Skip links

Dosen UNIMED Kembangkan Kompetensi Guru SMP di Kecamatan Labuhan Deli Pada Materi Kultur Jaringan  

Dalam rangka mentransfer IPTEKS kepada masyarakat dan pemenuhan Tridharma Perguruan Tinggi, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Negeri Medan (UNIMED) memberikan pelatihan teori dan praktik kultur jaringan kepada mitra SMP di wilayah Kecamatan Labuhan Deli, Kabupaten Deli Serdang. Kegiatan Pengabdian Masyarakat (PKM) yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru-guru IPA tentang Bioteknologi khususnya materi Kultur Jaringan didanai oleh dana PNBP UNIMED Tahun 2024. Kegiatan PKM dilaksanakan di Lab. Kultur Jaringan Tanaman, Yayasan Pendidikan Islam Yahdi yang beralamat di Jl. Lambung, Tanah Enam Ratus, Medan Marelan dihadiri oleh perwakilan guru IPA dari SMP Hidayatul Islam, SMP PAB 2, SMP Sinar Husni dan SMPN 1 Labuhan Deli (Senin, 27/5/24).

Ketua Tim PKM, Prof. Dr. Fauziyah Harahap, M.Si dalam sambutannya menyampaikan bahwa pelatihan ini merupakan satu upaya konkret UNIMED dalam peningkatan kualitas pendidikan melalui pemanfaatan teknologi modern. Hasil teori dan praktek yang dilakukan guru dapat divideokan dan dijadikan bahan ajar untuk digunakan dalam pembelajaran materi Bioteknologi, khususnya materi kultur jaringan di sekolah. “Kami berharap para guru yang mengikuti pelatihan ini dapat menjadi agen perubahan dalam menyebarkan pengetahuan kultur jaringan di sekolah. Selain itu, tentunya kami berharap para guru dapat menerapkan teknologi kultur jaringan sebagai proses pembelajaran inovatif di sekolah khususnya pada materi Bioteknologi. Dengan pembelajaran inovatif, minat dan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran jadi semakin meningkat” ujar ketua tim PKM.

Dalam Kegiatan, tim PKM memberikan pelatihan yang terdiri dari teori dan praktek tentang pengenalan kultur jaringan, laboratorium kultur jaringan, sterilisasi alat kultur jaringan, media kultur jaringan, pembuatan media kultur jaringan, pemuliaan secara invitro, sterilisasi dan penanaman eksplan yang berasal dari lapan. Selama proses pelatihan, tim PKM membuka sesi diskusi dan tanya jawab yang memungkinkan para peserta berbagi pengalaman dan tantangan yang dihadapi dalam menerapakn teknologi kultur jaringan di lingkungan sekolah mereka. Untuk meningkatkan penguasaan teori para guru peserta pelatihan dan penyebaran materi kultur jaringan di sekolah, tim PKM menyerahkan ensiklopedia kultur jaringan dan panduan praktikum kultur jaringan kepada perpustakaan sekolah mitra.

Winda Sofa Siallagan, S.Pd sebagai salah satu guru peserta pelatihan menyampaikan rasa terimakasih atas pelatihan kultur jaringan yang telah dilakukan oleh tim dosen Unimed. “Banyak pengetahuan dan pengalaman baru yang kami dapatkan selama pelatihan. Pengetahuan, khususnya pengalaman melakukan praktek langsung kultur jaringan menjadi bahan penting yang dapat kami salurkan kepada rekan guru dan peserta didik di sekolah. Tentunya harapan yang disampaikan oleh ketua tim pelatihan dapat diwujudkan bersama” ujarnya.(Humas Unimed)

https://qhnbld.com/

https://securityinmanchester.com/

https://visitnaantalifinland.com/

https://chicharones.com/

https://mastasoft.com/

https://richfieldretirement.com/

https://newingtonforest.com/

https://mygreekislandsgrill.com/

https://lottiesadventure.com/

https://kimonokinbeckley.com/

https://gutterhelmetflorida.com/

https://cosmeticsurgeryinformation.com/

https://midwestselectinns.com/

https://bikramcharleston.com/

https://mysticeyetattoo.com/

https://bellevueautohouse.com/

https://cyberbesttech.com/

https://joshrigsbyphotography.com/

https://fermentmanagement.com/

https://proteamcalendars.com/

https://simpek-bbgpjabar.kemdikbud.go.id/daftar/

https://busybibles.com/

https://zerotensionmouse.com/