Skip links

Tim PKM FIK UNIMED Berikan Pendampingan Penyusunan Portofolio Olahraga Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri

Kewajiban tugas Tri Dharma Perguruan Tinggi salah satunya yaitu pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh Tim Dosen Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Medan di tiga Kabupaten Kota di Provinsi Sumatera Utara meliputi, Kota Pematang Siantar, Kabupaten Batubara dan Kabupaten Asahan. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan pada tanggal 27 April 2024 yang dilakukan oleh tim dosen FIK Unimed yaitu : Prof. Dr. Imran Akhmad, M.Pd (Ketua Tim), Drs. Zulfan Heri, M.Pd, Dr. Hariadi, M.Kes., AIFO, Dr. Novita, M.Pd.

Pada kegiatan pengabdian yang dilaksanakan tim pengabdi  ini bertemakan “Pendampingan Penyusunan Portofolio Olahraga Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri Pada MGMP Olahraga di Kota Pematang Siantar, Kabupaten Batubara dan Kabupaten Asahan Provinsi Sumatera Utara. Pengabdian ini didasari oleh minimnya tingkat kelulusan masuk Perguruan Tinggi Negeri di Fakultas Ilmu Keolahragaan terkhusus di Provinsi Sumatera Utara.

Seperti yang kita ketahui jalur untuk masuk ke Perguruan Tinggi Negeri melalui tiga jenis proses penerimaan diantaranya melalui SNBP, SNPMB, dan SMPMB. Pada penerimaan mahasiswa di jurusan olahraga dan seni salah satu proses penilaiannya menggunakan portofolio yang nantinya menjadi salah satu syarat wajib dari kelulusan bagi calon mahasiswa yang ingin mendaftar di jurusan tersebut.

Hal yang mendasari permasalahan mitra terhadap minimnya tingkat kelulusan calon mahasiswa yang memilih jurusan olahraga diantaranya dalam proses pembuatan portofolio olahraga bagi siswa banyak yang kurang tepat, hal ini dikarenakan (1) kurangnya pemahaman siswa mengetahui hal apa saja yang menjadi persyaratan dalam pengisian portofolio olahraga. (2) Kurangnya pemahaman guru sebagai pemandu pelaksanaan pembuatan video portofoio olahraga (3) banyaknya siswa yang salah dalam menyusun portofolio olahraga yang akan di upload pada aplikasi pendaftaran. (4) Serta banyaknya siswa yang salah dalam pengisian dan penyusunan borang isian portofolio seperti data kesehatan, data keterampilan motorik, dan bukti raihan prestasi.

Beranjak dari permasalahan tersebut kegiatan pengabdian yang dilaksanakan ini melakukan pendampingan kepada 10 orang guru di tingkat SMA dan SMK di masing-masing Kota Pematang Siantar, Kabupaten Batubara dan Kabupaten Asahan yang menjadi lokasi pengabdian.

Pada kesempatan ini Prof. Dr. Imran Akhmad, M.Pd dan Tim Pengabdi lainnya menyampaikan rangkaian kegiatan pengabdian ini terdapat 3 kegiatan penting yang menjadi titik fokus tim pengabdian, yaitu; 1) melakukan pendampingan pada guru-guru PJOK tata cara penyusunan portofolio olahraga, (2) melakukan pendampingan terhadap pengetahuan dan keterampilan guru dalam pelaksanaan serta perekaman praktek portofolio olahraga, (3) melakukan pendampingan cara menginput borang isian dan video rekaman portofolio olahraga kedalam aplikasi portofolio.

Pada sesi akhir kegiatan pengabdian, tim pengabdi menyampaikan harapan yang besar kepada guru-guru PJOK yang telah mendapatkan pendampingan penyusunan portofolio ini nantinya akan menyebarluaskan kegiatan pendampingan yang mereka dapati dari tim pengabdi kepada teman-teman guru olahraga lainnya yang ada di masing-masing Kota Pematang Siantar, Kabupaten Batubara dan Kabupaten Asahan guna untuk mendampingi siswa yang ingin masuk Perguruan Tinggi Negeri di jurusan olahraga terkhusus di FIK Unimed. (Humas Unimed)

https://qhnbld.com/

https://securityinmanchester.com/

https://visitnaantalifinland.com/

https://chicharones.com/

https://mastasoft.com/

https://richfieldretirement.com/

https://newingtonforest.com/

https://mygreekislandsgrill.com/

https://lottiesadventure.com/

https://kimonokinbeckley.com/

https://gutterhelmetflorida.com/

https://cosmeticsurgeryinformation.com/

https://midwestselectinns.com/

https://bikramcharleston.com/

https://mysticeyetattoo.com/

https://bellevueautohouse.com/

https://cyberbesttech.com/

https://joshrigsbyphotography.com/

https://fermentmanagement.com/

https://proteamcalendars.com/

https://simpek-bbgpjabar.kemdikbud.go.id/daftar/

https://busybibles.com/

https://zerotensionmouse.com/