof. Dr. M. Yusuf, M.Si, Dr. Herlinawati, M.Si dan Dr. Ajat Sudrajat, M.Si., serta melibatkan beberapa mahasiswa dari Jurusan kimia FMIPA Unimed. Kegiatan ini diikuti oleh Guru-guru sains dibidang Kimia, Biologi dan Fisika SMA Swasta Cerdas Murni. Adapun tujuan kegiatan ini yaitu meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan mitra dalam Pengelolaan Manajemen Laboratorium dan Optimalisasi Mutu Pelaksanaan Praktikum Kimia. Tertatanya peralatan dan bahan-bahan kimia serta administrasi laboratorium dengan baik.Tersedianya penuntun praktikum yang sesuai dengan alat bahan yang ada disekolah mitra. Memberi solusi kepada mitra untuk memaksimalkan kegiatan praktikum dalam upaya meningkatkan mutu pengajaran.

Kegiatan Pelatihan dan Pendampingan ini dihadiri oleh Kepala Sekolah SMAS Cerdas Murni yaitu Ibu Erlina, M.Pd. Dalam sambutannya beliau menyampaikan terimakasih kepada Tim LPPM Unimed yang dengan antusias memberikan tambahan pengetahuan kepada Guru-guru sains di SMA Swasta Cerdas Murni. Harapannya Guru-guru yang mengikuti kegiatan ini dapat menyerap materi dengan baik sehingga kedepannya dapat menerapkannya dalam pengelolaan dan penggunaan Laboratorium khususnya laboratorium sains, di SMAS Cerdas Murni tersedia 4 ruangan laboratorium, yaitu laboratorium Sains, laboratorium komputer, dan laboratorium bahasa, dan laboratorium audiovisual.

Sementara itu Ketua kegiatan Dr.Ir.Nurfajriani, M.Si dalam paparannya menyampaikan bahwa pada pembelajaran sains khususnya pada pembelajaran  kimia disetiap jenjang pendidikan, kegiatan praktikum kimia merupakan kegiatan yang sangat penting. Pelaksanaan kegiatan praktikum memerlukan ruang laboratorium, perlengkapannya serta pengelolaan yang baik sehingga kegiatan praktikum dapat terlaksana dengan optimal, dengan pentingnya laboratorium dalam pembelajaran kimia maka berbagai upaya untuk optimalisasi penggunaan laboratorium perlu dilakukan. Cara yang dapat dilakukan untuk optimalisasi pemakaian laboratorium adalah dengan pengelolaan manajemen laboratorium yang baik dan melengkapi sarana seperti peralatan laboratorium serta bahan-bahan kimia serta perangkat administrasi lainnya dengan memperhatikan keselamatan dan kesehatan kerja (K3) di laboratorium.

TIM PKM Unimed bersama mitra melakukan kegiatan evaluasi secara langsung di Laboratorium Kimia dan sains. Hal-hal yang dilakukan antara lain: a) Pendataan dan Penataan alat – alat kimia sesuai dengan karakteristiknya dengan mempertimbangkan keselamatan dan kesehatan kerja di laboratorium, b)Pendataan dan Penataan bahan kimia sesuai dengan karakteristiknya dengan mempertimbangkan keselamatan dan kesehatan di laboratorium kimia c) Penyusunan kartu alat kimia yang akan memperlihatkan ketersediaan dan keberadaan peralatan di laboratorium dan d) Penyusunan kartu bahan kimia yang akan memperlihatkan ketersediaan dan keberadaan peralatan di laboratorium, 5) Optimalisasi pelaksanaan praktikum sesuai dengan ketersediaan alat dan bahan kimia yang ada di laboratorium sekolah mitra melalui penggunaan penuntun praktikum kimia smart ramah lingkungan.  Kegiatan ini diikuti oleh  guru-guru dengan sangat antusias, guru terlibat aktif dalam perbaikan pengelolaan manajemen laboratorium dan optimalisasi mutu pelaksanaan praktikum kimia.(Humas Unimed)