Skip links

Dosen Unimed Tingkatkan Kemampuan Guru-Guru SMPN 4 Binjai Dalam Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Media Sosial

Tim Abdimas Universitas Negeri Medan melakukan kegiatan pengabdian di SMP Negeri 4 Binjai. Pengabdian kali ini diketuai oleh Juli Rachmadani Hasibuan, SS., M.Hum beserta anggota Dr. Eng. Mansur AS., M.Kom, Prof. Dr. Indra Kasih, M.Or, Nazlah Syahaf Nasution, SS., M.Li dan Mahasiswa/i Prodi Sastra Inggris yang juga merupakan anggota Pengabdian Masyarakat ini. Tujuan pengabdian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan guru-guru SMP Negeri 4 Binjai dalam pembuatan media pembelajaran berbasis media sosial. Kegiatan PKM ini dilaksanan selama 3 hari dimulai tanggal 06-08 Juni 2024. Yang menjadi peserta dalam kegiatan ini adalah guru-guru mata pelajaran SMP Negeri 4 Binjai sebanyak 25 orang.

Sebelum kegiatan ini dilakukan, peserta belum optimal memanfaatkan media sosial (telegram, Whatshapp dan Istagram) sebagai media pembelajaran interaktif. Selama ini media ini digunakan peserta hanya sebagai alat komunikasi. Padahal berdasarkan hasil-hasil penelitian pemanfaatan media sosial sebagai media pembelajaran terbukti dapat mempengaruhi peningkatan motivasi belajar siswa, selain daripada itu aplikasi media sosial termasuk aplikasi yang paling tinggi digunakan peserta didik melalui handphone android. Inilah yang menjadi alasan kegiatan ini dilaksanakan dengan harapan guru-guru di SMP Negeri 4 Binjai mampu membuat media pembelajaran beRbasis media sosial dan menerapkannya dalam pembelajaran. Kegiatan abdimas ini dilakukan empat tahap yaitu tahap pertama, orientasi materi secara mandiri (peserta dibekali pengetahuan konseptual media pembelajaran berbasis media sosial). Tahap kedua penguatan pemahaman dan pengembangan (secara terbimbing peserta membuat media sosial sebagai media pembelajaran berdasarkan konteks mata pelajaran masing-masing. Tahap ketiga simulasi (peserta mencoba menampilkan media pembelajaran yang dibuat dan menerapkannya). Tahap keempat refleksi dan evaluasi. Di akhir kegiatan secara simbolis tim abdi menyerahkan buku panduan pembuatan media pembelajaran berbasis media sosial, diharapkan melalui buku ini dapat menjadi petunjuk bagi peserta yang ingin mengembangkannya.

Antusias peserta mengikuti kegiatan ini sangat baik, hal ini dapat dilihat dari keaktifan guru guru di kgiatan ini. Kemudian berdasarkan hasil evaluasi, kegiatan ini sangat bermanfaat bagi peserta diantaranya menambah khasanah pengetahuan dan kemampuan guru dalam mengembangan media sosial sebagai media pembelajaran. Bapak Yudhi Arisetiawan Siregar, S.Pd., MM selaku kepala sekolah menyampaikan banyak terima kasih kepada tim Abdimas Universitas Negeri Medan yang telah membimbing kami, memberikan sesuatu yang sangat kami butuhkan dan berharap tahun-tahun berikutnya kegiatan-kegiatan yang relevan dapat kembali dilakukan di sekolah kami agar kami tetap update mengikuti perkembangan pendidikan khususnya media pembelajaran, Ujar bapak Yudhi.(Humas Unimed)