Skip links

Tim Dosen Unimed Berikan Pendampingan Kader BKL dalam Pembuatan Modul dan Buku Fasilitator SMART

Tim dosen Unimed melaksanakan kegiatan Pengabdian Kemitraan Masyarakat dengan melakukan pendampingan kader BKL (Bina Keluarga Lansia) dalam pembuatan modul serta buku fasilitator Lansia SMART di Desa Tandem Hulu II Kecamatan Hamparan Perak Kabupaten Deli Serdang yang dilaksanakan pada tanggal 20 Mei 2024 serta 6 Juni 2024.

Kegiatan ini merupakan salah satu upaya dalam meningkatkan ketahanan keluarga lansia sehingga lansia tidak menjadi generasi Sandwish yang dapat membebani keluarganya. Ketua pelaksana kegiatan adalah Dra. Nurmala Berutu, M.Pd (Dosen Pendidikan Geografi), dengan 3 Dosen sebagai anggota pelaksana yaitu Hodriani, S.Sos., M.AP., M.Pd (Dosen Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan), Dr. Diky Setya Diningrat, S.Si., M.Si (Dosen Biologi), Dra. Ana Rahmi, M.Pd (Dosen Pendidikan Tata Boga),dibantu Oleh mahasiswa yaitu Junaidi (Mahasiswa Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan). Kegiatan ini diikuti oleh 50 Peserta yang terdiri dari Perangkat Desa Tandem Hulu II, BKL, peserta sekolah lansia Angkatan 1,Bidan Desa,dan Lansia di Desa Tandem Hulu II.

Pada tanggal 20 Mei 2024, tim dosen Unimed melaksanakan kegiatan sosialisasi pengenalan program dan memberikan pendampingan awal kepada Kader BKL terkait pembuatan modul Lansia SMART serta Buku Fasilitator Lansia SMART. Selain itu, tim dosen juga memberikan pendampingan dalam pembuatan media pembelajaran yang menarik untuk disajikan dalam pembelajaran sekolah lansia. Beberapa media yang diberikan pendampingan meliputi media berbasis video pembelajaran dan media evaluasi pembelajaran berupa kartu berbicara, teka-teki silang, mencocokkan gambar, ular tangga, flash card (kartu pernyataan benar-salah), word search (mencari kata), dan group sort (mengelompokkan pernyataan).

Pada tanggal 6 Juni 2024, tim dosen Unimed melaksanakan kegiatan sosialisasi untuk lansia di Desa Tandem Hulu II. Kegiatan ini diawali dengan sambutan dari Suhardi, Kepala Desa Tandem Hulu II, yang kemudian dilanjutkan oleh Hodriani, S.Sos., M.AP., M.Pd., mewakili Ketua Pelaksana PKM, Dra. Nurmala Berutu, M.Pd. Hodriani menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pendampingan kepada Kader BKL dalam menyusun dan merancang pembelajaran menarik di Sekolah Lansia.

Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari program BKKBN yang telah menginisiasi Sekolah Lansia angkatan pertama di Desa Tandem Hulu II.Diharapkan, dengan adanya pendampingan ini, Desa Tandem Hulu II dapat melanjutkan program ini untuk angkatan berikutnya. Dosen Unimed telah membuat modul Lansia SMART,Buku Fasilitator Lansia SMART,media pembelajaran berbasis video,serta media berbasis permainan yang dapat memberikan inovasi pembelajaran menarik diSekolah Selaras Desa Tandem Hulu II.

Hodriani juga mengimbau agar Kepala Desa Tandem Hulu II mengoptimalkan fungsi dan peran masing-masing Kader BKL serta Sekolah Lansia Selaras yang telah dibentuk oleh BKKBN Sumut.Hal ini dilakukan dengan membangun sinergi, kolaborasi, kebersamaan, dan menjalin jejaring yang ada,sehingga program dapat berjalan sesuai harapan bersama dan mewujudkan Lansia tangguh di Desa Tandem Hulu II.

Kemudian, kegiatan dilanjutkan dengan senam bersama yang diikuti oleh BKL, lansia Desa Tandem Hulu II, dan para dosen Unimed. Setelah senam, acara berlanjut dengan pengecekan kesehatan lansia, yang meliputi pemeriksaan tekanan darah dan kadar gula darah. Pengecekan ini bertujuan untuk memantau kondisi kesehatan para lansia secara rutin dan memberikan rekomendasi kesehatan yang sesuai.

Acara selanjutnya adalah penyampaian materi yang melibatkan dua narasumber. Narasumber pertama adalah perwakilan dari PKB Tandem Hulu II yang membawakan materi dengan tema “7 Dimensi Lansia Tangguh”. Narasumber kedua adalah tim dari Unimed yang menjelaskan Modul Lansia SMART dan Buku Fasilitator Lansia SMART. Presentasi dari tim Unimed dilanjutkan dengan mempraktikkan aktivitas dari setiap dimensi menggunakan media permainan yang telah disiapkan oleh dosen Unimed.

Para peserta kemudian dibagi menjadi tujuh kelompok, masing-masing kelompok mewakili satu dari tujuh dimensi aktivitas lansia yang akan dimainkan secara langsung oleh para lansia. Aktivitas ini menunjukkan bahwa para lansia merasa gembira dan senang dengan adanya kegiatan ini, terlihat dari antusiasme dan partisipasi aktif mereka dalam setiap permainan yang dilakukan.

Acara dilanjutkan dengan penyerahan peralatan oleh Hodriani, S.Sos., M.AP., M.Pd. kepada Suhardi, Kepala Desa Tandem Hulu II, didampingi oleh Ketua BKL, Ibu Hamidah. Peralatan yang diserahkan meliputi Buku Modul Lansia SMART, Buku Fasilitator Lansia SMART, video pembelajaran 7 Dimensi Lansia Tangguh, dan media pembelajaran 7 Dimensi Lansia Tangguh seperti kartu berbicara, teka-teki silang, mencocokkan gambar, ular tangga, flash card (kartu pernyataan benar-salah), word search (mencari kata), dan group sort (mengelompokkan pernyataan). Selain itu, diserahkan juga lemari kayu, container plastik, papan tulis, penghapus, spidol, pulpen, pensil, pensil warna, serta pemasangan plang sebagai penanda bahwa dosen Unimed melaksanakan PKM di Desa Tandem Hulu II.

Semua peralatan ini akan digunakan oleh BKL untuk membantu keberlanjutan kegiatan Sekolah Lansia dalam meningkatkan ketahanan keluarga lansia di Desa Tandem Hulu II. Pada saat penyerahan alat, disampaikan pesan agar peralatan tersebut dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya, dirawat dengan baik, dan digunakan secara optimal untuk mendukung berbagai aktivitas pembelajaran. Dengan demikian, harapannya adalah peralatan ini tidak hanya bermanfaat dalam jangka pendek, tetapi juga dapat digunakan secara berkelanjutan untuk meningkatkan kualitas hidup para lansia dan memperkuat komunitas keluarga di desa tersebut.(Humas Unimed)

https://qhnbld.com/

https://securityinmanchester.com/

https://visitnaantalifinland.com/

https://chicharones.com/

https://mastasoft.com/

https://richfieldretirement.com/

https://newingtonforest.com/

https://mygreekislandsgrill.com/

https://lottiesadventure.com/

https://kimonokinbeckley.com/

https://gutterhelmetflorida.com/

https://cosmeticsurgeryinformation.com/

https://midwestselectinns.com/

https://bikramcharleston.com/

https://mysticeyetattoo.com/

https://bellevueautohouse.com/

https://cyberbesttech.com/

https://joshrigsbyphotography.com/

https://fermentmanagement.com/

https://proteamcalendars.com/

https://busybibles.com/

https://zerotensionmouse.com/

https://sockatyes.com/