Skip links

Eksplorasi Produk Perkuliahan Bioentrepreneurship Layak Masuk Dunia Industri

Tim Dosen bersama Tim Projek Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi FMIPA Unimed menyelenggarakan Acara Pameran Produk Bioentrepreneurship yg mengusung tema “Eksplorasi Pembelajaran Bioentrepreneurship Pada Mahasiswa”. Acara ini diselenggarakan selama 1 hari di Gedung Biologi Lantai 2 FMIPA Unimed pada kamis 6 Juni 2024. Tim Dosen yang tergabung dalam mata kuliah Bioentrepreneurship diantaranya Amrizal, M.Pd, Sailana Mira Rangkuty, M.Pd, Rizal Mukra, M.Pd dan Suci Rahmawati, M.Pd.

Acara ini dimulai dengan kata sambutan dari ketua tim dosen yaitu bapak Amrizal, M. Pd. Dalam sambutannya bapak Amrizal, M.Pd menyampaikan bahwasannya mata kuliah Bioentrepreneurship sangatlah penting untuk di kembangkan terutama pada mahasiswa. Hal ini guna menggali rasa ingin tahu mahasiswa untuk mengidentifikasi kondisi lingkungan sekitar, menciptakan peluang kewirausahaan baru yang berlandaskan pada ilmu pengetahuan serta mempelajari inovasi dalam produk atau jasa yang dibutuhkan pada dunia industri dan dunia usaha. Kewirausahaan perlu ditingkatkan guna mengantisipasi rendahnya daya serap lapangan kerja dimasa depan.

Pada acara pameran tersebut terdapat berbagai produk yang mahasiswa diantaranya Tapicon foam (biofoam dari tongkol jagung), Kipasta (Keripik Ampas Tahu), Lotion Amuser (Lotion Anti Nyamuk bahan Sereh), SenCkeh (Pasta gigi herbal bahan cangkang telur dan bunga cengkeh), Zallacatea (Teh kulit salak), Bromelinggloss (Sabun cuci piring dari kulit buah nanas), Eco-Candle (Lilin Aroma terapi dari minyak jelantah) dan lainnya.

Sailana Mira Rangkuty, M.Pd mengapresiasi berbagai produk yang telah dihasilkan sebagai hasil Kerjasama yang baik dari berbagai tim. Kami menyadari masih ada berbagai hal yang harus dievaluasi dan dikembangkan demi produk yang lebih relevan dan tepat guna dimasa depan. Kehadiran mahasiswa yang hadir pada pameran untuk memberikan penilaian yang dapat menggambarkan masukan dan harapan dari masyarakat. Harapannya kedepan mahasiswa tidak hanya dapat menciptakan barang yang lebih tepat guna namun juga dapat mengelola dari limbah yang tidak terpakai menjadi barang yang bermanfaat

“Kegiatan pameran mata kuliah Bioentrepreneurship ini bagus untuk para mahasiswa karena kegiatan ini bener-bener mengasah pola pikir kami. mulai dari pencarian ide akan membuat produk apa sampai pada akhirnya bagaimana cara mempromosikan barang tersebut agar diterima oleh pasaran. Kegiatan ini juga mendapatkan banyak evaluasi yang sudah diberikan oleh tim dosen penilai dan teman-teman mahasiswa lainnya. Hal ini guna meningkatkan kualitas produk” ujar Komting PSPB 21 E, Nanda Puspita Sari.

Dilanjutkan oleh Komting PSM 23 D, Irfan. ”Pengalaman saya dalam menghadiri acara pameran mata kuliah biologi entrepreneurship sangatlah memuaskan. Melihat berbagai produk inovatif yang dipamerkan oleh para mahasiswa dalam bidang biologi. Hal ini telah memberi saya wawasan yang mendalam tentang potensi dan kemungkinan yang ada di biologi entrepreneurship. Selama berkeliling di pameran, saya mendapat kesempatan untuk berinteraksi langsung dengan para pembuat produk dan mendengarkan cerita di balik penciptaan produk mereka. Melihat semangat dan dedikasi mereka untuk menciptakan solusi-solusi baru dalam berbagai bidang untuk bisa dibawa menjadi produk komersil.”

Dekan FMIPA Dr. Ani Sutiani, M.Si, sangat mengapresiasi kegiatan pameran mata kuliah entrepreneurship yang diselenggarakan tim dosen dan mahasiswa di Jurusan Biologi FMIPA Unimed, karya produk-produk perkuliahan yang ditampilankan sungguh sangat bagus, dan ini mencermintakn bahwa perkuliahan yang dilaksanakan para dosen bersama mahasiswa telah berhasil menghasilkan berbagai inovasi karya kreativitas mahasiswa didasarkan proses perkuliahan yang telah dilakukan. Kami pimpinan fakultas akan terus mendorong agar semua proses perkuliahan harus dapat menghasilkan projek yang diselaraskan dengan dunia kerja, industri dan usaha, agar mendorong mahasiswa untuk terus mempersiapkan diri memasuki dunia kerja setelah selesai studi nanti. Jika setiap perkuliahan memiliki projek yang mampu mengasah kreativitas dan inovasi para mahasiswa dalam menghasilkan karya yang bisa dikolaborasikan dengan dunia luar kampus, tentu efek positifnya akan lebih mendorong mahasiswa untuk lebih trampil, dan juga dapat mempersiapkan mahasiswa untuk lulusan yang siap berwirausaha diberbagai bidang sesuai ilmu yang ditekuni.(Humas Unimed)

https://qhnbld.com/

https://securityinmanchester.com/

https://visitnaantalifinland.com/

https://chicharones.com/

https://mastasoft.com/

https://richfieldretirement.com/

https://newingtonforest.com/

https://mygreekislandsgrill.com/

https://lottiesadventure.com/

https://kimonokinbeckley.com/

https://gutterhelmetflorida.com/

https://cosmeticsurgeryinformation.com/

https://midwestselectinns.com/

https://bikramcharleston.com/

https://mysticeyetattoo.com/

https://bellevueautohouse.com/

https://cyberbesttech.com/

https://joshrigsbyphotography.com/

https://fermentmanagement.com/

https://proteamcalendars.com/

https://busybibles.com/

https://zerotensionmouse.com/

https://sockatyes.com/