Skip links

UNIMED Sukses Laksanakan Pergelaran Karya Proyek Kepemimpinan PPG Prajabatan Gelombang I Tahun 2023

Program Studi Profesi Pendidikan Guru Universitas Negeri Medan (PPG UNIMED) melaksanakan Pergelaran Hasil Karya Mata Kuliah Proyek Kepemimpinan PPG Prajabatan Gelombang I Tahun 2023/2024. Acara yag berlangsung di Gedung Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd. FMIPA di hari Jumat (07/06/2024) diikuti oleh tujuh program studi.

Dalam laporannya Koordinator PPG Prof. Fajar Apolo Sinaga. Ia menyampaikan apresiasi dan harapannya terhadap karya-karya yang dipamerkan oleh para mahasiswa. “Pameran ini diikuti oleh 185 mahasiswa dari 7 prodi Bimbingan Konseling, PJK, Matematika dan lainnya. Mahasiswa dibagi menjadi 20 kelompok yang ditempatkan pada 19 mitra. Pergelaran Hasil Karya ini merupakan bagian dari ujian akhir mahasiswa yang merupakan dari mata kuliah proyek kepimpinan,” ujar Prof. Fajar.

Acara secara resmi kemudian dibuka oleh Wakil Rektor I Bidang Akademik UNIMED Dr. Abil Mansyur, M.Si. Dalam sambutannya Wakil Rektor I menyampaikan bahwa Mata Kuliah Proyek Kepemimpinan merupakan bagian dari proyek mata kuliah inti. “MK Proyek Kepemimpinan Ini merupakan tahap terakhir dari pembelajaran ppg. Karya adik-adik ini akan dinilai dan hasilnya akan jadi nilai di mata kuliah,” ujar Dr. Abil Mansyur.

Lanjutnya Wakil Rektor I menjelaskan bahwa Mata kuliah ini dirancang untuk membekali mahasiswa menjadi pemimpin dalam pembelajaran dan agen perubahanan di dunia pendidikan. Kenapa menjadi agen perubahan karena perubahan itu dapat dimulai dari kelas. Karena prioritas adik-adik setelah lulus dari PPG ini adalah menjadi seorang guru, sebagai seorang guru yang melakukan pembelajaran di kelas dan di kelas awal dilakukan perubahan, mulai dari mindset, pembelajaran dan lainnya.

““Proyek Kepemimpinan diharapkan dapat memberikan manfaat bagi para mahasiswa dalam mengembangkan kemampuan kepemimpinan dan menjadi bekal dalam menjalankan tugasnya sebagai guru profesional di masa depan,” tutup Dr. Abil.

Acara Pergelaran Karya Mata Kuliah Proyek Kepemimpinan ini tidak hanya untuk memamerkan hasil karya dari mahasiswa, tetapi juga sebagai bukti komitmen UNIMED dalam menghasilkan perubahan di dunia pendidikan melalui sekolah.(Humas Unimed/zr)